Home | Celeb | Cerita Manis Totos Rasiti Satu Dekade Perankan Jin Wani Piro

Cerita Manis Totos Rasiti Satu Dekade Perankan Jin Wani Piro

Celeb - 9 September, 2019 Oleh @Josepus Orias Dias

Lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) jurusan teater ini masih ingat betul pertama kali ia terpilih sebagai sosok jin pada iklan Djarum 76.

WowChannelz.com -   Publik tentu tak asing lagi dengan karakter jin dalam sebuah iklan yang kerap melontarkan kata-kata 'Wani Piro'. Tak terasa Totos Rasiti sudah satu dekade melakoni tokoh jin di pariwara Djarum 76 ini. Sejak tahun 2009 lalu sampai sekarang, karakter itu masih melekat dan berhasil menghibur penonton lewat aksinya yang jahil dan juga jenaka. 

Karakter yang sudah identik dengan Totos ini ternyata didapatkannya melalui usaha yang tidak mudah. Lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) jurusan teater ini masih ingat betul pertama kali ia terpilih sebagai sosok jin. Totos kala itu harus meyakinkan casting director ia adalah yang terbaik ketimbang kandidat lainnya.

"Dari tahun 2009 itu kebetulan saya ikut casting, ikut babak belur juga karena yang ikut banyak bukan cuma saya. Kenapa bisa dikasih tahu, gue itu lama di iklan bukan sebagai pemain tapi asisten sutradara jadi relasi kebangun tuh ke semua PH, casting ini mereka sudah ada beberapa kandidat jadi jin. Rupanya klien kurang puas tiba-tiba keinget gue," urai Totos saat ditemui di Kedai Kopi 89 Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Totos Rasiti
Cuplikan iklan terbaru Djarum 76 dengan tema superhero

Demi merebut perhatian dan tampil maksimal, Totos saat itu sampai menyewa blangkon. Terlintas di benaknya untuk menciptakan icon jin yang berbeda dari sosok jin yang sudah ada.

"Awalnya sempat agak pesimis karena lawannya tipikal jin banget gede kumisan gendut gue apaan begini. Tapi dicoba aja, eh ternyata masuk (terpilih jadi jin)," ucap Totos.

Totos Rasiti
Pose nyeleneh Totos Rasiti, pemeran sosok jin pada iklan Djarum 76.

Lakon sebagai jin yang nyeleneh memberi dampak yang besar dalam perjalanan karir Totos di industri seni peran. Lebih dari 10 judul film dan sinetron yang dibintanginya hingga saat ini, seperti film ‘Naura dan Genk Juara’, ‘Dilarang Mandi Di Kamar Mandi’ hingga ‘Para Pencari Tuhan’.

“Kalau dari sisi karir, Alhamdulillah, rezekinya lumayan. Istilahnya, setiap episode iklannya bisa untuk jalan-jalan ke Singapura bersama istri dan anak-anak, masih ada sisanya lagi,” kata Totos.

Totos Rasiti
Pose nyeleneh Totos Rasiti, pemeran sosok jin pada iklan Djarum 76.

Menurut Totos, 10 tahun lebih berperan sebagai jin yang kocak jadi pengalaman penting dalam mengembangkan kualitas aktingnya. Sebagai aktor profesional, ia selalu melakukan eksplorasi dan improvisasi karakter jin setiap kali syuting iklan versi terbaru. “Ini penting supaya penonton enggak bosan. Jadi selalu lucu dan segar, selalu diingat orang,” tambahnya.

Di sisi lain, Totos mengaku banyak pengalaman lucu yang dirasakannya karena terlanjur identik dengan karakter jin di iklan Djarum 76 ini. Saat berada di tempat umum tak jarang orang-orang sambil bercanda memanggilnya sebagai om jin dan mengajukan permintaan.

“Tapi saya nanggapinya santai saja. Malah senang, kadang ada juga yang suka minta foto,” ujarnya tertawa.