Home | Viral | Makin Lucu, Om Jin Sihir Orang Jadi Superhero

Makin Lucu, Om Jin Sihir Orang Jadi Superhero

Viral - 26 August, 2019 Oleh @Josepus Orias Dias

Iklan Djarum 76 Semakin Lucu dan Kreatif.

WowChannelz.com -   Lucu, inovatif, dan menyiratkan pesan maupun kritik sosial. Elemen tersebut tak pernah lepas dari iklan om jin Djarum 76 sejak pertama kali muncul tahun 2009 lalu. Kali ini, om jin menyihir seorang pria yang ingin menjadi superhero.

Pada TVC terbaru keluaran salah satu brand rokok tersebut, terlihat sepasang sejoli baru keluar dari studio bioskop. Mereka antusias membahas superhero yang ditontonnya. Tiba-tiba saat berjalan, sang pria menyenggol teko dan keluarlah sosok om jin yang diperankan oleh Totos Rasiti.

Seperti biasa, om Jin langsung menanyakan permintaan kepada orang yang mengeluarkannya dari teko ajaib. Tak berpikir panjang, lantaran terpukau dengan aksi superhero yang ditonton bersama kekasihnya, pria itu meminta untuk jadi superhero. om jin lantas mengabulkan permintaan itu.

Djarum 76
Aksi jahil om jin Djarum 76 sulap orang menjadi superhero tak terduga.

Namun om Jin nyatanya memiliki pahlawan super imajinasinya. om Jin menjadikan pria itu perpaduan antara superhero fiksi Marvel, yakni Iron Man dan tokoh utama 'Perjalanan dari Barat', Sun Go Kong. Kekasih pria itu pun terkejut dan ketakutan lalu memeluk Om Jin.

Belum habis sampai di situ, sifat jahil om jin kian menjadi, ketika ia merebut pisang yang ingin disantap oleh superhero berperawakan kera itu dari tangannya. Pahlawan super pun kesal karena pisangnya dimakan om jin. Seperti pada TVC Djarum 76 lainnya, iklan superhero ini, menurut Totos Rasiti pun mengandung pesan yang ingin disampaikan. 

"Banyak orang sekarang ingin jadi pahlawan tapi terkadang realitas tidak mendukung hal itu. Apalagi era politik sekarang. Banyak banget orang yang tiba-tiba pengin ngurusin negara, tiba-tiba pengin jadi superhero. Tapi kenyataannya berbeda. Akhirnya cuma jadi bahan lelucon aja. Tindakan orang yang pengin jadi superhero malah jadi bahan ketawaan orang," urai Totos Rasiti.

Djarum 76
Totos Rasiti yang memerankan sosok om jin dalam iklan Djarum 76 sejak tahun 2009

Iklan om jin kali ini memgangkat tema superhero karena belakangan superhero sedang laris bertemgger di layar bioskop. Sebut saja X-Men: The New Mutans dan X-Men: Dark Phoenix, Spider-Man: Far From Home, serta Avengers 4: End Game.

 

Di bagian akhir, slogan yang dilontarkan om jin biasanya selalu berbunyi “Yang Penting... Heppiii” beserta logo Djarum 76 dan tulisan slogan tersebut. Menurut Totos Rasiti, ada makna dibalik slogan itu. “Ya apapun dimaknai happy. Jangan dibikin susah, jangan bikin sedih. Semuanya ya, yang penting hasilnya membuat orang happy, membuat orang ketawa,” imbuhnya.

 

Namun berbeda pada TVC kali ini, om jin mengucapkan “Yang Penting... Superhero”. Ternyata improvisasi tersebut dilakukan oleh Totos Rasiti ketika sudah on cam atau syuting berjalan. Padahal saat workshop dan board story tidak demikian.

 

Djarum 76
Ekspresi kocak om jin dalam TVC Djarum 76

Begitu pula pada adegan akhir saat om jin merebut pisang dari pria yang berubah wujud menjadi superhero. Totos Rasiti berucap kalau adegan itu tidak ada dalam story board. Tapi Totos spontan improvisasi akting menambahkan adegan itu. Hal tersebut karena ia merasa sosok om jin yang sudah melekat dalam diri pria yang pernah menjadi acting coach Marcella Zalianty dan Samuel Rizal. Dari tim kreatif pun membebaskannya bereksplorasi.

 

Alhasil, “buah karya” jin kali ini membuat banyak orang terpingkal-pingkal. Iklan yang diunggah di Youtube oleh akun Glow Films Jakarta selaku production house, kolom komentarnya dipenuhi reaksi netizen yang merasa geli dan tertawa dengan ulah jin kali ini. Salah satu komentar datang dari netizen bernama Limpo Siregar yang tak berhenti tertawa usai melihat iklan tersebut.

 

“Ini iklan bikin gue sama penonton-penonton di bioskop ketawa terbahak-bahak gara-gara dia pingin jadi superhero tapi enggak kesampaian. Apalagi pas muncul iklan ini di televisi, geli banget ngeliatnya,” tulisnya.