Ini Saran Dr Vito Damay Buat Kamu Pecinta Kopi

lifestyle | 30 September, 2018 08:12 WIB , Oleh Yulia Dewi

Foto: Doknet

WOWChannelz.com -  Saat ini kopi selalu menjadi sajian favorit bagi siapapun, tidak tua dan muda kopi selalu setia menemani disaat kumpul bersama keluarga maupun teman. Apalagi bagi pecinta kopi, secangkir kopi rasanya pasti sungguh nikmat. Namun kadang kala asupan kafein menjadi salah satu penyebab penyakit jantung karena dapat menyebabkan kinerja jantung menjadi terbebani.


Menurut dokter tampan dr. Vito Damay SpJP(K), M.Kes FIHA FICA, kopi tidak secara langsung menggaggu kesehatan. Justru dalam takaran tertentu kopi malah baik dikonsumsi untuk menangkal suatu penyakit. 


Ditemui di acara peluncuran bukunya yang berjudul “Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung”, Jumat (28/9/2018), dokter muda ahli spesialis jantung ini mengatakan kopi memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh dan sama sekali tidak mempunyai masalah apapun.


Menurut dr Vito, yang menjadi masalah adalah 'teman-teman' kopi yakni creamer dan gula. Seringkali, mereka ditambahkan untuk memberikan citarasa tertentu dan jika berlebihan maka bisa memmicu penyakit jantung dan kolesterol.

dr Vito
Dr. Vio dalam acara peluncuran bukunya di Lippo Supermall Karawaci (Foto: Ist)

Soal takaran maksimal, dr Vito menyarankan untuk tidak lebih dari dua cangkir sehari. Menurutnya, itu adalah takaran ideal agar tidak kelebihan kafein.


"Maksimal dua gelas dalam sehari, itu juga cangkir yang ukuran biasa yah, bukan cangkir opa-opa yang besar banget," pesannya.

Nah, buat kamu yang mempunyai hobby minum kopi, sebaiknya ikuti saran dari dokter yang dikenal dalam acara Dokter OZ Indonesia dan acara serupa “Ayo Hidup Sehat” ini. Asal sesuai dengan takaran dan juga jangan terlalu berlebihan.

Baca juga :

Menangkal Berita Hoax mengenai Penyakit Jantung

Dalam peluncuran bukunya, Dr. Vito juga membahas mengenai berita hoax yang beredar di masyarakat tentang penyakit jantung.

“Buku ini saya luncurkan terkait menjawab banyaknya mitos atau kabar hoax yang beredar di masyarakat terkait penyakit jantung dan yang lainnya yang sebenarnya sangat membahayakan,” kata dr. Vito Anggarino Damay.

dr Vito
Dr Vito Peluncuran Buku Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung (foto: Ist)

Menurut Dr Vito, buku ini dipersembahkannya kepada semua orang terutama bagi para pasien jantung dan masyarakat umumnya sehingga banyak orang menjadi paham dan bisa terhindar dari serangan penyakit jantung.


Buku ini cocok untuk dibaca semua kalangan, bahasanya ringan dan saya tulis seperti sedang mengobrol dengan pasien sehingga pembacanya dapat dengan mudah paham dan mengerti isinya”,  tambahnya.


Seperti diketahui, di Indonesia penyakit jantung dan stroke termasuk dalam 10 besar masalah kesehatan yang menempatui peringkat tertinggi.

Penyebab dari penyakit ini sebenarnya dapat dicegah kalau kita paham dan mengetahui cara pencegahannya, gaya hidup merupakan kunci untuk terhindar dari serangan penyakit yang mematikan itu”, ungkap dokter muda yang enerjik ini.

Penyakit jantung dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup penderitanya, yang disebabkan oleh berkurangnya kerja jantung sehingga membuat penderita terbatas aktivitasnya.

“Dampak penyakit jantung dan stroke dapat menurunkan produktivitas. Penyebab dari penyakit ini sebetulnya dapat dicegah kalau kita paham dan mengetahui cara pencegahannya. Gaya hidup merupakan kunci untuk terhindar dari serangan jantung yang mematikan,” tandasnya. /Yulia

Komentar :