Manfaat Luar Biasa Bila Kamu Konsumsi Madu dan Kayu Manis

lifestyle | 11 November, 2017 11:35 WIB , Oleh Ferro Maulana

Konsumsi satu sendok teh setiap hari. Foto : Dok Net

WOWchannelz.comMadu dan kayu manis bisa diumpamakan sebagai power couple yang ingin didekati oleh banyak orang. Tapi hanya sedikit saja yang berani mendekati. Keduanya tergolong sebagai obat-obatan ajaib. 

Namun, orang jarang berpikir untuk mengonsumsi keduanya. Tapi ternyata dua bahan ini mempunyai manfaat luar biasa untuk kesehatan bila dikonsumsi setiap hari. 

Baca juga :

Dilansir dari laman Boldsky, berikut beberapa manfaat mengonsumsi madu dan kayu manis setiap harinya.

Madu
Kaya antioksidan. Foto : Dok Net

Kaya Akan Antioksidan

Kandungan fenol, flavonoid, asam organik dan enzim pencernaan lebah dalam madu membuat makanan ini mempunyai sifat antioksidan yang luar biasa. Antioksidan ini mampu mengurangi resiko stroke, kanker dan penyakit yang berhubungan dengan saraf.

MaduGula putih.. Foto: Dok Net/ Ilustrasi

Lebih Baik Ketimbang Gula

Meski tidak sepenuhnya bebas dari diabetes, tapi madu setidaknya memiliki sifat yang lebih baik dibandingkan gula. Madu juga mengandung fruktosa, glukosa, dan gula yang sebagiannya dapat dicerna tubuh manusia. 

Karena itulah ia tidak seberbahaya gula. Walaupun penderita diabetes tetap harus menghindari konsumsi yang terlalu berlebihan. Jadi jika kalian ingin mengurangi asupa gula, coba ganti asupan gula dengan madu.

Madu
Membantu mengendalikan tekanan darah. Foto : Dok Net

Bantu Kendalikan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi membuat seseorang memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Karena itulah konsumsi madu secara teratur bisa memberi manfaat positif untuk tekanan darah kamu dan membantu mencegahnya menjadi terlalu tinggi atau rendah.

Madu
Mengurangi Kolestrol. Foto : Dok Net/ Ilustrasi

Madu Bisa Kurangi Kolesterol LDL

Madu diketahui sangat efektif dalam mengurangi mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, dan dapat meningkatkan kadar kolestror HDL (kolesterol sehat) dalam tubuh.

Madu
Menyembuhkan luka. Foto : Dok Net/ Ilustrasi

Bisa Sembuhkan Luka

Beberapa penelitian menyebutkan, mengoleskan madu ke luka bakar tingkat pertama dan kedua, luka dan bisul diabetes dapat mempercepat proses penyembuhan. 

Hal ini disebabkan madu merupakan agen anti mikroba alami dan karena itulah, sangat baik dalam mengobati infeksi. Selain menyembuhkan luka, madu juga dapat menjadi pelembab kulit.

Madu
Tenggorokan. Foto : Dok Net/ Ilustrasi.

Baik untuk Tenggorokan

Kandungan anti mikroba dalam madu dapat menenangkan tenggorokan dan mencegah flu, radang tenggorokan dan infeksi saluran pernafasan. 

Selain itu, madu diketahui dapat mengurangi inflamasi, dan karena itu sangat baik sekali untuk mengurangi sakit tenggorokan sekaligus mencegah batuk.

Madu
Penambah energi. Foto : Dok Net.

Penambah Energi

Orang yang sering pingsan selalu diberi glukosa begitu mereka sadar. Hal ini dikarenakan glukosa dapat secara cepat meningkatkan gula darah dan memberikan makanan yang dibutuhkan otak. 

Madu yaitu alternatif yang hebat karena mengandung fruktosa dan glukosa. Karena itulah ia akan menjadi ramuan penambah energi. Coba konsumsi satu sendok madu sebelum melakukan aktivitas berat.

Madu
Meningkatkan daya ingat. Foto : Dok Net

Tingkatkan Daya Ingat

Madu sangat kaya akan antioksidan. Dan, karena itulah ia sangat efektif dalam menyingkirkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan  dan neurodegenerasi dari dalam tubuh kamu.

Madu
Tidur yang berkualitas. Foto : Dok Net

Bantu Peroleh Tidur Berkualitas

Madu yakni gula alami serta mengandung fruktosa dan glukosa. Karena itulah mengonsumsi madu dapat menstimulasi produksi insulin dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan sekresi serotonin. 

Madu juga mengandung banyak asam amino yang merangsang produksi melatonin. Serotonin dan melatonin dibutuhkan untuk membantu seseorang memperoleh tidur yang lebih baik. (Dna/ Fmy)