Home | News | DIGNITATE, Jangan Ragu Untuk Ungkapkan Rasa

DIGNITATE, Jangan Ragu Untuk Ungkapkan Rasa

News - 21 January, 2020 Oleh @Yulia Dewi

DIGNITATE: Karena Terlalu Gengsi Menyatakan Rasa, film bergenre drama remaja produksi MD Pictures ini akan segera tayang

WowChannelz.com -   Membuka awal tahun MD Pictures baru saja merilis sebuah tema film romantis yang kali ini diangkat dari wattpad laris dengan judul "DIGNITATE: Karena Terlalu Gengsi Menyatakan Rasa".

Tulisan karya Hana Margaretha yang telah dibaca lebih dari 9 juta pembaca dan menjadi best seller beberapa waktu lalu inilah akhirnya yang membuat MD Picture tertarik untuk diangkat ke layar lebar.  "Awal tahun saya awali dengan film terbaru MD Pictures, Dignitate.  Saya yakin dari sisi cerita sangat menarik.  Waktu diceritakan isi bukunya saya merasa tertarik dengan potensi dan isinya,  karakternya juga masih relatable dan sangat Indonesia banget. Kali ini awal tahun saya awali dengan drama,  ada komedinya juga.  Variasi itu bagus juga kalau kita sajikan diawal,  itu yang penting ada sesuatu yang ingin kita sajikan di sini," kata Manoj Punjabi,  Produser dari MD Pictures diacara press screening film Dignitate pada Senin (20/1/2020).

Novel ini menceritakan  dua karakter yang bernama Alfi (Al Ghazali) dan Alana (Caitlin Halderman), seorang siswa di SMA Sanjaya yang terkenal  sarkas, dingin, galak bahkan sampai mendapat julukan GGS alias Ganteng-Ganteng Seram. 

Cerita diawali dengan kepindahan seorang siswi baru bernama Alana (Caitlin Halderman) yang mempunyai masalah disekolah lamanya hingga harus pindah sekolah. Alana yang mempunyai kepribadian yang polos,  periang,  dan baik hati ini sangat bertolak belakang dengan sifat Alfi yang cuek dan kasar. Walau duduk sebangku, sifat keduanya yang bertolak belakang membuat Alfi dan Alana kerap bertengkar. Namun seketika keceriaan Alana menghilang,  ketika tiba-tiba Alana melihat Alfi bertengkar dengan sosok lelaki yang bernama Regan. 

DIGNITATE
Adegan Film Dignitate (Foto: Ist)

Siapakah Regan? Kenapa Alana sangat takut jika melihat Regan,  apa sesungguhnya yang terjadi dengan Alana? Bagaimana kemudian sikap Alfi dalam menghadapi peruhahan slkap Alana?  Perlahan waktupun menjawab apa yang ditakutkan Alana terhadap sosok Regan akhirnya terungkap. Alfi yang tak ingin dicap sama dengan Regan akhirnya berbuat sesuatu yang akhirnya mencelakakan dirinya.  Bagaimana kisah Alfi dan Alana selanjutnya?  

Di film ini, banyak pesan yang ingin disampaikan, terutama dalam hal komunikasi. Komunikasi sangat penting dalam hal hubungan keluarga,  pertemanan maupun dalam hubungan kekasih.  Benang merah inilah yang ingin disampaikan oleh sutradara Fajar Nugros. Dignitate, jika diartikan secara harfiah adalah kehormatan, gengsi atau disebut juga marwah.  Di film ini disajikan bagaimana sebuah komunikasi yang salah juga bisa menghancurkan kehormatan sebuah  keluarga dan juga kehormatan diri sendiri. Ada pesan juga bagi para wanita dan juga seorang ibu yang single parent dalam menjaga kehormatan diri dan keluarganya.

"Di film ini kita belajar dan memahami  betapa pentingnya komunikasi dalam sebuah hubungan, baik itu hubungan keluarga dan pertemanan.   Film ini bukan hanya sekedar menyampaikan pesan penting apa yang harus disampaikan dan bukan sekedar film remaja yang temanya baper baperan saja. Tapi kita berusaha menyampaikan jika dalam keluarga komunikasi tidak baik,  maka anak akan cari informasi dari luar yang belum tentu benar," kata Fajar Nugros kepada awak media.

DIGNITATE
Produser. Manoj Punjabi bersama para cast di acara Gala Premier film Dignitate (Foto: Ist)

Dramaturgi yang ditampilkan cukup berhasil disampaikan difilm ini, akting Al Ghazali yang biasanya terlihat kaku, dalam film ini Al sedikit meraih kemajuan.  Bisa dibilang ini film drama yang cukup berhasil bagi Al Ghazali dalam berakting. Baik dialog,  maupun banyolan yang ditampilkan terlihat natural mengalir tanpa diatur. Walau menampilkan beberapa konflik yang cukup berat bagi remaja,  kekonyolan dan dialog khas remaja secara segar ditampilkan di film ini.  Sehingga durasi yang cukup panjang ini sangat terbantu dengan celetukan-celetukan dan tingkah konyol para pelakonnya masing-masing. 

Secara cerita film ini cukup lengkap merepresentasikan kehidupan para tokoh yang sangat relate dengan kondisi saat ini. Selain menampilkan kisah cinta remaja yang bikin baper,  Dignitate juga merupakan paket lengkap kisah remaja dengan konflik yang menyentuh dari berbagai aspek.  Kata lainnya disebut dengan All in one story. Ada rasa sedih, lucu, bahagia, baper dan juga adegan mencekam yang ditampilkan di film ini, hingga membuat emosi penonton dibuat naik turun ketika menontonnya.

Selain konflik dalam hubungan percintaan,  ternyata didalamnya juga diulas konflik hubungan keluarga dan pertemanan. Namun sayangnya,  konflik yang ditampilkan akhirnya menjadi terkesan biasa saja ketika plot twist yang disajikan bak cerita dalam sinetron yang biasa terjadi di akhir cerita. Tapi sah-sah saja sih,  ketika sang sutradara ingin film ini bukan hanya sekedar menyampaikan pesan tapi juga hiburan bagi yang menontonnya. 

"Film ini film remaja,  maka endingnya kita pingin bikin penonton ketika selesai nonton film ini ada perasaan bahagia. Orangkan ke bioskop ingin cari hiburan,  ya udah kita akhiri dengan rasa bahagia," imbuh Fajar Nugros. 

Film 'Dignitate’ didukung oleh para bintang muda dan aktor serta aktris kenamaan, seperti : Al Ghazali, Caitlin Halderman, Giorgino Abraham, Teuku Ryzki, Sophia Latjuba, Izabel Jahja, Sonia Alyssa, Naimma Aljufri, Kiara Mckenna, Lania Fira, Kenneth Santana, Bramanta Sadhu, Dinda Kanya Dewi, Arief Didu, Mat Oii, Budiman Sudjatmiko, Brandon Salim, Joshua Suherman, lbnu Jamil dan Lia Waode. 

Penasaran lihat akting Al Ghazali yang 'jutek' abis? Dignitate akan mulai tayang di bioskop seluruh tanah air mulai tanggal 23 Januari 2010.