Bahan Dapur yang Murah Meriah Ini Usir Rambut Berminyak

lifestyle | 3 August, 2018 08:15 WIB , Oleh Josepus Orias Dias

unsplash

WOWChannelz.com -  Rambut berminyak bisa disebabkan oleh faktor cuaca, polusi, dan kotoran yang menempel dari paparan sinar matahari dan udara yang ada di luar lingkungan. Biasanya masalah rambut ini dialami pada negara tropis seperti Indonesia. Maka dari itu rambut berminyak adalah salah satu tipe rambut yang banyak dimiliki orang Indonesia.

Namun, selain menggunakan shampoo kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan bahan murah dan yang selalu ada di dapur. Hmmm, kira-kira apa saja ya?


1. Cuka apel

Rambut Berminyak
Cuka Apel. Foto : Doknet

Cuka apel berguna untuk mendetoks kulit kepala dengan mengontrol produksi minyak tanpa mengurangi kelembapan rambut. Selain itu, cuka apel juga mampu mengunci folikel rambut untuk menghindari kerontokan rambut. Cuka apel juga bisa kamu gunakan sebagai shampoo. Caranya cukup campurkan 2 sendok cuka apel dengan segelas air panas lalu baurkan pada kulit kepala selama 5 menit dan dibilas.

2. Baking soda

Rambut Berminyak
Baking Soda. Foto : Doknet

Baking soda adalah bahan alami yang bisa mengontrol minyak pada kulit kepala agar tidak mudah kering dan rontok. Kamu bisa menggunakan 3 sendok baking soda yang dicampur 1 liter air dan oleskan pada kulit kepala. Tunggu selama 20 sampai 30 menit dan bilaslah dengan air dingin. Kamu bisa melakukan secara rutin setiap dua kali dalam seminggu.

Baca juga :

3. Oatmeal

Rambut Berminyak
Oatmeal. Foto : Doknet

Oatmeal mampu menyerap minyak dan bahan kimia yang ada di kulit kepala agar bisa lebih sehat dan bersih. Selain itu kamu juga bisa menggunakan oatmeal untuk mengurangi ketombe dan rambut kering agar lebih lembap. Caranya cukup campurkan satu genggam oatmeal dan segelas air sampai menjadi pasta dan oleskan pada rambut. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Gula merah dan minyak zaitun

Rambut Berminyak
Gula Merah dan Minyak Zaitun. Foto : Doknet

Jika kamu memiliki kulit kepala yang berminyak, maka kamu butuh untuk mengeksfoliasi kulit kepalamu. Kamu bisa mencampurkan minyak zaitun dan gula merah dan baurkan pada kulit kepala selama 3 menit. Lakukan pijatan secara perlahan dan kemudian bilas dengan air dingin.


Nah, itulah bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut berminyak tanpa menghabiskan banyak budget. Mudah sekaligus murah bukan? ( Jod/Jod )

Komentar :