Ingin Merasa Lebih Tenang di Pagi Hari? Ini Tipsnya

lifestyle | 4 August, 2018 08:00 WIB , Oleh Josepus Orias Dias

Unsplash/ilustrasi

WOWChannelz.com -  Jika Anda adalah tipe orang yang mudah cemas, pagi hari merupakan waktu yang cukup sulit. Banyak orang yang mengawali waktu pagi mereka dengan rasa cemas dan takut. Dan, penyebabnya bisa sangat beragam. Untuk mengurangi rasa cemas berlebih di pagi hari dan merasa lebih tenang, Anda bisa ikuti lima tips berikut ini.


1. Perhatikan Kebiasaan Tidur Anda

Rasa cemas dan tidak nyaman di tubuh bisa disebabkan oleh pola tidur yang buruk atau insomnia. Beberapa gangguan kesehatan seperti konsentrasi yang buruk, energi yang berkurang, dan masalah daya ingat bisa muncul di pagi hari ketika Anda tidak mendapatkan kebiasaan tidur yang baik.

2. Kenali Pemicu Stres Anda

Setiap rasa stres atau tertekan yang Anda rasakan pastilah ada penyebabnya. Apakah itu bunyi alarm yang sangat mengganggu? Atau mungkin karena Anda sering terburu-buru di pagi hari untuk berangkat bekerja? Kenali pemicu stres Anda di pagi hari dan cari solusinya setidaknya malam sebelum Anda tidur.

Baca juga :

3. Lakukan Olahraga yang Menenangkan

Luangkan waktu 10 hingga 15 menit untuk melakukan olahraga. Dengan meluangkan waktu 10 hingga 15 menit saja, Anda sudah bisa merasakan manfaatnya sepanjang hari. Beberapa olahraga yang bisa membuat Anda merasa lebih tenang di pagi hari antara lain latihan pernapasan, meditasi, dan peregangan otot.

4. Dengungkan Kalimat Positif kepada Diri Anda Sendiri

Jika Anda seringkali berhadapan dengan rasa cemas di pagi hari, sangat mungkin Anda akan mendengar kata-kata negatif dalam diri Anda. Dan, untuk mengatasinya, Anda harus bisa menciptakan kata-kata yang positif. Misalnya seperti ini, "Ya, saya merasa cemas di pagi hari, tetapi saya sudah pernah merasakan hal ini sebelumnya dan mampu mengatasinya. Saya juga masih bisa menggunakan teknik relaksasi atau menenangkan diri untuk mengatasi rasa cemas ini. Yang mengontrol diri saya adalah diri saya sendiri."


5. Lebih Cermat Lagi dalam Memilih Makanan yang Anda Konsumsi

Beberapa bahan makanan tertentu bisa meningkatkan rasa cemas atau panik Anda. Jadi agar Anda bisa mengurangi rasa cemas Anda, Anda harus menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula. Makanan yang mengandung terlalu banyak gula bisa membuat gula darah Anda turun secepat gula darah Anda naik. Penurunan gula darah ini bisa membuat kecemasan Anda meningkat. Sebagai solusinya konsumsilah makanan sehat yang kaya protein atau mengandung karbohidrat kompleks seperti sayuran dan buah-buahan.


Jika Anda hampir setiap hari mengalami kecemasan atau rasa takut di pagi hari, segeralah hubungi dokter. Dengan bantuan dokter, Anda bisa menghilangkan rasa cemas berlebih atau rasa tegang di pagi hari dengan cara yang tepat dan benar-benar sesuai dengan Anda. ( Jod/Jod )


Source From : https://www.vemale.com/segar-dan-rileks/66742-5-tips-merasa-lebih-tenang-di-pagi-hari.html

Komentar :