Tips Hidup Sehat Cantik Alami Ala dr. Sonia Wibisono

lifestyle | 5 August, 2018 21:49 WIB , Oleh Yulia Dewi

Dr. Sonia Wibisono. Foto : Aji

WOWChannelz.com -  Setiap wanita pasti tentunya menginginkan tampil cantik dalam setiap kesempatan, karena tidak bisa dipungkiri kesan pertama bertemu dengan seseorang pasti yang dilihat pertama kali adalah penampilan. Apalagi bagi seorang wanita menurut dokter kecantikan dr. Sonia Wibisono, wanita memang diharuskan melakukan perawatan bukan hanya dari luar saja tetapi juga dari dalam.

Saat ini banyak menjamur produk perawatan kulit dan juga tempat perawatan bagi wanita dengan beragam treatment yang ditawarkan. Namun menurut dokter cantik ini hidup cantik dan sehat itu tidak harus selalu dengan produk perawatan yang mahal. Bahkan di rumah pun kita bisa melakukannya dengan bahan-bahan alami yang bisa kita dapatkan sehari-hari.

Ditemui WowChannelz di acara penandatanganan MOU dr. Sonia Wibisono yang ditunjuk sebagai brand ambassador Bambu Spa, Kamis (2/7), berbagi tips buat kamu sekalian dalam mendapatkan hidup sehat dan cantik alami.

Apa saja yang perlu diperhatikan?

Makanan

Makanan itu we are what you eat, jadi memang penampilan itu apa yang kita makan itu yang menampilkan pribadi kita sendiri.
“Ada satu penelitian bahwa orang yang makan dagingnya lebih banyak sikapnya jadi lebih emosian,  tetapi kalau kita makan sayuran banyak, ikan,  buah, itu kita akan menjadi  lebih sabar, lemah lembut,  jadi memang sifat itu berdasarkan apa yg kita makan, jadi makanan  itu penting,” papar dr. Sonia.

Baca juga :

dr. Sonia Wibisono. Foto: Yulia

Tidur yang cukup
Tidur yang cukup merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan sekaligus kecantikan. Pada keadaan yang normal, tubuh akan membentuk kolagen – zat untuk menjaga kesehatan dan peremajaan kulit. Kolagen akan mencegah tubuh mengalami penuaan dini dengan cara menghalangi pembentukan kerutan di wajah. Namun saat waktu tidur terganggu, maka kolagen tidak dapat dibentuk dalam jumlah yang normal, karena itu kerutan yang terbentuk lebih banyak.

Efek kurang tidur juga akan berdampak pada warna kulit wajah yang semakin kusam. Kurang tidur mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga kemungkinan untuk terjadinya peradangan juga meningkat. Peningkatan peradangan ini mempengaruhi produksi kolagen serta asam hyaluronic yang berfungsi untuk mempertahankan kecerahan kulit. Belum lagi berbagai penyakit yang akan diderita karena kurang tidur.
“Tidur itu harus nyenyak, kalau banyak fikiran dan sedikit-dikit bangun yang kita perlukan adalah relaksasi. Relaksasi juga salah satu cara untuk menghadapi stress. Setiap hari kita mnghadapi stress baik dari jalanan yang macet dan lain-lain, semua itu arus ada kompensasinya dengan relaksasi baik di rumah maupun di perawatan kecantikan (spa),” ujar dr. Sonia.

Olah Raga Teratur
Setiap harinya tubuh perlu bergerak dengan melakukan olah raga, tidak perlu mahal dengan melakukan jalan kaki selama 30 menit setiap harinya itu sudah cukup.

Melampiaskan Stres
Setiap orang pasti pernah stres. Balik lagi sebetulnya tubuh kita memerlukan sedikit stres, sehingga kita dapat termotivasi. Belajarpun perlu stres untuk memotivasi agar kita senantiasa termotivasi untuk belajar lagi, tapi kalau dosisnya kebanyakan dan bertumpuk sehingga tidak bisa dikeluarkan dengan cara yang baik itulah yang akan menimbulkan penyakit dari dalam. Seperti imsomnia atau sulit tidur, maag yang semua orang pasti pernah mengalaminya. Effek stres yang menumpuk akan mendatangkan beragam penyalit seperti hipertensi (darah tinggi) karena marah-marah, kanker dan lain-lain.
 

reree
Foto : Aji

Nah stres itu sedikit-sedikit bisa dikeluarkan dengan olah raga atau melakukan hobby,  menyanyi misalnya itu sudah lebih dari cukup. Contoh yang lainnya adalah dengan relaksasi dengan melakukan massage di spa atau di rumah. Karena massage bisa melancarkan aliran darah.

Dr. Sonia juga memberikan saran, jika kita sering masuk angin jangan melakukan kerokan tapi cobalah dengan memijit bagian tubuh (massage). Karena bisa melancarkan peredaran darah dan effeknya lbeih bagus dari kerokan. Kerokan akan merusak jaringan kulit, effek kerokan akan membuat pori-pori terbuka dan merah-merah itu akan menyebabkan kulit luka. Pori yang terbuka bisa menyebabkan tubuh lebih mudah masuk angin kembali.
“Jadi buat para remaja, jangan ikut-ikutan kerokan, jika masuk angin lebih baik di massage saja,” tandas dr. Sonia./Yulia

Komentar :