Home | Event | Indonesia Internasional Islamic Fair (IIIF) 2019 Segera Digelar

Indonesia Internasional Islamic Fair (IIIF) 2019 Segera Digelar

Event - 11 April, 2019 Oleh @Yulia Dewi

Indonesia Internasional Islamic Fair (IIIF) 2019 merupakan pagelaran acara yang bertema peran budaya dalam perkembangan pendidikan Islam, budaya busana muslim, kain tenun dan songket Nusantara ini akan di selenggarakan pada tanggal 9-11 Mei 2019

WowChannelz.com -   Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki populasi umat Islam terbesar di dunia. Begitupun dengan beragamnya budaya yang dimiliki, termasuk budaya dan busana muslim yang terbuat dari kain tenun dan songket Nusantara.

 

Atas dasar itulah, WAM Consultant berinisiatif mengadakan perhelatan besar, mewah dan bernuansa Islami di Indonesia, dengan melibatkan beberapa negara muslim. Pagelaran acara yang bertema peran budaya dalam perkembangan pendidikan Islam, budaya busana muslim, kain tenun dan songket Nusantara ini akan di selenggarakan pada tanggal 9-11 Mei 2019 yang bertajuk Indonesia Internasional Islamic Fair (IIIF) 2019. 

 

Pagelaran yang pertama kalinya ini akan digelar dengan skala internasional yang nantinya akan mengakomodir dan menggali khazanah keislaman dari seluruh dunia.

 

"Acara ini akan mengangkat budaya Islam dan budaya Indonesia yang mempunyai hubungan erat dan hubungan silaturahmi dengan Arab Saudi.  Di sini juga industri fashion dan mode mempunyai hubungan yang erat cara pembuatannya dengan penutup Kiswah Ka'bah. Saya melihat dan menyaksikan sendiri bagaimana proses pembuatannya. Peralatannya juga sama dan benang tenun Indonesia juga turut andil dalam pembuatannya sendiri," kata Anna Mariana selaku Desainer Tenun & Songket busana muslim di Puri Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (10/4).

 

IIIF 2019 selain dapat memperkuat kerjasama dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya serta pendidikan antar negara-negara muslim sedunia, acara ini juga akan berisi kegiatan seperti: Islamic Fashion Show, Seminar, Talkshow, Kompetisi, Exhibition dan Bazaar, Islamic dan Food & Beverage serta menampilkan anjungan dan atraksi kesenian dari peserta.

IIIF 2019
Foto; YD

Begitupun dibidang pendidikan, IIIF 2019 juga mengangkat bakat-bakat seni bagi anak dan remaja untuk mengikuti kompetisi di bidang pembacaan Al-Quran disamping fashion dan budaya.

 

"Peran pendidikan dalam Islam sangatlah penting, tidak kurang dari 10 jenis lomba berskala internasional yang akan melibatkan para pelajar dan mahasiswa akan dihadirkan di sini. Program competition kids juga akan melibatkan berbagai institusi pendidikan baik dari dalam maupun luar negeri dan diharapkan dapat mencerdaskan bangsa," kata Wahyono Ketua Pelaksana IIIF 2019.

 

 

IIIF 2019 juga akan didukung penuh oleh Kementrian Agama RI, Kementrian Pariwisata RI, Pemprov DKI, Pemkot Tangerang Selatan, Kedutaan Besar Arab Saudi, Kedutaan Besar Turki serta Kadin Timur Tengah.

 

 

Acara yang digelar bertepatan dengan bulan Ramadhan ini diharapkan selain dapat mempersatukan hubungan kerjasama dalam bidang budaya antar negara, IIIF 2019 juga diharapkan dapat mempersatukan masyarakat di Indonesia.

 

"IIIF 2019 bukan hanya diperuntukan bagi warga muslim saja, kami juga ingin masyarakat non muslim juga dapat berkunjung ke sini. IIIF 2019 ini untuk seluruh masyarakat Indonesia," ujar Ahmed Khowaisat, Comitte IIIF 2019 menambahkan.

 

Dalam kesempatan yang sama Anna Mariana juga juga menyampaikan kabar gembira bahwa Presiden RI, Joko Widodo telah menyetujui Hari Tenun dan Songket Nasional jatuh pada setiap tanggal 7 September setiap tahunnya. (YD)