Home | Community | Alifa Jadi Pelatih Saman di Sekolah dan Kampus

Alifa Jadi Pelatih Saman di Sekolah dan Kampus

Community - 21 March, 2018 Oleh @Fitriawan Ginting

Berawal dari rasa cinta dan keinginannya, Alifa jadi pelatih saman di sekolah dan kampus

WowChannelz.com -   Alifa Aulia Fauzi merupakan siswi kelas 12 SMA Muhammadiyah (Limau) 3, Jakarta Selatan. Meskipun masih duduk di bangku sekolah, kariernya sudah cukup cemerlang. Alifa jadi pelatih saman di sekolah dan kampus.

Kesukaannya terhadap tari saman membuka karier gadis berkaca mata ini. Alifa sudah mengajar di sejumlah sekolah, juga kampus, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ketua kelompok saman SMA Limau 3 bernama Girl Keep Action (GKA) ini dipilih langsung oleh grup saman UIN Jakarta, bukan ia yang mengajukan diri. 

Meskipun usianya lebih muda dari mahasiswi yang diajar olehnya, Alifa berusaha profesional. Dari awal ia juga sudah memberi pemahaman kepada mereka untuk bisa profesional. Tidak memandang sebelah mata dirinya dari segi usia.

"Mereka kaget juga tuh karena mungkin di Instagram aku aku enggak kelihatan seperti anak SMA. Terus aku bilang kalian tetap mau enggak. Tapi kalau di lomba kalian jangan pernah anggap aku seperti anak GKA (Girl Keep Action). Tujuan kalian itu untuk dapat ilmu dari aku," ucapnya saat berbincang dengan WOWchannelz.com.

Alifa Jadi Pelatih Saman di Sekolah dan Kampus
Penghargaan yang didapat Alifa Aulia Fauzi. Foto : Aji

Alifa Jatuh Cinta

Alifa yang sudah jatuh cinta dengan tarian khas Aceh itu sejak duduk di bangku SMP, juga semata-mata bertujuan untuk berbagi ilmu dengan mereka. Ia menegaskan agar mereka tidak menganggapnya anak kecil dan bisa menerima dengan sikap tegasnya sebagai pelatih.

"Mau aku tegas ke kalian pun kalian harus tetap nerima karena kan ilmu bisa didapat dari mana aja. Mereka terima saja sih sampai sekarang sudah 5 bulan juga," katanya.

Dara yang awalnya belajar saman dari YouTube ini menganggap tarian yang ditekuninya berbeda dari tari tradisional lain. Karena semua anggota tubuhnya gerak, juga sembari nyanyi. 

"Pasti tiap lomba itu pingsan. Satu tim 16 orang pasti yang pingsan 4 orang 3 orang minimal," ujarnya.

Alifa Jadi Pelatih Saman di Sekolah dan Kampus
Alifa Aulia Fauzi sudah mencintai dunia tarinya sejak lama. Foto : Aji

Bagi Waktu

Selain UIN Jakarta, Alifa juga mengajar di SMA Jakarta Islamic School (JIS) Jakarta Timur dan SMP N 12 Jakarta. Walaupun bukan turunan Aceh, orang tuanya memberi dukungan penuh.

"Soalnya aku berbagi waktu sih kan kalau hari Jumat pulang cepat. Nah aku dari jam 3 sampai 5 aku ngajar di sekolah. Kalau UIN kosongnya hari Sabtu paling lama 4 jam tergantung mereka untuk lomba atau enggak," urainya.

Walaupun sudah cukup menghasilkan dari melatih tari saman, tapi Alifa tidak ingin menjadikannya sebagai pekerjaan untuk masa depan. Dijadikan sebagai hobi yang menjanjikan, ada kepuasan tersendiri ketika menari saman.

"Mungkin jiwa aku di sini sebagai guru kali ya karena aku suka mengajar aku suka memimpin sih memang," tutup Alifa. (Ray/Gig)