Review Film 'Asih': Horor Old Skool Bikin Merinding

news | 4 October, 2018 15:30 WIB , Oleh Josepus Orias Dias

Pemain Film Dan Produser Film Asih. Foto : Ist

WOWChannelz.com -  Kabar baik bagi kamu penggemar Danur Universe. Karena spin-off film Danur, yaitu 'Asih' sebentar lagi tayang. Menceritakan tentang siapa sosok wanita yang sering menghuni pohon besar pekarangan rumah Risa Saraswati.


Film yang kembali disutradarai oleh Awi Suryadi ini menguak masa lalu Asih yang diperankan oleh Shareefa Daanish. Mengapa ia gentayangan dan mengganggu anak kecil.

Asih
Darius Sinatrya. Foto : Ist


Puspita (Citra Kirana) dan suaminya (Darius Sinatrya), yang tinggal tak jauh dari lokasi Asih mengakhiri hidupnya pun mendapat teror mencekam. Apalagi ketika mereka dikaruniai putri pertamanya. 


Keluarga kecil ini diselimuti ketakutan karena kejadian janggal dan khawatir buah hatinya celaka. Apalagi seorang bidan (Djenar Maesa Ayu) yang membantu persalinan Puspita mewanti-wanti untuk tidak melakukan beberapa hal yang dianggal pamali.

Asih
Citra Kirana. Foto : Ist

Film 'Asih' membuka babak pertamanya dengan cuplikan 'Danur 2: Maddah'. Menerangkan bahwa kisah ini ada 37 tahun sebelum Danur, jadi latar waktunya pada tahun 1980. 

Asih
Prescon Film Asih. Foto : Ist

Adrian Sugiono yang kembali dipercaya sebagai director of photography (DOP), sukses menyajikan gambar sesuai dengan setting waktu. Tone warna sampai lighting dikemas sedemikian rupa dan terlihat enak dipandang mata. Lebih baik ketimbang 'Danur 2: Maddah' yang agak mengganggu pada beberapa scene. 


Di samping itu, juga didukung dengan setting tempat, yakni sebuah rumah kuno, serta properti dan wardrobe yang ada pada film produksi MD Pictures ini. 

Baca juga :

Jumpscare yang disuguhkan sepanjang film tidak berlebihan. Porsinya pas dan sukses membuat penonton sport jantung. Bahkan saat gala premiere, ada seorang pria yang terkejut sampai menghentakkan tubuhnya ke sandaran kursi ketika sosok Asih mengisi seluruh layar bioskop secara tiba-tiba.


Adegan yang tersaji pada trailer, saat ditonton lagi dalam film penuh juga masih menyeramkan. Seperti ketika Citra Kirana mencoba menghentikan kursi goyang yang bergerak, serta saat Darius melihat Asih memakan ari-ari anaknya yang sudah dikubur.  

Asih
Prescon FIlm Asih. Foto : Ist

Jika pada film Danur 1 & 2 penonton 'dimanjakan' dengan tembang 'Boneka Abdi', pada film ini lagu yang sering disenandungkan adalah 'Indung Indung'. Setiap lagu itu terdengar, suasana seketika mencekam dan menerka kalau Asih akan datang.


Meski cukup menghibur karena kesederhanaan cerita dengan materi horor old skool, tentu ada kekurangan dari film 'Asih'. Yang paling terlihat adalah akting Darius Sinatrya yang terkesan kaku. 


Chemistry Darius dengan Citra Kirana kurang terbangun. Namun yang menjadi nilai tambah, meski non muslim, ia adzan pada sejumlah adegan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, suami Donna Agnesia itu harus take beberapa kali.


Tidak hanya Darius, akting Alex Abbad yang berperan sebagai Abah juga kurang maksimal. Lalu para pemain juga terlihat maksa berdialog Sunda. Padahal dikisahkan mereka tinggal di daerah Jawa Barat. Kecuali Citra Kirana yang fasih, karena memang kelahiran Cimahi. 


Selain itu, konflik yang ditunggu-tunggu pada bagian akhir ternyata tidak seperti apa yang dibayangkan. Lele Laila sebagai penulis skenario seolah kurang mengemas plot film agar klimaks secara matang. 


Apakah 'Asih' bisa sesukses Danur 1 & 2 dan kembali tembus box office? Film ini dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air pada 11 Oktober 2018. /Ray

Komentar :