Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan

lifestyle | 10 April, 2018 20:47 WIB , Oleh Fildzah Adra Arifah

Mengurangi Nafsu Makan. Foto : Doknet/Ilustrasi

WOWChannelz.com -  Nafsu makan sebenarnya adalah persepsi atau sinyal yang diterima otak dari indera ketika melihat makanan atau minuman yang kemudian didukung dengan sinyal ‘lapar’ dari dalam tubuh, jika lambung sedang kosong. Bagi sebagian orang yang memiliki berat badan berlebih biasanya menghilangkan nafsu makan adalah salah satu cara yang sering dilakukan agar terhindar dari kegemukan atau obesitas.

Berikut ini, WOWChannelz akan memberikan beberapa rekomendasi untuk menghilangkan nafsu makan Anda yang berlebihan.


1. Komitmen dan Bulatkan Tekad

Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan
Komitmen dan Bulatkan Tekad. Foto : Doknet/Ilustrasi

Anda perlu menyadarkan otak sendiri. Jangan mau dibius oleh situasi melainkan kendalikan itu seutuhnya. Buatlah motivasi sendiri lalu ambil komitmen untuk mulai mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan dan cemilan secara berlebihan. Mungkin anda mengidolakan seseorang maka jadikanlah itu sebagai penyemangat yang semakin membulatkan tekad anda untuk menguasai hawa nafsu di bidang ini.

2. Porsi yang Pas untuk Setiap Waktu Makan

Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan
Porsi yang Pas untuk setiap Waktu Makan. Foto : Doknet/Ilustrasi

Porsi yang dilihat oleh mata ketika makanan disajikan juga berpengaruh pada nafsu makan.  Sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa orang yang disajikan makanan pembuka dengan porsi kecil kemudian makanan utama dengan porsi besar, menghabiskan setidaknya 56% energi lebih rendah dibandingkan dengan orang yang disajikan makanan pembuka dan makanan utama dengan porsi yang sama besar. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kelompok penelitian pertama menyadari bahwa porsi makanan utama mereka terlalu besar, karena sebelumnya makan makanan pembuka dengan porsi kecil.

Baca juga :

3. Alihkan Perhatian

Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan
Alihkan Perhatian. Foto : Doknet/Ilustrasi

Anda bisa lakukan untuk ini untuk menghilangkan nafsu makan adalah dengan mengalihkan perhatian mu terhadap makanan karena biasanya orang yang memiliki nafsu makan yang besar rasa ingin makan dapat timbul kapanpun setiap waktu. Untuk itu jika Anda sudah merasa ingin makan sebaiknya sebainya alihkan perhatian mu dengan melakukan aktivitas lain seperti menonton televisi, bermain game, mendengarkan musik dan aktivitas lain yang bisa menghindarkan mu dari makanan.

4. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan
Konsumsi Air Putih Secukupnya. Foto : Doknet/Ilustrasi

Selain sebagai sumber mineral alami dan penangkal dehidrasi Anda juga bisa mengandalkan air putih sebagai minuman penunda rasa lapar maupun untuk menghindari makanan-makan lainnya yang dirasa menggoda untuk disantap. Mengonsumsi air putih sebelum makan juga bisa menjadi cara untuk mengurangi nafsu makan mu karena perut sudah terisi dengan air putih terlebih dulu bahkan dengan cara ini sistem pencernaan akan lebih mudah dalam memproses makanan.


5. Olahraga Secara Teratur

Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan
Olaraga Teratur. Foto : Doknet/Ilustrasi

Ini adalah salah satu kebiasaan yang harus dipelihara setiap orang. Saat anda berolahraga maka peredaran darah menjadi lancar dan racun-racun yang dihasilkan oleh tubuh yang disimpan di bawah kulit akan dikeluarkan/ dibuang bersama keringat yang keluar. Olahraga seperti ini banyak bentuknya (misalnya melakukan hobi olahraga, senam, fitnaes dan lain-lain) dan dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat ada waktu luang dari pada ngemil di depan televisi lebih baik dimanfaatkan untuk sejenak melakukan gerakan-gerakan kecil. (Jod/Flz)

Komentar :