Sering Mendegar Istilah 'Konspirasi', Apa Itu Konspirasi?

lifestyle | 31 May, 2018 11:55 WIB , Oleh Fildzah Adra Arifah

Apa Itu Konspirasi? Foto : Doknet

WOWChannelz.com -  Sering mendengar istilah konspirasi? Tapi tidak tahu arti dari teori konspirasi  tersebut? Singkatnya, konspirasi itu bisa disebut persekongkolan.

Teori konspirasi adalah teori-teori yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa politik, sosial, atau sejarah) adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdaya, direncanakan diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa atau berpengaruh. Banyak teori konspirasi yang mengklaim bahwa peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah telah didominasi oleh para konspirator belakang layar yang memanipulasi kejadian-kejadian politik.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang 'Konspirasi', simak ulasan berikut:

Pengertian Konspirasi Menurut Para Ahli

Arti konspirasi adalah suatu rencana yang sifatnya rahasia yang dilakukan oleh sekelompok orang tertentu dengan tujuan ilegal atau merugikan pihak-pihak tertentu. (Oxford Dictionary : 1995)

Pengertian konspirasi adalah suatu tindakan atau perencanaan yang dilakukan oleh kelompok rahasia yang bersekongkol untuk berbuat melanggar hukum atau beritikad buruk. (Yenni Salim : 2002)

Definisi konspirasi adalah suatu tindakan rahasia yang sangat terencana untuk melakukan suatu tindakan yang ilegal atau salah. (Robbert O. Zelency : 1987)

Pengertian konspirasi politik adalah suatu rencana rahasia yang dijalankan oleh sekelompok orang yang sudah kongkalikong atau berkomplot untuk melakukan sesuatu yang merugikan dan berbahaya dalam hal politik. Contohnya konspirasi untuk menjatuhkan lawan politik atau konspirasi menjatuhkan nama baik dari kader partai politik tertentu, dan sebagainya.

Sebagai manusia sudah seharusnya tolong-menolong dalam kebaikan. Akan tetapi ada saja orang-orang yang justru tolong-menolong, berkomplot, atau bersekongkol dalam melakukan kejahatan. Persekongkolan sekelompok orang dalam merencanakan sebuah kejahatan yang dilakukan dengan rapi dan sangat dirahasiakan disebut juga dengan konspirasi.

Konspirasi dapat terjadi mulai dari tingkat paling bawah seperti lingkungan desa sampai pada tatanan yang lebih luas seperti negara dan dunia. Pelaku konspirasi disebut dengan istilah konspirator.

Konspirasi adalah bentuk persekongkolan dan dilakukan sangat rapi dan tersembunyi sehingga biasanya sangat sulit untuk membuktikannya. Orang-orang hanya bisa menebak atau menduga apa yang mungkin terjadi. Karena itu muncul istilah teori konspirasi.

Pengertian teori konspirasi adalah teori yang berusaha menjelaskan rencana-rencana atau fakta kejahatan yang sebenarnya dibalik sebuah peristiwa. Ini hanya akan menjadi teori selama belum bisa dibuktikan. Jika dapat dibuktikan, maka teori konspirasi ini baru dapat dikatakan sebagai kebenaran.

Ada begitu banyak contoh teori konspirasi yang muncul berkaitan dengan peristiwa-peristiwa di dunia, mulai dari teori bahwa pendaratan manusia di bulan hanya karangan Amerika sampai teori bahwa peristiwa runtuhnya gedung WTC pada tanggal 11 September bukanlah karena serangan pesawat akan tetapi diruntuhkan dari dalam. Sebagian teori ada yang dapat dibuktikan kebenarannya sehingga membuka mata dunia tentang apa yang sebenarnya terjadi. Namun masih banyak juga yang menjadi misteri hingga hari ini.

Itulah penjelasan mengenai 'Konspirasi'. Semoga kalian dapat memahami istilah tersebut dan bisa melihat hal itu disekitar kalian. (Jod/Flz)  

Komentar :