Home | Event | JMM Smart Race 2019 Padukan Wisata Olah Raga Dan Edukasi

JMM Smart Race 2019 Padukan Wisata Olah Raga Dan Edukasi

Event - 6 July, 2019 Oleh @Yulia Dewi

JMM Smart Race 2019, atau kepanjangan dari Jakarta Maraton Smart Race mengajak generasi milenial untuk lebih mengenal museum-museum yang berada di Jakarta

WowChannelz.com -   Jakarta sebagai Ibukota Negara dan pusat perekonomian sekaligus juga menjadi saksi bisu perjalanan panjang para pejuang meraih kemerdekaan. Sehingga banyak museum sejarah seperti Museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Bahari sampai Museum Layang semua ada di Jakarta, sampai bangunan bersejarah dari kawasan Tanah Abang dan Cikini yang bisa menjadi potensi wisata sebagai daya tarik bagi para wisatawan.

Sadar akan potensi tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan menyelenggarakan Jakarta Museum Marathon (JMM) Smart Race 2019 pada 3-4 Agustus pada mendatang. JMM Smart Race 2019 merupakan sebuah langkah dan terobosan baru untuk mempublikasikan dan mengajak masyarakat selain berolah raga juga menjadi sarana edukasi mengenal potensi yang ada di Jakarta.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Hari Wibowo mengatakan bahwa kegiatan ini sekaligus mengenalkan generasi milenial beberapa museum yang berada di Jakarta dengan konsep kekinian.

“Kami membuat kegiatan tersebut dengan konsep edusports tourism. Jadi, memadukan sisi pariwisata, edukasi, dan olahraga," katanya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (5/7).

Acara yang terbuka untuk umum ini memulai pendaftarannya sejak tanggal 5 Juli dan memberikan batasan jumlah kuota peserta agar acara ini selain fun juga diperhatikan dari sisi kenyamanannya.

“Kami membatasi peserta hanya 20 peserta yang akan dibagi menjadi sepuluh kelompok. Masing-masing kelompok akan didampingi oleh satu influencer yang tentunya sudah mempunyai follower Instagram di atas 10 ribu yang akan kami pilih dari beberapa provinsi di Indonesia,” ujar  Deladil, Ketua Panitia JMM Smart Race 2019.

JMM Smart Race 2019
Foto: Yulia

Ada empat kategori yang akan dilombakan pada event JMM Smart Race 2019, yaitu Jelajah Museum, DUO Family, DOU Komunitas, DUO Kostum Unik dan DUO Umum. Para peserta yang terpilih nantinya bukan hanya diminta untuk mengunjungi beberapa museum dengan rute yang telah ditentukan dan wajib menggunakan akses moda transportasi Jakarta seperti MRT dan Bus Trans Jakarta, para peserta juga wajib mendokumentasikan spot-spot yang terbaik yang berada di museum dengan video atau foto melalui Instagram masing-masing.

“Tantangannya adalah melakukan kuis dan menjawab pertanyaan yang di posting di Intagram dengan hastag dan quote sekreatif mungkin,” tambah Deladil.

JMM Smart Race juga terbuka bagi peserta bukan hanya dari luar daerah, tetapi juga terbuka bagi peserta dari luar negeri. Acara ini memang bertujuan para peserta yang akan mengikuti acara ini menjadi sasaran promosi potensi beberapa museum di Jakarta.

"Setiap peserta diwajibkan mengunggah kegiatan mereka saat mengunjungi dan melewati museum serta tempat-tempat bersejarah ke Instagram mereka," ucapnya.

Menurut Kepala Unit Pengelola Kawasan Kota Tua, Novriadi Setio Husodo, saat ini banyak beberapa museum yang menjadi destinasi wisata primadona bagi wisatawan, salah satunya adalah Museum Sejarah Jakarta dan juga beberapa tempat yang mungkin masih belum popular bagi wisatawan. Novriadi juga berharap acara ini dapat mengedukasi masyarakat luas betapa pentingnya mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Jakarta dan berharap semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke depannya.

"Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Kita berharap melalui kegiatan ini semakin banyak wisatawan nusantara dan mancanegara yang datang ke Jakarta," terangnya.

Para peserta JMM Smart Race 2019 selain bisa dijadikan sebagai duta pariwisata, peserta juga mengajak masyarakat untuk lebih membiasakan menggunakan moda transportasi umum Jakarta yang sudah sangat nyaman dirasakan.

"Tidak kalah penting, melalui kegiatan ini kami juga akan mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk lebih membiasakan menggunakan transportasi umum," sambung Hari Wibowo.

Hari menuturkan, dalam pelaksanaan JMM Smart Race juga akan diadakan games sebagai poin penilaian untuk menentukan pemenang lomba. Dalam games tersebut ada petunjuk-petunjuk yang menjadi edukasi bagi peserta agar bisa memahami museum, sejarah, dan budaya. "Kami menyiapkan hadiah bernilai ratusan juta rupiah bagi pemenang. Selain itu, seluruh peserta akan diberikan medali," tandasnya.

Buat kamu yang suka olah raga sekaligus gemar mencari spot bagus untuk berswafoto, segera daftarkan diri di website www.jakartamuseumarathon.com, sebelum ditutup.