Jakarta, 19 Oct 2017

Kiat Cerdas Lawan Kanker dari Tubuh Kamu!

WOWSTYLE | 12 October, 2017 17:00

Ethan Zohn (tengah). Foto: Fmy.

COMMENTS

WOWchannelz.com -  Mantan atlet dan pesepakbola profesional, serta pemenang reality show dari Amerika "Survivor", yang juga seorang survivor penyakit kanker, Ethan Zohn, hadir dalam acara yang digelar oleh Cancer Information and Support Center (CISC) untuk berbagi cerita serta memberikan support bagi para penderita kanker dalam komunitas tersebut.

Baca juga :

 Dalam presentasinya Ethan menjelaskan beberapa pengobatan yang pernah ditempuhnya, serta berbagai cara agar para penderita dapat berhasil melawan penyakit kankernya. Mantan pesepak bola profesional ini, bahkan membagikan beberapa tips agar para penderita dapat menjalani perawatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kanker
Menjalani pola hidup sehat. Foto: Dok Net.

Jalani Pola Hidup Sehat

Menurut Ethan, meskipun hingga sekarang masih belum diketahui apa penyebab kanker, para penderita maupun non penderita tidak perlu terlalu memikirkan hal tersebut. Dan, tetap menjaga serta menjalani pola hidup yang sehat. 

"Sejujurnya saya sendiri juga tidak tahu, bahkan dokter pun masih tidak tahu penyebab kanker, saya seorang atlet dan telah berpuluh tahun menjalani gaya hidup sehat, tidak merokok dan lain-lain, namun tetap dapat terkena kanker, jadi sangat misterius," kata Ethan kepada Wowchannelz, di Jakarta, Rabu (12/10/2017).

Meski begitu, Ethan berpendapat bahwa wajib menerapkan pola hidup yang sehat semasa perawatan atau pengobatan berlangsung untuk menunjang keberhasilan pengobatan. Untuk non-penderita pola hidup sehat ini tetap harus diterapkan karena setidaknya dapat meminimalisir kemungkinan terkena penyakit berbahaya tersebut. 

olahraga kanker
Berolahraga. Foto: Dok Net.

Olahraga

Sekali lagi meski tidak ada jaminan bahwa orang yang berolahraga secara teratur, tidak akan terkena kanker. Tapi menurut penuturan yang diungkapkan Ethan, olahraga yang dilakukan oleh para penderita kanker, setidaknya mampu membantu mengurangi rasa sakit hingga 25 persen, serta meningkatkan kemungkinan sembuh sampai 50 persen, dan mengurangi kemungkinan penyakit kanker itu untuk kambuh lagi sampai 50 persen. 

Jadi saat menjalani perawatan, akan lebih baik jika penderita melakukan olahraga ringan, untuk memperkuat tubuh. Karena semakin kuat, semakin sedikit komplikasi dan penundaan dalam perawatan yang dapat terjadi, sehingga bisa menyelesaikan pengobatan sesuai jadwal. 

periksa kanker
Pemeriksaan kesehatan. Foto: Dok Net.

Lakukan Pemeriksaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sampai sekarang penyebab utama kanker masih belum diketahui. Tindakan pencegahan pun memang ada namun tetap tidak menjamin seseorang itu tidak akan terkena kanker. 

Oleh karena itu Ethan menegaskan agar paling tidak orang-orang secara rutin memeriksakan diri, sehingga jika memang terdeteksi adanya kanker, dapat diketahui secara awal. Sehingga pengobatan dan kesempatan untuk pulih pun jauh lebih besar. 

informasi kanker
Mencari informasi kesehatan. Foto: Dok Net/ Ilustrasi.

Cari Informasi Yang Benar

Meski menegaskan bahwa banyak informasi yang beredar di internet itu tidak benar, namun Ethan tidak melarang orang untuk mencari tahu berbagai hal tentang kanker di internet. 

Ia hanya mengingatkan orang-orang agar memilah-milah informasi yang didapat, serta mencari tahu di situs-situs yang memang terpercaya dan memang terkenal. Namun akan lebih baik lagi jika mencari informasi secara langsung ke para ahlinya, sehingga info yang didapat lebih akurat.

Komunitas kanker
Komunitas kanker. Foto: Dok Net/ Ilustrasi.

Bergabung Dalam Komunitas 

Sebagai seorang survivor kanker yang banyak berbicara di banyak acara, Ethan mengungkapkan pentingnya bergabung dalam komunitas bagi para penderita kanker. 

Karena selain dapat saling bertukar cerita dan informasi seputar perawatan dan pengobatan kanker. Dengan bergabung dalam satu wadah komunitas tertentu, seseorang dapat memberi support bagi satu sama lain. (Dna/ Fmy).


Related Post