Home | Lifestyle | Tren Pakaian Pria Agar Tetap Tampil Stylish

Tren Pakaian Pria Agar Tetap Tampil Stylish

Lifestyle - 24 February, 2019 Oleh @Yulia Dewi

Tren pakaian pria di tahun 2019 akan kembali ke masa tahun 90-an

WowChannelz.com -   Kaum pria masa kini berada dalam irama perkembangan teknologi yang serba cepat dan arus informasi paling akurat. Dalam bidang mode, sirkulasi informasi tentang gaya terkini pun semakin dinamis. Hal ini memicu kebutuhan para pria urban untuk dapat turut serta mengambil bagian agar dapat selalu tampil terdepan dengan gaya paling stylish nan perlente. 

Memacu pada mode busana pria, tentunya tidak lepas dari dunia pekerjaan yang digelutinya. Bagai mana memadukan busana ketika menghadapi client ataupun saat santai tentunya hal tersebut perlu diperhatikan agar tetap terlihat stylish. Meskipun sebagian pria masih memilih busana yang simple dan nyaman dipakai.

Menurut Adi Suranta, seorang fashion stylish saat talkshow The Cufflinks Store Why Style Matters? di Connext Coworking Space, Jakarta Selatan, Jumat (22/2), tren fashion terbaru untuk pria di tahun 2019 ini bisa dikatakan akan kembali ke tahun 90-an. Banyaknya pilihan busana membuat pria lebih banyak pilihan untuk bisa tampil stylist. Namun Adi  juga mengatakan,  bahwa tahun 2019 busana pria lebih banyak akan terpengaruh dengan potongan oversize karena pengaruh spring summer yang akan menaungi gaya sepanjang tahun.

“Untuk trand mark mungkin akan balik lagi ke gaya 90-an, mulai dari kemejapotongan  lengan pendek dengan ukuran oversize yang biasanya dulu di pakai ke pantai atau safari shirt,” kata Adi Suranta.

tren pakaian pria
Bena kribo, Edward Akbar, dan Adi Suranta dalam sesi talk show (Foto; yulia)

Selain itu, busana pria mulai terpengaruh dari ranah musik, seperti  hip hop yang bernuansa sporty, kemeja dengan motif coretan, graffiti shirt, artwork, kemeja dengan detail zipper .

“Tahun ini gayanya lebih berani, pemakaian kemeja juga lebih konvensional, sporty dan juga gaya hip hop yang terlihat lebih muda dan berani,” paparnya.

Sementara, bagi pria yang senang bergaya klasik, Anda dapat mencoba memakai outer cutting baseball, jaket fit body dipadukan dengan streetpants, highwaist, celana dengan gaya yang melebar di bagian bawah. Sementara untuk warna yang sedang difavoritkan kaum adam adalah warna pastel dan netral.

“Sekarang pria lebih mengikuti gaya seseorang yang diidolakan, tidak melihat dari bentuk tubuh, tapi lebih cenderung untuk perform lifestyle yang penting fashion membuat percaya diri disesuaikan dengan personal style, pasti memukau,” jelas Adi Suranta.

Untuk celana, menurut Adi pilihannya bisa pakai potongan street atau skinny, atau dengan bawahan yang lebih lebar bahkan bisa dengan gaya ngatung dipadukan dengan sepatu sejenis snicker atau sepatu sport tahun 90an. Dan itu semua adalah pilihan, tergantung gaya busana yang akan dipakai dalam situasi dan kondisi pekerjaan yang digelutinya. Yang terpenting menurut Adi, dalam berbusana selain disesuaikan dengan pekerjaannya, pria juga harus menyesuaikannya dengan style gaya busana sendiri agar terlihat nyaman dipakai.

tren pakaian pria
Adi Suranta dalam memberikan contoh cara pemakaian kemeja klasik (foto: yulia)

“Alangkah baiknya dalam berbusana lebih mencerminkan fashion style seseorang. Kalau bisa itu yang jadi andalan kita bergaya atau kerja,” saran Adi Suranta.

Jenis pakaian yang wajib dimiliki oleh seorang pria adalah kemeja, terutama bagi para pria pekerja. Namun dalam pemakaian kemeja juga ada beberapa yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, jangan membuka kancing berlebih, dan juga perhatikan dalam menggulung lengan.

“Perlu diperhatikan bahwa menggulung cukup di bawah sikut. Apalagi, bagi orang yang bekerja di kantor formal, menggulung di atas sikut sangatlah tidak sopan,” kata Adi.

Jika memang terpaksa memakai kemeja formal dengan cufflinks (tambahan lengan yang tebal di ujung lengan) juga tidak perlu digulung, jika memang ingin menggulungnya bisa dengan dua system. Dilipat sekali saja dengan rapi atau cukup diserut.

Sebagai penutup, Adi Suranta juga berpesan kenyamanan dalam pemilihan bahan tetap perlu diperhatikan terutama yang bekerja di lapangan.

“Pakai saja kemeja lengan pendek, gak usah pakai dalaman lagi sudah gak zaman. Yang penting rapi, kemeja dan celana rapi itu sudah cukup,” pungkas Adi.

Acara ini juga dihadiri oleh  beberapa pria dari berbagai profesi, seperti Edward Akbar, Bena kribo, Alfian Rahardjo, dan Arie Dagienkz. (Yulia)