Home | Event | ICE 2019 Wujudkan Ekosistem Musik Elektronik Berkualitas

ICE 2019 Wujudkan Ekosistem Musik Elektronik Berkualitas

Event - 15 May, 2019 Oleh @Josepus Orias Dias

International Clubbing Experience (ICE) 2019 hadir untuk mendukung karier bermusik para produser dan local heroes berbakat Indonesia.

WowChannelz.com -   Di tengah gegap gempita industri musik Tanah Air, electronic music masih banyak diminati para pendengarnya. Begitu pula para musisi yang berlomba-lomba untuk menjadi produser ataupun Disc Jockey (DJ).

Sederet local heroes, sebutan untuk DJ lokal banyak bermunculan dengan karya terbaik mereka. Namun tak banyak DJ yang memiliki karya orisinal sebagai bekal eksistensinya.

Melihat hal tersebut, International Clubbing Experience (ICE) 2019 hadir untuk mendukung karier bermusik para produser dan local heroes berbakat Indonesia. Mengusung tema , rangkaian ICE 2019 didedikasi untuk membentuk ekosistem musik elektronik Tanah Air yang berkualitas.

"Tema dalam program Iceperience.id - ICE 2019 ini merupakan fondasi dari rangkaian acara ICE 2019 yang berorientasi memberikan ruang dan apresiasi kepada talent lokal dan membawa mereka ke level yang lebih tinggi lagi. Bukan hanya dari sisi pelaku musiknya saja, tapi juga dari sisi audience, " ujar perwakilan Iceperience.id, Diopsaputra saat jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

ICE 2019
Diopsaputra selaku perwakilan Iceperience.id

ICE 2019 memiliki program bernama Electronic Music Producer Contest (EMPC), sebagai ajang kompetisi para produser musik elektronik. Nantinya, yang terbaik dan menjadi pemenang EMPC mendapat kesempatan berkolaborasi dengan founder 88 Rising, Sean Miyashiro. 

Sejumlah DJ kenamaan Indonesia serta pakar musik, yaitu Winky Wiryawan, Riri Mestica, Sumantri, Eka Gustiwana, DJ Haji, Fajar Juliawan, Lawrence Philip (SAE Institute Jakarta), serta Sean Miyashiro,CEO dan Founder 88 Rising.Pendaftaran EMPC dibuka secara nasional mulai 15 Mei 2019 via online melalui website www.iceperience.id.

"Dengan kehadiran juri – juri tersebut, kami berharap EMPC dapat melahirkan sosok produser musik yang memiliki skill musikalitas mumpuni sehingga bisa membuat Indonesia semakin dikenal di panggung musik elektronik dunia,” kata DJ Miko selaku panitia pelaksana EMPC.

ICE 2019
Winky Wiryawan saat jumpa pers International Clubbing Experience (ICE) 2019

Sedangkan untuk para DJ Indonesia, baik yang amatir maupun profesional, Iceperience.id menyelenggarakan DJ Battle. Tak tanggung-tanggung, hadiah yang ditawarkan bagi pemenang adalah menjalani tur Asia.

“Kami akan buatkan tur khusus bagi pemenang ke club-club di beberapa negara Asia. Jadi short tour ini memang menjadi ajang untuk pemenang unjuk gigi dan memperluas channel. Dan yang terpenting, para DJ bukan hanya memiliki skill bermusik saja, tapi juga as a brand,” ucap Akhda perwakilan ICE.

Nah untuk membekali para DJ, Iceperience.id mengadakan workshop yang juga terbuka untuk umum. Dalam sesi ini, peserta tidak hanya mendapatkan teori, namun mempraktekkan langsung materi dari workshop. Selain itu, ada sesi karantina sebagai pembekalan para peserta DJ Battle dengan hal-hal yang berkaitan erat dengan industri musik dan kepribadian sebagai performer dengan paket komplit.   

“Kalau di tahun sebelumnya kan tantangannya peserta DJ Battle me-remix lagu, tapi berbeda di tahun ini yang harus membuat karya original. Dan gue harap mereka skillful dan taste bermusik yang tinggi,” ucap Winky Wiryawan.