Berbagai Cara Mengatasi Depresi Saat Berpuasa

lifestyle | 7 June, 2018 14:37 WIB , Oleh Fildzah Adra Arifah

Depresi Bulan Puasa. Foto : Doknet/Ilustrasi

WOWChannelz.com -  Anda harus melakukan berbagai cara mengatasi depresi saat puasa, supaya ibadah yang Anda jalani lancar. Pasalnya, gejala depresi yang dibiarkan dan tidak dikelola dengan baik bisa menghambat aktivitas Anda sehari-hari saat berpuasa.

Depresi adalah gangguan mental yang berdampak buruk pada suasana hati, perasaan, stamina, selera makan, pola tidur, dan tingkat konsentrasi penderitanya. Jadi mengendalikan gejala depresi saat puasa sangat penting untuk menjaga ibadah Anda tetap berjalan dengan baik.

Ada beberapa cara mengatasi depresi saat puasa,


1. Menjaga Pola Tidur

Berbagai Cara Mengatasi Depresi Saat Berpuasa
Menjaga Pola Tidur. Foto : Doknet/Ilustrasi

Orang yang memiliki depresi biasanya punya waktu tidur yang berantakan. Tidur larut malam bahkan saat ayam berkokok sudah bukan hal aneh bagi orang yang mengalami depresi.

Namun, kondisi ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja saat bulan puasa. Pasalnya, saat puasa Anda perlu tidur lebih cepat untuk dapat bangun lebih pagi. Keteraturan jam tidur menjadi sebuah kewajiban saat bulan puasa.

Untuk itu, meskipun sulit Anda bisa mencobanya dengan pergi tidur lebih cepat dibandingkan jam biasanya. Sebelum tidur Anda bisa melakukan berbagai ritual untuk membantu tidur lebih nyenyak seperti bermeditasi dan mandi air hangat.

Baca juga :

2. Olahraga Rutin

Berbagai Cara Mengatasi Depresi Saat Berpuasa
Olahraga Rutin. Foto : Doknet/Ilustrasi

Olahraga secara teratur di bulan puasa bisa menjadi cara mengatasi depresi saat puasa yang cukup efektif. Dikutip dari Prevention, aktivitas fisik dapat meningkatkan suasana hati dengan mengeluarkan berbagai hormon bahagia.

Hormon endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan dikeluarkan oleh tubuh dalam jumlah banyak saat Anda berolahraga yang mampu membuat Anda merasa lebih bahagia dan mengurangi rasa sakit.  

3. Rutin Minum Obat

Berbagai Cara Mengatasi Depresi Saat Berpuasa
Minum Obat. Foto : Doknet/Ilustrasi

Meminum obat secara rutin dapat membantu mengendalikan gejala depresi. Biasanya dokter akan meresepkan beberapa obat yang mambantu mangatur suasana hati Anda.

Konsultasikan ke dokter mengenai dosis obat yang sebaiknya dikonsumsi saat bulan puasa dan kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya. Patuhi aturan minum obat yang diresepkan dokter untuk mencegah kekambuhan dan keparahan gejala.

Jangan pernah berhenti minum obat depresi tanpa seizin dokter. Pasalnya, jika berhenti tiba-tiba Anda bisa mengalami berbagai efek samping dan membuat depresi jadi lebih buruk.


4. Mengatur Pola Makan

Berbagai Cara Mengatasi Depresi Saat Berpuasa
Pola Makan. Foto : DOknet/Ilustrasi

Salah satu cara mengatasi depresi saat puasa lainnya adalah dengan mengatur pola makan. Pasalnya sebagian makanan bisa memicu depresi dan sebagian lainnya justru bisa mengurangi gejalannya.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengonsumsi berbagai makanan yang dianjurkan dan menghindari makanan pemicu saat sahur dan berbuka. (Jod/Flz)  

Komentar :