Berkenalan dengan Sosok Imut Pembawa Baki Sang Merah Putih

news | 19 August, 2018 09:07 WIB , Oleh Yulia Dewi

Zanati Tahta Umahati di antara Paskibra Tim Bangsa. Foto: Antara (doknet)

WOWChannelz.com Upacara HUT RI ke-73 telah selesai di laksanakan pada Jumat (17/8) di Istana Merdeka. Mulai dari penaikan bendera pada pagi hari, lalu dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera yang juga telah sukses dilaksanakan.

Setiap tahunnya pastilah ada sosok yang mencuri perhatian baik oleh pengunjung Istana negara maupun masyarakat yang menyaksikan di rumah. Ya, dialah sosok  pembawa baki sang Merah Putih yang penampilannya kerap selalu dinantikan sekaligus juga bikin deg-degan. Terpilih menjadi pembawa baki bendera pusaka pada upacara HUT RI merupakan kebanggaan tersendiri. Pembawa baki ini menjadi salah satu di antara Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang menjadi sorotan publik.

Siapa saja mereka? Berikut WowChannelz merangkumnya dari berbagai sumber.

tarissa maharani.jpg
Tarissa Maharani sewaktu pengibaran bendera, di Istana Negara, Jumat (17/8). Foto: Doknet

Tarissa Maharani Dewi
Tahun ini, tugas sebagai pembawa baki saat pengibaran bendera pusaka HUT ke-73 RI diemban oleh Paskibraka putri perwakilan dari Jawa Barat, Tarrisa Maharani Dewi. Tarissa  kelahiran 10 Juli 2002 ini merupakan plajar kelas X SMA Terpadu Krida Nusantara, Bandung.

Baca juga :

Munculnya nama Tarrisa Maharani Dewi sebagai salah satu pembawa baki tak mengherankan bagi tim Diary Paskibraka. Berdasarkan pantauan selama Diklat Paskibraka 2018, Tarrisa cukup sering dilatih jadi pembawa baki. Tarisa sendiri menghitung ada lebih dari sembilan kali dia di-dril untuk menerima bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan.

Sosok Tarissa Maharani Dewi merupakan putri Brigjen TNI ini terlihat memiliki pembawaan yang tenang dan kalem. Dari pantauan Diary Paskibraka selama diklat di Cibubur, Tarissa pun termasuk anak yang rajin beribadah.

Zanati tahta 2.jpg
Zanati Tahta Umahati (Kanan) yang terpilih sebagai wail dari Sumatera Selatan (Foto: doknet)

 Zanati Tahta Umahati
Cewek cantik yang mewakili Sumatera Selatan ini merupakan petugas yang menyerahkan bendera ke Presiden Jokowi. Memiliki nama lengkap Zanati Tahta Umahati, cewek berhijab ini merupakan siswi SMAN 1 Pagaralam, Sumatera Selatan. Zanati yang kelahiran Tangerang ini tentunya menjadi sorotan, ditambah wajahnya yang cantik selalu tersenyum saat melakukan tugasnya sehingga membuat masyarakat jatuh hati pada cewek berusia 16 tahun ini.

Terpilihnya Zanati sebagai salah satu paskibraka nasional tidak terlepas dari proses seleksi yang sangat ketat. Ia harus bersaing dengan 68 peserta dari 17 kabupaten se-Sumatera Selatan.
Kepada media, Zanati mengaku sempat gugup ketika akan menjadi pembawa baki.
"Pas naik tangga rada goyang gitu," ujar Zanati ketika masih berlatih di area Cibubur.
Perempuan yang akrab disapa Tata itu, mengaku juga sering mendengar ada beragam komentar ketika ia tengah berlatih. Hal tersebut sering mengganggu fokusnya.
"(Ada komentar) enggak rapi enggak apa. Jadi, harus benar-benar fokus dan jangan fokus ke apa kata-kata orang," katanya lagi.

Selain Zanati, ada Danu Muhamad Pradika yang menjadi anggota paskibra perwakilan Sumatera Selatan di Tim Bangsa. Danu adalah pelajar di SMA Negeri 2 Unggul Sekayu, Sumatera Selatan./Yulia

Komentar :