Kata Ahli: Tiga Efeknya Saat Kamu Jomblo di Hari Valentine

WOWSTYLE | 14 February, 2018 20:32 WIB

Jomblo. Foto : Doknet/Ilustrasi

WOWchannelz.com - Hari ini tepat tanggal 14 Februari, hari kasih sayang atau Valentine's Day tiba. Biasanya hari Valentine adalah hari yang menggembirakan bagi yang mungkin punya pasangan. Tapi gimana kalau kamu seorang Jomblo?

Bagi para jomblo, mungkin hari Valentine adalah hari yang ‘ngenes’. Enggak punya pacar, mau Valentine sama siapa? Tapi, taukah kamu, enggak ada salahnya masih jomblo di hari Valentine.

Jadi jomblo itu lebih punya manfaat yang lebih lhoo… Itulah yang diungkapkan oleh seorang seorang psikolog di University of California Santa Barbara bernama Bella DePaulo.

Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube, Bella DePaulo menjelaskan bahwa punya pasangan itu belum tentu bikin seseorang bahagia. Baca nih penjelasannya..

1.Punya Banyak Teman

Jomblo
Jomblo di Valentine, akan punya banyak teman. Foto : Doknet/ Ilustrasi

DePaulo menjelaskan bahwa banyak orang percaya kalau punya pasangan membuat orang bahagia. Tapi menurutnya, enggak juga. DePaulo menyebut bahwa jomblo biasanya punya teman lebih banyak.

Tahun 2015 lalu, hal ini pernah dibahas pada penelitian. Di penelitian tersebut, Jomblo cenderung lebih sering bisa berinteraksi, dengan saudara, tetangga, dan hangout bareng teman mereka.

Baca juga :

"Menjadi jomblo meningkatkan hubungan sosial baik bagi wanita maupun pria," dilansir dari Business Insider.

Beberapa penelitian lain menyebut bahwa kunci utama untuk menua lebih baik dan lebih bahagia adalah punya teman atau sahabat.

Artinya, jomblo juga bisa bahagia, bahkan lebih bahagia. Jangan sedih wahai Mbak Wow atau Mas Wow yang jomblo.

2.Lebih Sehat

Jomblo
Efeknya akan lebih sehat untuk Mas Wow dan Mba Wow. Foto : Doknet/Ilustrasi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh William Chopik menemukan bahwa sebuah persahabatan jadi unsur penting seiring  bertambahnya usia. Asisten profesor psikologi di Michigan State University itu menemukan fakta bahwa persahabatan adalah alat prediksi yang lebih baik untuk kesehatan dan kebahagiaan daripada hubungan keluarga.

"Menjaga pertemanan yang benar-benar baik dengan beberapa orang di sekitar bisa membuat dunia terasa berbeda dalam kesehatan dan kebahagiaan," ujar Chopik.

"Jadi, sangat baik menjaga hubungan persahabatan untuk membuat Anda lebih bahagia," imbuhnya.

3.Enggak Kesepian

Jomblo
Mas Wow dan Mba Wow yang jomblo di Hari Valentine nggak akan kesepian. Foto : Doknet/Ilustrasi

Jomblo biasannya merasa sepi sendiri, seperti yang dijelaskan diatas, kamu yang jomblo itu sebenarnya lebih punya banyak teman lhoo..

Tapi memang, enggak semua jomblo yang merasa punya banyak teman. Ada juga yang tetap merasa kesepian alias punya waktu menyendiri. Menurut beberapa penelitian, kesendirian punya manfaat pada rasa kebebasan dan tingkat kreativitas kamu lebih tinggi.

Siapa bilang punya waktu sendiri tidak produktif? Waktu sendiri itu juga bisa membantu seseorang lebih produktif kok kata seorang ahli psikoterapi bernama Amy Morin.

 "Waktu sendiri tak harus kesepian," ungkap Morin.

"Itu bisa menjadi kunci untuk mengenal diri sendiri lebih baik," lanjutnya.

Nah, dari penelitian-penelitian tersebut, DePaulo berkata : “Jadi jomblo enggak selalu buruk!”

Gimana Mbak Wow dan Mas Wow, setuju kah? Atau masih merasa ‘Ngenes’ jadi jomblo? (Drd/Gig)


Related Post