DVD 'The Best Of Keluarga Somat' Memberikan Tontonan Kondusif Bagi Perkembangan Anak

news | 12 September, 2018 19:50 WIB , Oleh Josepus Orias Dias

Launching Film Anak The Best Of Keluarga Somat. Foto : Ist

WOWChannelz.com -  Formula Pictures bekerja sama dengan CFC mengeluarkan kembali DVD untuk anak yang berjudul "The Best of Keluarga Somat", salah satu animasi kreasi anak bangsa.  

Banyaknya isu SARA dan ujaran kebencian yang marak saat ini banyak dipengaruhi oleh lingkungan dan juga tontonan yang kurang mendidik.  Hal inilah yang membuat Formula Pictures menghadirkan tayangan anak yang humanis dan bisa memberikan tayangan yang baik untuk anak.

Menurut pemerhati anak Seto Muljadi

sekaligus perwakilan dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) menjelaskan bahwa DVD Keluarga Somad ini bisa membantu tumbuh kembang anak-anak yang memang belajar dan mendapat pendidikan dari lingkungan sehari-hari.

“Kami memberikan apresiasi dari diterbitkannya DVD ini. Untuk memberikan lingkungan yang kondusif bagi anak,” jelas Kak Seto di CFC Kemang,  Jakarta,  Senin (12/9)

The Best Of Keluarga Somat
Pengamat Anak, Kak Seto. Foto : Ist

Senada dengan Kak Seto, Yan Wijaya selaku Pengamat Film sangat yakin kalau cerita dari Keluarga Somat ini mampu bersaing dengan Upin dan Ipin yang juga tontonan edukasi anak asal Malaysia.

"Selama ini anak-anak sangat mengenal Upin dan Ipin asal Malaysia. Tapi keluarga Somat ini mampu menyaingi dengan menyajikan keluarga asli dari Indonesia.  Dan mudah-mudahan diperpanjang lagi episode yang baru,” harapnya.

Baca juga :

Film animasi ini mengangkat kisah realitas keseharian hidup keluarga. Pak Somat beserta istti,  Bu Inah dan kedua anaknya,  Dudung dan Ninung.  Film Keluarga Somat juga dihadirkan sebagai sebuah keluarga yang mengedepankan sikap demokratis,  keterbukaan dan menghargai perbedaan yang ditunjukan melalui tokoh-tokoh lain dengan latar belakang kultur yang berbeda.  

Selain memiliki alur cerita yang mudah dicerna,  sarat dengan pesan moral tentang nilai demokrasi serta Bhinneka Tunggal Ika.  Ada sisi humanis yang dekat dengan keseharian dan dikemas secara ringan dan kocak. 

The Best Of Keluarga Somat
Launching Film Anak The Best Of Keluarga Somat. Foto : Ist

Menurut Kak Seto film dewasa yang ditonton oleh anak juga  mempunyai dampak untuk membentuk karakter anak itu sendiri. Anak selalu belajar dari lingkungannya sehingga jika lingkungan anak kondusif dan positif ke depannya anak juga akan selalu bersikap positif.

"Kriteria tontonan yang baik adalah dengan memberikan tontonan yang sesuai dengan standar nasional dimana yang utama adalah etika yang bisa menuntunnya secara moral dan juga membentuk rasa nasionalisme yang membangkitkan kecintaan kepada budaya Indonesia.  Bukan Kpop atau budaya barat lainnya,  dan juga harus diselingi dengan humor, " tandasnya. 

Berbagai keberhasilan telah diperoleh Film Animasi Keluarga Somat, antara lain Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kategori Program Animasi Terbaik dan Animasi Anak. Bahkan rating share Film Keluarga Somat berhasil menggusur rating Film Animasi Import. Prestasi yang cukup membanggakan insan perfilman Indonesia. /Yulia

Komentar :