Home | News | Kaleidoskop: Sederet Pesohor yang Terjerat Narkoba pada 2017

Kaleidoskop: Sederet Pesohor yang Terjerat Narkoba pada 2017

News - 27 December, 2017 Oleh @Ferro Maulana

Khusus kali ini, Wowchannelz mengulas para artis yang berurusan dengan kasus hukum terkait narkoba. Siapa saja mereka?

WowChannelz.com -   Sepanjang tahun 2017, tercatat ada belasan artis atau publik figur yang ditangkap oleh pihak kepolisian terkait narkoba, daun ganja hingga obat - obatan terlarang.

Yang paling terbaru yaitu aktor Tio Pakusadewo yang ditangkap aparat di kediamannya di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, pada 19 Desember 2017 lalu. Tio memiliki barang haram jenis sabu. 

BNN menyatakan hasil positif kepada Sean yang mengonsumsi narkoba atau minuman keras beralkohol. Meski begitu, BNN langsung memulangkan Axel karena hasil assessment, Sean bukan seorang pecandu narkoba.

Artis Kasus Narkoba
Restu Sinaga. Foto : Dok Net

Restu Sinaga

Artis peran Restu Sinaga ditangkap polisi di rumahnya di Jalan Pelita Nomor 12 RT 08/RW 02, Cipete Selatan, Cilandak, 3 Juni 2017.

Dalam penggerebekan itu, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa‎ narkoba jenis ganja seberat 10,75 gram, 17 butir psikotropika jenis dumolid dengan berat keseluruhan 7,47 gram, 26 butir psikotropika jenis happy five dengan berat keseluruhan 7,21 gram, empat bungkus plastik transparan bekas narkotika jenis kokain dan empat buah sedotan plastik yang diduga sebagai alat mengonsumsi barang haram itu.

Restu Sinaga kini mendekam di sel tahanan Mapolres Metro Jakarta Selatan. Atas perbuatannya itu, tersangka ‎dijerat dengan pasal 111 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika jo Pasal 62 Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dengan ancaman 20 tahun penjara.

Artis Kasus Narkoba
Ammar Zoni usai sidang putusan. Foto : Aji

Ammar Zoni

Pesinetron Ammar Zoni termaksud artis atau publik figur yang berurusan dengan pihak kepolisian, ia ditangkap menggunakan narkoba jenis ganja di rumahnya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. (10/7/2017)

Ammar Zoni ditangkap saat sedang santai. Setelah itu, pihak kepolisian langsung menggeledah isi rumah. Alhasil, pihak kepolisian menemukan narkoba jenis ganja. Hasil tes urine Ammar menunjukkan dirinya positif ganja dan sabu.

Ammar Zoni divonis pengadilan Jakarta Pusat dengan hukuman satu tahun dikurangi masa tahanan dengan menjalani rehabilitasi.

Artis Kasus Narkoba
Axell Mathew. Foto : Ray

Axel Matthew Thomas

Putra artis senior, Jeremy Thomas, Axel Matthew Thomas ditangkap di sebuah hotel di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Sabtu (15/7/2017) lalu. 

Axel ditangkap saat membeli narkotika jenis happy five asal Malaysia sebanyak satu strip seharga Rp1,5 juta.

Kejadian ini sempat meluas karena Axel sebelumnya mengaku kepada Jeremy bahwa dia dianiaya petugas Polres Bandara Soekarno-Hatta dan disuruh mengaku mempunyai narkoba.

Axel kemudian menerima kekerasan fisik. Sementara itu,berdasarkan keterangan penyidik, Axel terluka karena terjadi pergulatan saat ditangkap. Jeremy kemudian melaporkan petugas Polresta Bandara ke Divisi Profesi dan Pengamanan Polri. 

Artis Kasus Narkoba
Pretty Asmara. Foto : Dok Net

Pretty Asmara

Pretty Asmara ditangkap di sebuah hotel kawasan Jakarta Pusat pada pertengahan Juli 2017. Polisi mendapati beberapa barang bukti berupa narkotika jenis sabu dan ekstasi ketika menangkapnya.

Pretty ditangkap bersama tujuh artis lain. Polisi menyebut Pretty merupakan penghubung bandar narkoba ke kalangan artis. Berdasarkan penelusuran penyidik, Pretty sudah menjadi penghubung bisnis narkoba selama lebih dua tahun

Artis Kasus Narkoba
Tora Sudiro. Foto : Dok Net

Tora Sudiro

Di saat akan merilis film 'Warkop DKI Reborn 2', Tora Sudiro ditangkap bersama istrinya, Mieke Amalia di rumah mereka di Perumahan Bali View, Cirendeu, Tangerang Selatan, Kamis (03/08/2017) lalu.

Mereka memiliki atau menyimpan 30 butir Dumolid yang merupakan obat penenang. Tora mengonsumsi obat penenang untuk istirahat (atau tidur). Tora mengatakan bahwa dumolid itu digunakan sejak setahun dan istrinya baru lima bulan.

Walaupun positif memakai obat terlarang, Tora Sudiro hanya ditetapkan sebagai tersangka dan istrinya langsung diizinkan pulang setelah beberapa hari melakukan pemeriksaan.

Artis Kasus Narkoba
Marcello Tahitoe (Ello). Foto: Aji

Ello

Penyanyi Marcello Tahitoe (atau Ello) ditangkap polisi karena memakai dan memiliki daun ganja. Kekasih Aurellie Moeremans ini ditangkap di rumahnya, di Jalan Griya Kecapi, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Minggu 6 Agustus 2017. Ello ditangkap bersama dua temannya 'DM' dan 'RGG'.

Dari hasil penangkapan ditemukan dua paket ganja dengan berat di bawah lima gram. Ketiganya tidak melakukan perlawanan saat dibawa oleh penyidik untuk diperiksa. Ello ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan 'DM'. Sementara 'RGG' dikembalikan karena tidak memenuhi unsur tindak pidana narkoba.

Ello dijerat pasal UU Narkotika pasal 111 dan 127 atas kepemilikan dan penggunaan narkoba dengan hukuman pidana minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun penjara.

Begitulah sabahat WowChannelz, sederet nama artis yang terjerat narkoba. Redaksi sarankan untuk jangan sekali-kali mengenal bahkan menyentuh narkoba ya guys.  (Ade/ Fmy)