Aksi Elek Yo Band Riuhkan Java Jazz Festival 2018

lifestyle | 4 March, 2018 17:00 WIB , Oleh Dinie Rosiana Dewi

Elek Yo Band. Foto : Aji

WOWchannelz.com -  Grup musik yang beranggotakan Menteri Kabinet Kerja Joko Widodo, Elek Yo Band menjadi salah penampil yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung Java Jazz Festival (JJF) 2018 hari pertama, Jumat (2/3/2018) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ya, terbukti dari padatnya penonton yang berjejer di depan panggung Mitsubishi Hall Stage. Mereka penasaran bagaimana aksi pejabat pemerintahan itu jika bermain musik.

Elek Yo Band beranggotakan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Aksi Elek Yo Band Riuhkan Java Jazz Festival 2018
Aksi panggung Elek Yo Band. Foto : Aji

Sambutan riuh penonton pun terdengar ketika satu persatu Menteri naik ke singgasana. Berbeda dari biasanya ketika duduk di kursi kementerian, mereka kali ini berpenampilan santai layaknya pemain band. Malahan Sri Mulyani mencolok perhatian dengan gaya berpakaiannya mengenakan topi terbalik.

Baca juga :

Tak ambil waktu lama, Elek Yo Band langsung meluncurkan hit 'Dia' yang dipopulerkan oleh Anji. "Selamat malam, selamat berjumpa dengan kami. Ini band paling elek (jelek) di Indonesia, dan digawangi dengan orang-orang elek," sambut Hanif Dhakiri dari atas panggung.

Ya, aransemen 'Dia' disulap oleh para Menteri dengan gaya mereka sendiri. Berbeda dari versi originalnya, terdengan agak old skool tapi renyah terdengar. 

Setelah bernyanyi bersama lewat lagu 'Dia', Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki sedikit berbincang kepada penonton. Yang menyatakan, dibalik sosok yang kaku sebagai salah satu kepercayaan Presiden, Elek Yo Band juga memang memiliki ketertarikan yang cukup besar terhadap musik.

Aksi Elek Yo Band Riuhkan Java Jazz Festival 2018
Personil Elek Yo Band. Foto : Instagram

"Bagi kami, musik adalah bagian hidup kami dan hanya untuk bersenang-senang," katanya.

'Ku Tak Bisa' milik Slank pun dilepas oleh mereka, menyusul kemeriahan malam itu. Hanif Dhakiri dan Budi Karya dipercaya menjadi lead vokal. Aransemen ini terdengar seperti lagu Koes Plus. 

Ingin sedikit bernostalgia di era mereka, Elek Yo Band menyambungnya dengan lagu 'Juwita Malam' kepunyaan Kris Biantoro. Kali ini Menteri keuangan, Sri Mulyani yang pamer kebolehan tarik suaranya. 

Tanpa disangka, ia membuat penonton berdecak kagum. Lewat lengkingan panjang suaranya, mantan pegawai World Bank itu sontak disambut riuh oleh teriakan dan tepuk tangan penonton.

Aksi Elek Yo Band Riuhkan Java Jazz Festival 2018
Menteri keuangan Sri Mulyani unjuk kebolehan. Foto : Aji

Masih penasaran dengan pertunjukan apa lagi yang dipertontonkan oleh Elek Yo Band, pengunjung meminta mereka melantunkan lagu lagi. Padahal, setelah lagu 'Juwita Malam', Teten Masduki mengatakan kalau itu merupakan persembahan terakhir mereka.

Keputusan tepat, Elek Yo Band menggandeng hit milik Iwan Fals, yaitu 'Bento'. Lagu yang mengkritik pemerintahan ini justru dibawakan secara apik oleh para Menteri. 

Hanif Dhakiri seolah menjadi Iwan Fals dadakan. Diikuti dengan teriakan lirik demi lirik yang terlontar dari mulut penonton.  

Dengan begitu, mereka berhasil menjawab pertanyaan masyarakat tentang kebolehan mereka di atas panggung. Seolah tak ada jarak antara Elek Yo Band dan masyarakat yang menontonnya. (Ray/Drd)

Komentar :