Home | News | Ingin Mensejahterakan Musisi, Glenn Fredly Luncurkan Aplikasi MusikBagus

Ingin Mensejahterakan Musisi, Glenn Fredly Luncurkan Aplikasi MusikBagus

News - 2 March, 2019 Oleh @Yulia Dewi

Glenn Fredly, musisi dan pencipta lagu ini meluncurkan aplikasi MusikBagus sebagai platform ekosistem musik digital

WowChannelz.com -   Penyanyi dan pencipta lagu Glenn Fredly (43), meluncurkan aplikasi bernama 'MusikBagus'. 

Lewat aplikasi ini, Glenn berharap angannya untuk menyejahterakan para musisi bisa terwujud meski tak sepenuhnya. Aplikasi ini dibuat untuk menunjang platform ekosistem musik digital.

"Menyejahterakan musisi dan membangun industri yang sehat, ini penting untuk kelangsungan generasi pemusik kita, jadi konsep pembagian hasil itu di balik, tak lagi lebih besar ke label, tapi ke pemilik lagunya," ucap Glenn saat ditemui di gedung pertunjukan Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019).

Menurut Glenn, industri musik yang ada selama ini hanya mengutamakan kuantitas, bukan kualitas. Kualitas industri musik juga harus diutamakan, karena secara otomatis akan menumbuhkan pelaku musik secara subur dan baik.

<a class='people'
                 data-tag_name='glenn-fredly' 
                 href='https://wowchannelz.com/people/glenn-fredly'>Glenn Fredly</a>
Press conference Aplikasi Musik Bagus (Foto: yulia)

"Karena di era digital semua bisa terukur, jadi pemilik lagu itu harus dapat lebih besar (pembagian hasil), kita harus belajar membangun industri yang fair," ungkap pelantun "Januari" ini.

Lantaran hal itu, penyanyi berdarah Ambon, Maluku ini percaya bahwa ke depan industri musik Tanah Air tak hanya memiliki kualitas yang baik, tapi juga mampu mengedukasi masyarakat dalam menghargai karya para musisi.

"Saya yakin industri itu kan harus ada transparansi dan pengelolaan yang baik, ada dukungan, support yang besar gitu. Artinya, mungkin ini hal yang baru, bisa enggak sih dari sebuah karya jadi jaminan gitu, kenapa enggak?" ucap Glenn.

"Mungkin saja gitu dan akhirnya edukasinya ke masyarakat juga berjalan karena dari karya (lagu) kita bisa mengedukasi banyak orang, banyak aspek," sambungnya.

Glenn pun menjelaskan lewat aplikasi ini ia berusaha mengubah mekanisme pasar musik yang dirasa hanya menguntungkan sisi industrinya saja. "Jadi kalau selama ini paling diuntungkan label, kami mau balik itu jadi pencipta lagu yang paling diuntungkan," ucap Glenn.

<a class='people'
                 data-tag_name='glenn-fredly' 
                 href='https://wowchannelz.com/people/glenn-fredly'>Glenn Fredly</a>
Intimate Konser, yang nantinya akan mengisi salah satu konten di fitur Musikologi dalam aplikasi MusikBagus (Foto: Yulia)

“Secara garis besar, lewat platform ini, kita dapat melihat sejarah perjalanan penjualan sebuah lagu, jelas, dan transparan. Mulai si pencipta, musisi dan setiap individu yang terlibat didalamnya. Kami ingin memulai sebuah langkah dimana perlindungan dan pengelolaan menjadi hal yang sangat utama, dan perolehan royalti yang jelas," tandasnya.

Ia mengakui selama 25 tahun perjalan karirnya, Glenn banyak bertemu dengan bakat-bakat yang memiliki potensi bagus dalam dunia berkesenian. Ia tidak ingin hal tersebut silam begitu saja. Lewat platform dan aplikasi ini, Glenn mencoba mengangkat, menghargai dan mengapresiasi segala usaha para insan musik di seluruh Indonesia.

Selepas peluncuran aplikasi MusikBagus tersebut, pada malam harinya Glenn mengadakan pertunjukan terbatas lewat Musicology; Intimate With Glenn Fredly. Konser terbatas tersebut, bisa juga dinikmati secara streaming di aplikasi MusikBagus. (beib)