Home | Celeb | Tara Basro Akui Adrenalin Meningkat di Atas Panggung Teater

Tara Basro Akui Adrenalin Meningkat di Atas Panggung Teater

Celeb - 3 November, 2017 Oleh @Ferro Maulana

Tara Basro menuturkan, bermain teater lebih sulit dibandingkan berakting di depan kamera. Ia pun merasa tertantang di sini.

WowChannelz.com -  Artis peran Tara Basro dipercaya berperan sebagai Sumirat di pertunjukan teater bertajuk "Perempuan-Perempuan Chairil". Dalam pentas tersebut, Tara berusaha menampilkan karya terbaik dalam memerankan perempuan yang pernah menjadi bagian hidup sastrawan Chairil Anwar. 

Menurut pemain film 'Pengabdi Setan' ini bermain teater itu lebih sulit ketimbang berakting di depan kamera profesional. Makanya, Selanjutnya, Tara merasa tertantang ketika dipercaya bermain teater "Perempuan-Perempuan Chairil".

"Kalau buatku, teater sangat menantang karena berbeda sekali dengan berakting di film," demikian kata Tara Basro saat ditemui di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, belum lama ini. 

"Misalnya, cara mengeluarkan suara vokal, akting dan gerakan tubuh harus dikontrol dengan baik jadi lumayan tegang tapi kalau untuk film kamera sudah dekat dan pakai mic," katanya lagi. 

Tara Basro
Tara Basro. Foto : Aji

Penghayatan Skenario

Perbedaan lainnya yang dirasakan Tara Basro yaitu, saat bermain teater dan film. Seperti, penghayatan serta pelafalan skenario ceritanya. Meski begitu, ia punya cara tersendiri untuk menghafal naskah atau dialog. 

"Kalau di teater benar-benar harus menjiwai lafalanya karena kita langsung dilihat penonton yang hadir dari ujung rambut hingga kaki. Itu yang bikin tegang sih," bebernya. 

Wanita berkulit sawo matang ini juga kembali bersyukur lantaran tidak ada kendala berarti ketika dipercaya oleh Happy Salma untuk berperan sebagai Sumirat. Tara pun merasa terharu ketika membaca alur cerita terkait Sumirat.

"Gimana ya ?. Kalau sulit sih nggak tapi aku miris kalau baca naskahnya Sumirat ini kayak banyak sekali perempuan yang aku ngerasa nanti mungkin banyak penonton perempuan yang seumuran aku merasakan kepedihan Sumirat gitu," paparnya kembali. 

Hasil Kerja Keras

Di tempat dan kesempatan yang sama, Tara Basro mengaku bisa tampil maksimal sebagai Sumirat. Meskipun ia belum pernah berjumpa sama sekali dengan sang tokoh secara langsung. 

Kemudian, Tara pun punya cara sekaligus tips untuk memperdalam karakter jika belum sama sekali bertemu dengan orang yang diperankan. 

"Persiapapnnya, so far ya step by step. Sempat ngafalin naskahnya dulu terus coba tektokan sama Reza Rahadian terus sudah gitu untuk itu sendiri yang ditanyain ada pemanasan vokal karena kalau diulang terus suara nggak lama-lama serak dan sakit banget tenggorokan. Jadi, sebelum latihan ada pemanasan dlu," jelasnya lagi. 

Belum Ada Keputusan

Meski kerja keras Tara Basro dilakukan selama beberapa bulan, dirinya mengaku belum memikirkan ke depan akan bermain teater lagi atau kembali berakting di seni peran perfilman tanah air. 

"Belum tahu nih, mau lihat dulu gimana hasilnya, berhasil nggak nanti pas manggung tapi so far sih kalau untuk proses sendiri aku bersenang banget. Walaupun deg-dengan tapi pengalaman berharga ya," pungkasnya. 

Seni teater bertajuk "Perempuan-Perempuan Chairil" di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, dihelat pada 11 - 12 November 2017 mendatang. Pemain yang terlibat di sini yaitu Reza Rahadian selaku pemeran Chairil Anwar.

Sementara itu 'perempuan-perempuan' lainnya yang berada di sekitar kehidupan Chairil, juga diperankan oleh sejumlah artis cantik antara lain Marsha Timothy yang berperan sebagai Ida Nasution, Chelsea Islan sebagai Sri Ajati, hingga Sita Nursanti sebagai Hapsah Wiriaredja, Hapsah yang akan menjadi pendamping hidup Chairil Anwar. (Ade/ Fmy)