Perjalanan Karier Zumi Zola, dari Artis Hingga Kepala Daerah

news | 11 April, 2018 08:11 WIB , Oleh Fildzah Adra Arifah

Zumi Zola. Foto : Doknet

WOWChannelz.com -  Sebelum menggeluti dunia politik, Zumi Zola dikenal sebagai aktor yang membintangi sejumlah film dan sinetron. Film yang pernah ia perankan diantaranya adalah “Disini Ada Setan” (2004), “Kawin Laris” (2009), dan “Merah Putih” (2009).

Film yang dibintangi Zumi Zola, “Disini Ada Setan” ini diangkat ke layar lebar setelah versi sinetronnya disalah satu stasiun televisi swasta sukses di pasaran. Beberapa sinetron booming pada masanya yang penah diperankan Zumi Zola yaitu seperti ‘Tersanjung 6’, ‘Si Cecep’, dan ‘Bawang Merah Bawang Putih’.

Zumi Zola sempat bertunangan dengan Ayu Dewi, namun rencana pernikahan mereka gagal. Akhirnya pada tanggal 16 Maret 2012 ia menikah dengan Sherrin Tharia seorang pemain biola dan putri dari Tengku Malinda mantan penyiar TVRI.

Perjalanan Karier Zumi Zola, dari Artis Hingga Kepala Daerah
Zumi Zola. Foto : Doknet

Saat memutuskan untuk terjun ke dunia politik, ternyata Zumi Zola mewarisi darah politik ayahnya, Zulkifli Nurdin yang merupakan politisi PAN sekaligus menjabat sebagai Gubernur Jambi periode 1999-2004 dan 2005-2010. 

Zumi Zola menjadi Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016, berpasangan dengan Ambo Tang sebagai Wakil Bupati. 

Baca juga :

Pada Pilkada Serentak tahun 2015, Zumi Zola yang berpasangan dengan Fachrori Umar, terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi untuk periode 2016-2021. Mereka pun resmi dilantik oleh Presiden Jokowi bersama 6 pasang Gubernur terpilih lainnya di Istana Negara.

Perjalanan Karier Zumi Zola, dari Artis Hingga Kepala Daerah
Zumi Zola Jadi Tersangka Korupsi. Foto : Doknet

Pada awal tahun 2018, tepatnya 2 Februari, Zumi ditetapkan sebagai tersangka kasus suap. Politisi Partai Amanat Nasional itu sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka bersama Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Arfan, terkait kasus dugaan suap senilai Rp 6 miliar.

Perkara yang melibatkan Zumi dan Arfan merupakan pengembangan perkara kasus suap pengesahan Rancangan APBD Jambi 2018. KPK melakukan operasi tangkap tangan di Provinsi Jambi. Setelah proses penangkapan, KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka.

KPK menduga, para pejabat di Pemprov Jambi menyuap anggota DPRD Jambi. Suap tersebut agar anggota DPRD bersedia menghadiri rapat pembahasan R-APBD Jambi 2018. (Flz/Flz)

Komentar :