Home | Viral | Kontroversi Lucinta Luna Mulai Dari Identitas dan Positif Menggunakan Narkoba

Kontroversi Lucinta Luna Mulai Dari Identitas dan Positif Menggunakan Narkoba

Viral - 13 February, 2020 Oleh @Yulia Dewi

Lucinta Luna, artis kontroversi tertangkap tangan mengkonsumsi narkoba. Dengan tertangkapnya Lucinta Luna, terkuak identitas asli dari pelantun lagu "Bobok Dimana" itu.

WowChannelz.com -   Artis Lucinta Luna kembali membuat heboh publik. Kali ini artis yang diisukan transgender ini tertangkap tangan mengkonsumsi obat terlarang. Lucinta Luna ditangkap Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat, pada Selasa (11/2/2020) pagi. Sebelum penangkapan, ia diketahui pelesir ke Bali bersama kekasihnya.

Lucinta Luna ditangkap di sebuah apartemen di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Ia dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis psikotropika  dengan menggunakan obat-obatan benzodiazepine jenis riclona. Atas perbuatannya, bintang film Bridezilla dikenakan pasal 112 Ayat (1). UURI no. 35 tahun 2009 tentang narkotika. Dan pasal 60 Ayat (1) huruf sub Pasal 62 jo Pasal 71 Ayat (1) UURI no. 5 tahun 1997 tentang psikotropika. Lucinta ditangkap bersama dengan tiga orang lainya apartemen di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020). Ketiganya adalah HD (35), DAA (35), dan NAHM (22). Saat diamankan, polisi menemukan tiga butir narkoba jenis ekstasi di keranjang sampah. Selain itu, ditemukan dua jenis obat dari tas Lucinta Luna, yakni Tramadol dan Riklona. Keduanya adalah obat penenang dan masuk golongan psikotropika.

Setelah tertangkap, Selebgram kelahiran Jakarta, 16 Juni 1992 itu mengaku telah berbulan-bulan mengkonsumsi barang haram tersebut. Kabar ini dibenarkan Kanit II Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKP Alan Maulana, pekan ini. Selama ini pergaulan Lucinta Luna memang dekat dengan dunia malam. Hal ini diungkap oleh mantan rekan Lucinta Luna yang dulu tergabung dalam Duo Bunga, Ratna Pandita.

Seperti diketahui, Duo Bunga dikenal khalayak setelah merilis single anyar “Lain di Mulut, Lain di Hati” pada 2018. “Kalau ke kelab, ya saya tahulah, kan dia sering telepon saya, bilang mau ke kelab,” beri tahu Ratna Pandita dikutip dari berbagai sumber di bilangan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (12/2/2020).

Lucinta Luna
Lucinta Luna (Foto: Detik.com)

Selain itu, Ratna Pandita sering mendengar dari beberapa rekannya bahwa Lucinta Luna menggunakan narkoba. Namun ia tak pernah melihatnya secara langsung. “Kalau mengonsumsi (narkoba) saya enggak tahu pasti cuma, ya itu banyak rumor yang terjadi,” Ratna Pandita memaparkan. 

Ia melanjutkan, “Jadi memang saya, sih enggak tahu pasti dia pakai enggaknya. Dengar-dengar saja rumornya itu. Enggak menyaksikan sendiri, sudah lama.” 

Kehidupan Asmara dan Kontroversi Identitas

Lucinta Luna kerap menjadi kontroversi baik mengenai identitas aslinya, operasi plastik, dan kehidupan asmaranya. Ia disebut-sebut memiliki nama asli Muhammad Fatah. Hal tersebut pernah diungkap oleh Gebby Vesta dalam akun instagramnya yang menampilkan ijazah Lucinta Luna saat SMK, tertulis namanya Muhammad Fatah.

Selain disebut bernama asli Muhammad Fatah, Lucinta disebut pernah mengikuti acara reality show “Be a Man” dengan nama Cleo Vitri. Be a Man merupakan program televisi di Global TV di mana para waria dilatih menjadi laki-laki sempurna. Para kontestan dididik oleh TNI dengan diberikan pelatihan fisik. Namun lagi-lagi dirinya membantah hal tersebut.

Kepada publik, Lucinta Luna ingin membuktikan bahwa dirinya bernama asli Ayluna Putri. Hal itu terlihat dari dirinya yang pernah mengunggah foto paspornya yang tertera namanya Ayluna Putri. Selain itu, dirinya juga pernah tampil di tayangan YouTube Ria Ricis di mana KTPnya tertera Ayluna Putri.

Lucinta Luna
Lucinta Luna bersama Abash Kekasihnya (Instargram)

Adapun nama Lucinta Luna mencuat ketika ia bergabung di grup dangdut Duo Bunga. Grup tersebut terdiri dari dua personel yaitu Ratna Pandita dan Lucinta Luna. Namun akhirnya Lucinta Luna didepak dari grup tersebut pada bulan Juni 2018 karena cekcok antarpersonel. Setelah itu, Lucinta Luna melanjutkan karier menyanyinya secara solo dengan merilis single bertajuk Tingkah Lakumu Kode-Kode yang bernuansa koplo pada 5 Oktober 2018.

Selain menjadi penyanyi dangdut, dirinya dikenal juga sebagai selebgram. Akun Instagramnya @lucintaluna telah diikuti oleh 2,4 juta pengikut. Ia juga kerap memperlihatkan kemesraannya bersama dengan kekasihnya, Abash. Namun Lucinta Luna juga dikenal kerap ribut karena media sosial dengan selebritis dan selebgram. Sumber cekcok itu pun macam-macam.

Tertangkapnya Lucinta Luna bersama tiga orang lainya apartemen di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020) akhirnya menguak identitas asli dari Lucinta Luna. Hingga, di luar perkara narkoba, ada masalah lain yang menjadi perdebatan publik, yakni soal jenis kelamin Lucinta. 

Polisi juga bingung di mana Lucinta akan ditahan? Apakah di sel pria atau perempuan? Pasalnya, berdasarkan dokumen yang dimiliki polisi, ada perbedaan data antara di KTP dengan paspor.

Kepastian jenis kelamin penting dalam proses hukum seperti untuk penentuan lokasi penahanan. 

Sebelum kasus narkotika terungkap, soal jenis kelamin Lucinca sudah menjadi perbincangan publik. Disebutkan dahulu Lucinta adalah seorang pria. Namanya saat lahir adalah Muhammad Fatah. Kartu Tanda Pengenal (KTP) dengan nama Muhammad Fatah sempat menyebar di media sosial pada pertengahan 2018.

Seperti dikutip kaltim.tribunews.com, Lucinta sempat mengajukan pergantian nama di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Kala itu, Lucinta ingin mengganti nama dari Muhammad Fatah menjadi Ayluna Putri. Identitas kelamin yang tadinya pria diganti ke perempuan. Namun, belakangan muncul informasi bahwa permohonan tersebut dicabut. Lucinta juga selama ini membantah dirinya transgender yang melakukan operasi. Ia mengaku lahir sebagai perempuan.

 "Di dalam KTP tertera LL perempuan, tapi paspornya laki-laki, tetapi kita harus lihat dasarnya dan menurut keterangan pengacara sudah ada putusan pengadilan hari ini masih menunggu berkas dari pengacara," ucap Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru.

Akhirnya, polisi memutuskan, Lucinta ditahan di sel khusus yang berada di blok tahanan perempuan di Rutan Polda Metro Jaya. Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya AKBP Barnabas S Imam menjelaskan, penempatan tersebut untuk mencegah perundungan (bullying) dan demi kenyamanan Lucinta. Perempuan di paspor baru Manajer Lucinta, Joana, mengatakan, jenis kelamin perempuan sudah tercatat dalam paspor terbaru Lucinta. Joana sempat menunjukkan paspor milik pelantun "Bobok dimana" itu seusai mendampingi Lucinta dalam pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Barat. "Saya sih hanya ketawain saja kalian yang bilang identitas Lucinta Luna palsu," ujar Joana di Mapolres Metro Jakarta Barat, Rabu, seperti dikutip Antara.