Jalan-jalan Ke Kota Tegal yang Instagrammable

lifestyle | 5 September, 2018 19:05 WIB , Oleh Josepus Orias Dias

Fo

WOWChannelz.com -  Jika mendengar nama Tegal, pasti yang terbayangkan adalah  warung makannya. Kota yang terletak di pesisir Utara pulau Jawa ini ternyata terkenal bukan hanya warung makannya saja tetapi banyak hal lain yang belum diketahui secara luas.

Salah satunya adalah destinasi wisata yang ada di kota Tegal yang tak kalah keren dan seru dengan kota-kota di pulau lainnya.

Berjarak sekitar 290 km dari Jakarta, kota Tegal menawarkan wisata pinggir pantai yang seru untuk dikunjungi atau kita ingin menyaksikan kerennya pemandangan di perut bumi dan menikmati pemandangan di dataran tinggi yang ajaib semuanya ada di sini. Apabila ingin merasakan pijatan di bawah cucuran air terjun, semuanya bisa ditemukan di daerah Tegal dan sekitarnya, Brebes misalnya.

Untuk sampai ke tempat wisata tersebut banyak pilihan alternatif untuk sampai ke kota ini. Hampir semua model transportasi bisa digunakan untuk sampai ke kota yang dikenal dengan bahasa ngapaknya itu. Apalagi jika anda membawa kendaraaan pribadi, pastinya bisa banget untuk mencapai beberapa destinasi wisata yang ada di kota Tegal.

Mari kita mengenal beberapa destinasi menarik di kota Tegal


Goa Lawa

Tegal
Bukit Goa Lawa. Foto : Doknet

Melipir ke daerah wisata yang berbau alam dan petualangan, di sinilah tempatnya. Berlokasi di wilayah Balapulang, Anda bisa melihat beberapa sudut lokasi wisata lewat pengambilan gambar dari sudut pandang tertentu.  Pemandangan yang eksotik alam tegal yang ditawarkan di sini. Tempat yang paling ekstrim adalah tumpukan batu yang tersusun rapi secara alami. Puncaknya yang menjulang tinggipun tak kalah menariknya untuk didaki. Ada juga spot bagus di sisi tebing, yang membuat terlihat jauh lebih luar biasa dalam tangkapan kamera, terutama di bagian Goa Lawa a.k.a Gua kelelawar. Namun tetap berhati-hati dan selalu waspada jika datang hujan, diperlukan kewaspadaan tinggi untuk sampai ke puncak.

 

Air Terjun eksotis

Tegal
Foto : Doknet

Setiap curug atau air terjun pasti memiliki cerita dan mitosnya sendiri dan terbilang unik. Oleh karena itu, menjelajahi keindahan, kita dapat mengetahui setiap cerita di balik derasnya cucuran ait.  Dari belasan curug yang tersebar di wilayah Tegal dan Brebes, tiga di bawah  ini memiliki keindahan, cerita dan keunikan yang tak boleh dilewatkan, seperti cucuran air surge di curug Bentar, menyesapi kemurnian dan keasrian Curug Putri, dan Mitos asmara di Curug Cantel.

Kalibaya Park, Brebes

Tegal
kalibaya. Foto : Doknet

KAwasan Lio Rimba Taya atau yang dikenal dengan sebutan kalibaya, pemandangan dan keseruan ditawarkan di sini. Berbagai wahana bisa didapatkan di sini, mulai dari wahana outbound, gardu pandang, ATV hingga ayunan nan ekstrim.


Tapi, bagi para Instagrammers, yang paling menyita perhatian tentunya adalah Gardu Pandang yang jumlahnya tidak sedikit dan bentuknya yang unik menjurus menegangkan.

Ada gardu pandang dengan background Waduk Malahayu dan perbukitan di sekitarnya yang keren abis! Ada pula rumah pohon yang eksentrik. Tapi pastinya, jangan sampai melewatkan kesempatan berayun di ayunan nan ekstrem.

Menjajal wahana outbound juga menjadi sesuatu yang harus Anda coba.

Baca juga :


Bukit Batu Dengan Motif Unik: Wadas Kelir, Tegal

Spot-spot yang instagrammable akan selalu diburu, di mana pun itu letaknya. Termasuk yang ada di Wadas Kelir, Dukuhjati Kidul, Tegal. Kini bukit dengan bentuk tidak biasa itu menjadi buruan para Instagrammer.

Tempat ini sebelumnya merupakan tempat penggalian pasir, namun kini secara tidak berubah fungsi menjadi background keren untuk berfoto bagi kalangan muda.


Ranto Canyon, Brebes

Ingin menggenjot adrenalin Anda di Tegal dan Brebes? Menjajal jeram di Ranto Canyon bisa menjadi piilihan.

Ranto Canyon memiliki jalur tak lebih dari satu kilometer, namun sensasi yang ditawarkan sangat menantang. Di tengah trek, Anda akan mendapati air terjun yang deras dan menakjubkan.

Bentang alam ini, yang memiliki nama lokal Leuwih Ranto, merupakan sungai yang diapit oleh dinding tebing setinggi belasan meter. Di sini Anda bisa menikmati suasana sungai, berenang, bahkan cliff diving dan body rafting.

Meski treknya terbilang pendek, sensasi yang ditawarkan sangat menantang. Bahkan perjalanan awal sebelum berkelana di Ranto Canyon juga memacu adrenalin.

Sensasi Raja Ampat: Dadablangan Malahayu, Brebes

Dadablangan merupakan tempat wisata yang relatif baru di Brebes. Masyarakat di Malahayu sendiri yang sengaja menciptakan spot wisata dengan pemandangan alam menjadi andalan utamanya.

Dari puncak bukit Dadablangan, Anda bisa menyaksikan Waduk Malahayu dari kejauhan. Dengan sejumlah bukit menjadi background, kesannya seperti berada di Raja Ampat, Papua.

Beberapa gardu pandang yang terbuat dari bambu dan beratapkan jerami sengaja dibangun agar Anda bisa menikmati panorama pepohonan hijau, perbukitan, serta waduk tanpa terhalang.

Beberapa spot juga menjadi tempat yang bagus untuk Anda bisa mengabadikan diri lewat swafoto. Dijamin pemandangan dan atmosfer yang ditawarkan akan memberikan kesan tersendiri yang tak akan bisa Anda dapatkan di tempat lain. Tempat yang sangat pas untuk bersantai menikmati angina sepoi-sepoi dan panorama spektakuler.


Menikmati pemandangan dari dataran tinggi


Bagi yang suka sensasi menikmati pemandangan dari ketinggian. Di Tegal ada pemandangan alam yang tak kalah istimewanya dengan kota lain, menikmatinya dari tempat tinggi menjadi pilihan yang wajib diambil.

Setidaknya ada dua dataran tinggi yang pas untuk bisa menikmati pemandangan yang luar biasa di Tegal dan Brebes, dan melewatkannya adalah hal yang merugikan.


1.  Bukit Panenjoan, Brebes


Seberapa sering Anda bisa melihat pemandangan dari atas awan? Di Bukit Panenjoan, jika beruntung, Anda bisa mendapatkan kesempatan itu.

Yang menarik adalah fasilitas yang disediakan untuk bisa menikmati semua itu.Ada gardu pandang dari kayu, yang menjadikan kegiatan swafoto menghasilkan view yang sangat menarik. Juga ada kesempatan menyaksikan sunrise yang luar biasa, plus hamparan awan (atau mungkin kabut), yang menyelimuti alam di bawahnya.

Sensasinya? Tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Lansekap perbukitan nan hijau menjadikan pengalaman yang ditawarkan di Bukit Panenjoan sulit untuk disaingi tempat lainnya di wilayah Tegal dan sekitarnya.

Tak sekadar menyaksikan alam perbukitan, Anda juga bisa menjelajahi hutan pinus, bersantai di sejumlah tempat yang memang disediakan oleh warga setempat untuk menikmati hari.


2.  ‘Baper’ di Bukit Baper Bumijawa, Brebes


Masih tak percaya Tegal memiliki pemandangan yang luar biasa? Ingin membuktikan pemandangan yang luar biasa, silakan langsung merapat ke Bukit Baper yang uniknya justru terletak di wilayah Brebes. Tapi ingat ya, jangan sampai baper (terbawa perasaan)!/Yulia

Komentar :