Home | School | SMP N 11 Jakarta Siap Harumkan Indonesia di Kancah Dunia

SMP N 11 Jakarta Siap Harumkan Indonesia di Kancah Dunia

School - 6 April, 2018 Oleh @Fildzah Adra Arifah

Menampilkan tarian tradisional, SMP N 11 Jakarta siap harumkan Indonesia di kancah dunia dengan ikut Gokcan International Children's Folk Dance Festival, Turki.

WowChannelz.com -   Siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 11 Jakarta akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Mereka turut andil pada Gokcan International Children's Folk Dance Festival yang diselenggarakan di negara Turki. 

Ya, sebanyak 18 siswa dan siswi kelas 7 serta 8 akan menampilkan sejumlah tarian tradisional di festival bergengsi tersebut. Mulai dari tari Enggang Dayak, Saman, Tokecang, dan Nandak Ganjen. 

Sebelum mengikuti festival yang diselenggarakan pada tanggal 17 sampai 24 April 2018 mendatang, kelompok tari itu menampilkan kebolehan mereka pada acara Pelepasan Misi Budaya SMP Negeri 11 Jakarta di sekolah mereka. Disaksikan oleh sejumlah guru dan orang tua siswa.

Mereka menjalani latihan secara rutin mulai tanggal 2 Februari lalu sampai 8 April 2018 mendatang, agar mampu tampil maksimal. Sebab ada 10 negara yang juga ikut serta, seperti Polandia, Ukraina, Perancis dan Bosnia.

SMP N 11 Jakarta Siap Harumkan Indonesia di Kancah Dunia
Club Tari SMP N 11 Jakarta. foto : Ray

"Alhamdulillah kita masih ada waktu untuk memantapkan lagi anak-anak kita. Makanya salah satu acara pelepasan ini minimal untuk itu tadi bisa saja di latihan sudah bagus tapi pas tampil nervous pasti ada. Jadi menguji mental juga rasa percaya diri," kata Ainul Wardah, Mpd. selaku guru Seni Budaya SMP 11 Jakarta, Jumat (6/4/2018).

"Minimal acara ini anak-anak tahu seperti ini lho disaksikan banyak penonton. Sehingga anak-anak di sana (Turki) harus lebih baik lagi tampilnya dari acara pelepasan ini. Minimal ini evaluasi untuk mereka," tambah Ainul.

Sedangkan perwakilan International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts (CIOFF), Said Rachmat berucap alasannya menggandeng kelompok tari SMP N 11 Jakarta karena mereka baru pertama mengikuti ajang festival internasional.

Seperti sebelum-sebelumnya sejak tahun 1981, CIOFF mendaulat siswa maupun siswi untuk ke festival, terlebih dulu melakukan investigasi ke sekolah. Memang sekolah favorit yang mereka ajak karena mempunyai kelebihan-kelebihan tertentu.

SMP N 11 Jakarta Siap Harumkan Indonesia di Kancah Dunia
President of CIOFF, Said Rachmat. foto : Ray

Saat pelepasan, Said menganggap jika kelompok tari SMP N 11 Jakarta masih grogi dan belum maksimal menyuguhkan tariannya. Namun ia dan pelatih CIOFF maupun pelatih sekolah punya cara agar mereka bisa tampil memukau di Gokcan International Children's Folk Dance Festival.

"Sebenarnya gampang ya bagaimana membuat orang menjadi comfort tentu kita harus memberi kepercayaan, motivasinya itu. Kita percaya mereka pasti bisa dan saya yakin kok anak-anak Indonesia enggak kalah dengan anak-anak di luar negeri. Karena memang di setiap fesvital, attitude mereka dihargai orang," ucap Said.

Memang ajang festival ini bukan memperebutkan gelar juara. Namun ada piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi. (Ray/Flz)