Home | Celeb | Wow! Muncul Perdana, Raina Gumay Membuat Kagum Musisi Beken

Wow! Muncul Perdana, Raina Gumay Membuat Kagum Musisi Beken

Celeb - 12 July, 2019 Oleh @Yulia Dewi

Raina Gumay penyanyi cilik yang merilis single perdananya 'Pelangiku' membuat kagum beberapa musisi tanah air dengan suara dan juga performancenya

WowChannelz.com -   Raina Gumay, gadis cilik yang saat ini baru menginjak usia 10 tahun baru saja merilis single perdananya yang bertajuk "Pelangiku". Lagu ciptaan musisi Andi Rianto dan Monty Tiwa ini sangat pas dibawakan oleh Raina.

Raina memang memiliki bakat menyanyi sejak kecil dan mempunyai segudang prestasi. Selain mengisi beberapa jingle iklan,  baru-baru ini Raina berkesempatan bertemu dengan para musisi yang sudah mempunyai nama di tanah air, seperti, Melly Goeslaw, Reza Artamevia, Andi Rianto, Uci Nurul, Carlo Saba dan Mario, Hivi, Arsy Widianto, Sandy Canester,  Kikan, Addie MS, Tohpati, dan pengamat musik Bens Leo untuk memperkenalkan lagu   “Pelangiku” sebelum di release ke khayalak   sekaligus mewanwancarai mereka satu persatu.

Raina yang memang sudah mempunyai latar belakang pembawa acara cilik, seakan tak canggung lagi untuk berinteraksi dengan para musisi termasuk memperkenalkan dan memperdengarkan lagu perdana yang dinyanyikannya, “Pelangiku”.

Banyak pengalaman dan masukan yang diterima Raina, seperti pengalaman masa kecil dan juga tips dari para musisi. Berikut rangkuman wawancara dengan beberapa musisi yang video lengkapnya bisa dilihat di kanal Youtube Raina Official.

Melly Goeslaw

Siapa yang tak kenal dengan Melly Goeslaw, sebagai penyanyi dan pencipta lagu, istri dari musisi Anto Hoed ini dikenal sebagai ratunya soundtrack di tanah air. Lagu-lagu dan syair yang diciptakannya hampir semuanya masuk menjadi tangga lagu nomer satu, sebut saja lagu “Bunda” yang melegenda sampai saat ini, dan beberapa soundtrack film lainnya.

Dalam sesi wawancaranya dengan Melly Goeslaw, Raina diceritakan tentang masa kecilnya. Tak banyak yang tahu, jika Melly sejak kelas 6 Sekolah Dasar sudah mulai menyukai membuat puisi dan menciptakan lagu. Lagu pertama yang diciptakannya berjudul “Burung”. Namun, sewaktu Raina meminta untuk menyanyikannya, Melly sudah lupa bagaimana syair dan lagunya. “Dulu saya mulai menulis lagu sejak kelas 6 SD, tadinya suka nulis gitu. Nulis surat buat mama, teman, sampai akhirnya jadi puisi dan keterusan menulis lagu,” ungkap Melly.

Melly juga merasa kagum ketika diperdengarkan pertama kalinya dengan lagu “Pelangiku”. Menurutnya lagu, lirik, nada dan suara Raina bagus, iapun mengungkapkan kekagumannya kepada Raina. Apalagi sebagai penyanyi baru tak mudah untuk bisa masuk ke label musik Aquarius Musikindo.

“Suaranya bagus, musiknya bagus, liriknya bagus,  wah keren. Agak sulit masuk ke Aquarius, ternyata memang suaranya bagus. Mudah-mudahan Raina bisa menjadi besar,” ujar Melly.

Raina
Raina bersama dengan Melly Goeslaw (Foto: Ist)

Menurut Melly Goeslaw, lagu “Pelangiku” merupakan sebuah lagu yang bisa didengar oleh semua orang yang teringat akan masa kecilnya. “Yang dibayangin, seperti ada anak kecil main sepedahan gitu trus ada hujan di luar, kalau aku kecil dulu memang suka main sepedahan, cuma hujan tetep aja sepedahan,  apa yang digambarkan di lagu ini memang indah banget. Jadi kalau kita bayangin satu kejadian di mana ada seorang anak yang pingin bermain ke luar rumah hujan, trus muncul pelangi itu indah banget, karena kan gak semua hari bisa muncul pelangi semacam itu,” tutur Melly.

Raina pun mengungkapkan jika sewaktu dites pertama kali menyanyi, Raina menyanyikan salah satu lagu ciptaan Melly Goeslaw yang berjudul “Guruku Tersayang” dari situlah ia bisa lolos dan bergabung di Aquarius Musikindo.

Melly merupakan salah satu musisi yang sejak kemunculannya bermain dengan banyak warna, ketika diperdengarkan lagu ini iapun menyampaikan kekagumannya akan sosok Raina. Tak lupa Melly memberikan pesan bagi Raina yang pertama kalinya terjun ke industri musik tanah air.

“Yang pasti harus rendah hati dan itu kunci utama sebuah kesuksesan. Raina juga harus peka terhadap semua yang ada di sekitar Raina. Kalau kita  peka bisa menangkap apapun yang Tuhan kasih buat kita, semua yang keadaan di sekitar kita itu sebenarnya clue dari Tuhan seperti membuat lirik, bernyanyi, penampilan dan sebagainya. Always be humble,” pungkas Melly Goeslaw.

Reza Artamevia

Raina
Raina bersama dengan Reza Artamevia (Foto: Ist)

Berbeda dengan Melly Goeslaw, Reza Artamevia merasa sangat terharu ketika pertama kalinya diperdengarkan lagu “Pelangiku”. Penyanyi yang dikenal dengan lagu “Keabadian” ini juga sangat mengagumi sosok Raina. “Kalau saya dengar nada yang bagus saya terharu banget, ini bagus sekali , suaranya keren, mudah-mudahan tidak hanya didengar oleh anak-anak. Karena di album Ibre dulu ada satu lagu buat anak Ibre, dan yang bikin om Andi Rianto juga,” kata penyanyi yang akrab dipanggil Ibre (Ibu Reza) ini. 

Lagu Pelangiku, menurut Reza ketika diperdengarkan, ia merasa berada di alam terbuka, di pegunungan dengan suasana yang ceria. Pelangi adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang terjadi karena pembiasan cahaya. Menurutnya, Raina sangat cocok dan masuk ke dalam karakter lagu yang dinyanyikannya. Bahkan menurut Reza sangat mirip dengan penyanyi cilik yang kini sudah dewasa, Sherina. Dari suara, wajah dan pembawaan ceria Raina.

“Jujur waktu dengarnya langsung kebayang suasana alam pegunungan, alam terbuka dengan suasana yang ceria, tapi tidak panas, kayak di puncak. Kamu nyanyi-nyanyi sambil nari mengingatkan kamu kayak Sherina. Semoga menjadi pengganti Sherina,” ujarnya.

Sebagai seorang penyanyi yang sudah malang melintang di industri musik tanah air, Reza juga menitipkan pesannya kepada Raina agar selalu bisa bersyukur dan berlatih vokal mau pun fisik. Karena kunci dari seorang penyanyi adalah suara dan pernafasan yang baik

“Jangan pernah berhenti untuk berlatih vokal,  latih pernafasan, fisik harus sehat harus fit dan harus sering latihan sampai kapanpun. Dan harus selalu bersyukur, mensyukuri nikmat yang diberikan Allah dan kemudian lagi harus humble, jangan merasa kamu adalah seorang bintang. Untuk jadi entertainment yang bagus harus punya jiwa melayani, dan harus melayani orang banyak, khususnya bagi setiap orang yang support kita dan jangan berhenti belajar,” papar Reza.

Pesan lainnya adalah “Jangan memaksakan diri untuk sebuah karya yang kamu tidak suka. Dan harus totalitas untuk menghasilkan karya-karya. Olah raga juga sangat bagus, bersepeda sangat bagus untuk aktifitas paru-paru dan pernafasan, melatih pernafasan juga. Penyanyi itu instrumennya tubuh kita sendiri kamu juga harus belajar akustik sound,” sambungnya.

Hivi

Raina
Raina bersama dengan group vokal Hivi (Foto: ist)

Group musik Hivi merupakan sebuah group musik dengan genre pop yang sangat digandrungi oleh anak muda saat ini. Grup musik yang beranggotakan Neida Aleida (vokal), Ilham Aditama (vokal), Febrian Nindyo (vokal/gitar) dan Ezra Mandira (vokal/gitar) ini juga mengungkapkan kekagumannya tentang lagu Pelangi yang baru diperdengarkan pertama kalinya kepada mereka.

 Semua personil mengatakan hal yang sangat positif tentang lagu ini. “Lagu ini fun banget, jadi kayak ingat masa kecil. Dan Raina juga menyampaikannya sangat fun, bisa menceritakan dengan bagus apa maksud dari lagu ini. Kita merindukan lagu-lagu seperti ini,” kata Febrian.

Hivi merupakan salah satu group vokal yang diidolakan Raina. Raina pun merasa bangga dan senang bisa dipertemukan dengan mereka.

Gaya dan pembawaan khas Raina yang centil, ceriwis khas anak-anak, mampu membuatnya dapat berbaur bagi semua kalangan.  Senada dengan apa yang dikatakan para musisi di atas, lagu “Pelangiku” dan suara Raina memang sangat menggambarkan keceriaan masa kecil dengan nuansa warna warni seperti Pelangi.

"Alhamdulillah, semua responnya positif. Seneng banget. Dan pesannya juga mengena di hati, agar Raina berusaha dan belajar terus, still humble, dan selalu menjadi diri sendiri," pungkas Raina. (@ydhew75)