Home | News | Jalani Film Horor Pertama Kali, Titi Kamal Jadi Pengurus Jenazah

Jalani Film Horor Pertama Kali, Titi Kamal Jadi Pengurus Jenazah

News - 16 July, 2019 Oleh @Yulia Dewi

Titi Kamal menjajal kemampuannya berakting di film bergenre horor yang berjudul Makmum.

WowChannelz.com -   Dalam dunia layar lebar, nama Titi Kamal tentunya sudah tidak asing lagi. Istri dari Christian Sugiono ini kerap bermain dalam film bergenre komedi ataupun drama. Di film produksi Dee Company kali ini, Titi Kamal menjajal kemampuannya berakting di film bergenre horor yang berjudul Makmum.

Film garapan sutradara Hadrah Daeng Ratu ini, ia mendapatkan peran yang misterius yaitu sebagai pengurus jenazah. “Ini film horor pertama kalinya yang aku perankan. Karakternya juga jauh berbeda dengan yang biasa aku perankan, misterius, kaku, dingin, dan lebih serius,” ujar wanita berusia 37 tahun ini beberapa waktu lalu di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Dalam film Makmum, Titi memerankan sosok yang sering bersentuhan dengan jenazah. Untuk peran tersebut, dia melakukan observasi dengan menonton banyak film yang dapat mendukung karakternya.

“Observasinya juga dari beberapa film yang relate soal itu, karakter yang dingin, lebih cool. Aku juga banyak nonton. Bahkan peran aku saat ini terbawa juga sampai ke rumah,” ungkap Titi Kamal.

Berperan di film horor ternyata membuat Titi lebih menantang dari sisi akting, banyak yang harus dilakukannya. Ia pun merasa ketagihan untuk menerima peran di film horor. Ia mengaku syuting film horor menyisakan sejumlah pengalaman mistis. Ibu dua anak ini mengingat, setidaknya ada tiga kejadian mengerikan selama proses pengambilan gambar.

Titi Kamal
Press conference film Makmum (Foto: Instagram)

“Salah satunya dialami Bianca Hello di ruang tunggu artis. Ia mendengar suara mendesah seperti orang sesak napas. Awalnya Bianca berpikir itu ulah kru iseng ternyata setelah dicek, ruangan sebelah terkunci tidak ada orang,” beber Titi.

Rupanya, bangunan tempat syuting itu bekas rumah sakit paru-paru dan sempat dialihfungsikan sebagai rumah sakit jiwa. “Bangunan itu kabarnya dibuat sejak tahun 1920,” imbuh bintang film Ada Apa Dengan Cinta?.

Kejadian lain terjadi saat salah satu pemain mengantre di kamar mandi. Kamar mandi itu sedang dipakai karena terdengar suara seseorang sedang berbilas. “Lama ditunggu tak kunjung selesai ternyata di kamar mandi itu tidak ada orang sama sekali,” ujar Titi Kamal, tak habis pikir.

Pengalaman lainnya juga dialami aktris Tissa Biani saat melakukan adegan salat. Tissa mendengar suara berbisik lalu ia menegur, “Siapa sih, jangan berisik.” Ternyata, kata Titi Kamal, sutradara juga mendengar bisikan serupa namun tak ada wujudnya.

“Ternyata enggak ada yang berbisik sama sekali. Belakangan diketahui bahwa ruang tempat adegan salat itu dulunya kamar mayat,” sambung Titi Kamal. Rentetan kejadian ini tak membuat Titi Kamal jera main film horor. Lokasi yang cukup seram itulah membuat Titi Kamal tidak berani membawa kedua buah hatinya ke lokasi syuting.

Film “Makmum” diangkat dari film pendek karya sutradara asal Yogyakarta Riza Pahlevi, yang mendapatkan popularitasnya di kanal Youtube. Film yang menceritakan tentang sosok ghaib yang mengganggu ibadah sholat ini berhasil meraih beberapa penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri.

Hikmahnya, istri Christian Sugiono makin menyadari pentingnya salat. “Bukan salat yang membutuhkan kita melainkan kita-lah yang butuh salat. Kita butuh mendekat kepada Allah dan perlindungan dariNya. Ke depan, saya senang jika dapat tawaran horor dengan atmosfer berbeda,” pungkas Titi Kamal.

Selain Titi Kamal, beberapa nama aktor dan aktris yang juga terlibat di dalamnya antara lain Ali Syakieb, Jajang C. Noer, Reny Yuliana, Tissa Biani, Bianca Hello, dan Adila Fitri. Rencananya, Makmum akan tayang serentak di bioskop tanah air mulai 15 Agustus 2019 mendatang.