International Woman's Day : 10 Tokoh Wanita Yang Menginspirasi

lifestyle | 8 March, 2018 21:10 WIB , Oleh Dinie Rosiana Dewi

Wanita Inspiratif. Foto : Doknet

WOWchannelz.com -  Memperingati International Woman's Day atau Hari Perempuan Internasional setiap tanggal 8 Maret, menjadi bentuk dari penghormatan dunia kepada kaum wanita. Karena, dulu wanita selalu dipandang lemah dan tidak bisa lebih sukses dari pria sedangkan sekarang wanita mampu berjuang keras dan mewujudkan impiannya.

International Woman's day sendiri merupakan hari global yang merayakan prestasi sosial, ekonomi, budaya dan politik perempuan. Hari ini juga sebagai ajakan untuk memperjuangkan hak asasi manusia, yaitu kesetaraan untuk perempuan.

Berikut adalah 10 wanita inspiratif dari berbagai dunia yang menginspirasi untuk tidak mudah menyerah meraih cita-cita menjadi sukses.

1.Sri Mulyani

International Woman's Day : 10 Tokoh Wanita Yang Menginspirasi
Sri Mulyani. foto : Doknet

“Begitu banyak penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa wanita adalah yang paling rentan tetapi juga kekuatan terbesar untuk kemajuan ekonomi.” - Sri Mulyani

Sri Mulyani adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Berkat kecerdasannya, Sri Mulyani menerima tawaran sekolah dari University of Illinois Urbana-Champaign di Amerika Serikat sekaligus program S3. Selama masa karirnya, Sri Mulyani mendapat penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia pada tahun 2006 oleh Emerging Markets dan menjadi wanita paling berpengaruh di dunia nomor 23 versi Majalah Forbes tahun 2008.

2.Michelle Obama

International Woman's Day : 10 Tokoh Wanita Yang Menginspirasi
Michelle Obama. foto : Doknet

“You don't have to be somebody different to be important. You're important in your own right.” - Michelle Obama

Michelle Obama merupakan Ibu Negara Amerika Serikat dari tahun 2009 hingga 2017 yang menjadi Ibu Negara berkulit hitam pertama di AS dan telah memberikan banyak kontribusi positif untuk berbagai bidang seperti, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kemanusiaan. Michelle telah membuktikan kepada semua orang bahwa menjadi Ibu Negara tidaklah hanya menjadi pendamping presiden tetapi bisa ikut memberikan perubahan yang positif untuk negara.

Sebelum menjadi seorang tokoh inspiratif, Michelle Obama dulu sering mengalami diskriminasi karena kulit hitamnya. Ia mengaku dulu banyak yang tidak percaya terhadap kemampuannya berkuliah di perguruan tinggi terbaik. Michelle pun membuktikan bisa melanjutkan pendidikan di Harvard University, sampai S2 dibidang ekonomi dan hukum, meski bukan berasal dari keluarga yang kaya.

3.Winnie Harlow

International Woman's Day : 10 Tokoh Wanita Yang Menginspirasi
Winnie Harlow. Foto : Doknet

"Banyak yang bilang saya kena kudis, kusta, apapun. Tidak ada satupun yang benar. Kini semua dunia menatap saya, pilihan saya adalah membiarkan para haters mempengaruhi saya atau saya tetap mencari uang. Dan saya lebih memilih berdiri sembari menghitung jumlah tabungan saya.” – Winnie Harlow 

Chantelle Brown-Young alias Winnie Harlow atau Chantelle Winnie adalah wanita cantik yang bercita-cita menjadi model ini memiliki penyakit vitiligo, yaitu sebuah kondisi dimana sebagian kulit kehilangan pigmen, berupa kematian sel pigmen, ataupun ketidakmampuan pigmen dalam membuat warna kulit. Ia mulai terkenal sejak mengikuti sebuah ajang pencarian bakat America’s Next Top Model.

Wanita keturunan Jamaika ini lahir pada 27 Juli 1994. Ketika lahir, ia tampak normal hingga menginjak usia empat tahun, penyakit vitiligo menyerangnya. Winnie kerap mendapatkan perlakuan diskriminatif dari ejekan dari sekelilingnya. Dia juga berusaha ikhlas menerima perbedaan pada kulitnya, yang tak sama dibanding orang pada umumnya.

Hingga suatu ketika bertemu supermodel Tyra Banks yang meminta Winnie datang ke Los Angeles guna keperluan audisi America’s Next Top Model. Ia juga direkrut oleh seorang penyanyi rap terkenal Eminem dan Sia dalam video klip duet mereka, ‘Guts Over Fear’.

4.Maudy Ayunda

International Woman's Day : 10 Tokoh Wanita Yang Menginspirasi
Maudy Ayunda. Foto :Instagranm

‘’I consider myself very lucky, and I’m eternally greatful for the life, friends, parents, family, that God has given me. Right now, I’m doing the things I love and loving every minute of it.” – Maudy Ayunda.

Aktris pemilik nama lengkap Ayunda Faza Maudya ini adalah seorang penyanyi sekaligus pemain film. Tidak hanya pintar di bidang seni, Maudy juga pintar di bidang pendidikan. Ia berhasil diterima di beberapa universitas ternama dunia, seperti Columbia University, Brown University, NYU, dan Oxford University.

Pandai memainkan alat musik gitar, piano, dan mahir berbahasa asing, Maudy juga pernah menjadi panelis Regional Meeting and Stakeholder Consultation on the Post-2015 Development Agenda di Nusa Dua, Bali, Indonesia. Maudy Ayunda tampil sebagai pembicara termuda yang membahas mengenai masalah kemiskinan dan pengurangan pengangguran di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah pimpinan dunia lainnya.

5.Malala Yousafzai

International Woman's Day : 10 Tokoh Wanita Yang Menginspirasi
Malala Yousafzai. Foto : Doknet

“Let us make our future now, and let us make our dream tomorrow’s reality.” - Malala Yousafzai

Malala Yousafzai adalah perempuan kelahiran Pakistan 12 Juli 1997, yang pernah menerima penghargaan Nobel Prize pada usia 17 tahun karena perjuangannya mendapatkan kesetaraan pendidikan di negara asalnya. Pada awalnya, tidak diperbolehkan kaum wanita untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Malala melakukan suatu gerakan untuk membela hak wanita dari sisi pendidikan. Ia membuat sebuah blog berisi hak perempuan Timur Tengah.

Usaha Malala tidaklah mulus, ia sempat di kejar oleh para kelompok taliba, Malala pernah disiksa secara fisik oleh kelompok taliba sehingga kepala dan lehernya terluka karena usahanya melakukan perjuangan untuk hak perempuan. Hal itu tidak membuatnya menyerah, ia tetap menjalankan aksi kemanusiannya, hingga ia menjadi sosok wanita yang dianggap menjadi pahlawan di negaranya dan mendapat penghargaan tertinggi di bidang kemanusiaan.

6.Halima Aden

International Woman's Day : 10 Tokoh Wanita Yang Menginspirasi
Halima Aden. Foto : Instagram

“We all need someone to go be the first, but that doesn’t mean it won’t be hard. A year ago, I couldn’t pick up a magazine and see someone wearing a hijab. All the time we’re talked about, but we’re not given the opportunities to speak for ourselvs.” – Halima Aden

Halima Aden adalah hijabers pertama yang mengikuti kontes kecantikan di Amerika Serikat. Dulu menjadi perempuan yang berhijab di negara yang minoritas Islam seperti USA, kerap dituding sebagai teroris dan bahkan mendapatkan diskriminasi.

Anggapan tersebut mulai memudar berkat prestasi-prestasi yang datang lewat perempuan berhijab yang berbakat, salah satunya adalah Halima Aden. Melalui ajang Miss Minnesota USA, ia ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kontes tersebut tidak hanya tentang kecantikan tapi juga rasa percaya diri.

7.Dian Pelangi

International Woman's Day : 10 Tokoh Wanita Yang Menginspirasi
Dian Pelangi. Foto : Instagram

“Celebrate the real you. The one who original. The one who showing a true colors. The one who own a personality. The inspiration for everyone. Be an inspiration, not an imitation.” – Dian Pelangi

Sosok wanita yang banyak menginspirasi para wanita Indonesia terutama para pemakai hijab. Dian Pelangi bergerak dalam bidang fashion yang mengangkat nama Indonesia dalam bidang fashion khususnya untuk wanita muslim.

Tidak hanya memperlihatkan hasil karyanya di Indonesia, Dian Pelangi pun melakukan pagelaran busana muslimnya secara Internasional di beberapa negara. Sosok Dian Pelangi menjadi inspirasi wanita muslim di seluruh dunia dengan menunjukkan bahwa busana muslim tetap terlihat cantik dan modis walau tertutup.

8.Nurhayati Subakat

International Woman's Day : 10 Tokoh Wanita Yang Menginspirasi
Nurhayati Subakat. Foto : Doknet

“Jika kamu menginginkan sesuatu, maka alam semesta akan berkonspirasi untuk menolongmu.” – Nurhayati Subakat

Nurhayati Subakat, salah satu wanita sukses yang memulai karirnya dalam produk kosmetik halal yang bisa dipakai oleh semua wanita muslim tanpa perlu merasa khawatir. Berkat ketekunan dan kepintarannya dalam membaca pasar, bisnisnya semakin maju hingga akhirnya mendirikan PT. Pusaka Tradisi Ibu yang kita kenal sekarang dengan sebutan PT. Paragon Technology Innovation.

Pada perjalanan karirnya tidak selalu berjalan mulus, ia sempat disebut menjual agama lewat kosmetik halalnya dan pernah dililit hutang karena pabriknya sempat kebakaran. Namun hal tersebut tidak menghentikan perjuangannya, hingga sekarang membuahkan hasil. Saat ini masyarakat Indonesia bahkan dunia mulai menyadari pentingnya memakai kosmetik halal.

9.Tavi Gevinson

International Woman's Day : 10 Tokoh Wanita Yang Menginspirasi
Tavi Gevinson. Foto : Doknet

 “What makes a strong female character is a character who has weakness, who has flaws, who is not maybe immediately likeable, but eventually relatable.” - Tavi Gevinson

Tavi Gevinson adalah perempuan kelahiran 21 April 1996 yang memanfaatkan internet sebagai media utama untuk berbagi inspirasi dalam bidang fashion. Saat berusia 12 tahun, ia telah membuat sebuah blog fashion yang menjadi salah satu blog terfavorit di Amerika, yaitu http://www.thestylerookie.com./

Sukses menjadi blogger, Gevinson melebarkan karirnya menjadi seorang penulis dan editor di majalah fashion ternama Rookie Magazine, di usianya yang terbilang masih sangat muda yaitu 21 tahun.

Tidak hanya menjadi penulis dan editor, ia juga terjun ke dunia akting dan telah membintangi beberapa judul film. Dalam bidang kemanusian, Gevinson terkenal menjadi salah satu anggota forum diskusi dan mendukung gerakan feminism (kelompook pendukung kesetaraan perempuan) dan menjadi sosok inspirasi bagi wanita seumurnya untuk meraih kesuksesan.

10.Priyanka Chopra

International Woman's Day : 10 Tokoh Wanita Yang Menginspirasi
Priyanka Chopra. Foto : Doknet

"Ï'm inspired by creative people because they add the color and the emotions to our lives." - Priyanka Chopra

Wanita kelahiran 18 Juli 1982 di India adalah seorang aktris Bollywood yang terkenal sejak mendapat gelar Miss World pada tahun 2000. Priyanka Chopra mulai membintangi film dan menerima banyak penghargaan.

Majalah Time menyebutkan Priyanka Chopra sebagai salah satu dari "100 orang paling berpengaruh di dunia". Priyanka juga aktif dalam kegiatan sosial dan memiliki 'The Priyanka Chopra Foundation for Health and Education'.

Itulah 10 wanita yang dapat menginspirasi dalam berkarya dan meraih kesuksesan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Semua perempuan bisa meraih kesusksesan asal ada niat dan kemauan yang kuat. (Flz/Drd)

Komentar :