Anne Avantie Rayakan Hardiknas Lewat Pasar Tiban

news | 3 May, 2018 14:25 WIB , Oleh Fildzah Adra Arifah

Anne Avantie. Foto : Jod

WOWChannelz.com -  Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) bisa dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan oleh desainer kondang Anne Avantie. Tepat di Hardiknas yang jatuh pada hari Rabu (2/5), Ia menyelenggarakan acara Pasar Tiban, dengan tema 'Anne Avantie Festival Budaya, Busana dan Aksara' di Lippo mall Puri, Jakarta Barat. 

Pasar Tiban juga menyelenggarakan Parade Show 'Soerat Tjintakoe' yang menampilkan model-model profesional Ibukota. Mereka seperti Miss Universe Indonesia 2005 Artika Sari Devi, Puteri Indonesia 2002 Melanie Putria. Juga dimeriahkan oleh Melanie Ricardo dan Edric Tjandra sebagai MC. 

Sedangkan Anne Avantie berbagi pengalamannya dalam dunia desain lewat talkshow inspiratif yang dikemas secara ringan. Talkshow itu diadakan setiap hari sepanjang acara pameran Pasar Tiban yang dapat diikuti tanpa biaya apapun dengan bintang tamu Intan Aletrino, Puteri Indonesia Pariwisata 2016.

Anne Avantie Rayakan Hardiknas Lewat Pasar Tiban
Anne Avantie di Pasar Tiban, Festival Budaya. Foto : Jod

"Ini berhubungan dari hari pendidikan nasional (Hardiknas), berlangsung sudah 16 kali, dilakukan tiap bulan," kata Anne Avantie di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, Rabu (2/5).

Menariknya, melalui Pasar Tiban, Anne Avantie melibatkan para Usaha Kecil Menengah (UKM) di sekitarnya dan griya kreatif karya para wanita dari Lembaga Pemasyaratan (LP) Bulu, Semarang, yang sudah berlangsung hampir 11 tahun belakangan. Sebagai wadah atau media untuk UKM memasarkan produk mereka.

Baca juga :

"Dengan niatan memberikan manfaat kebaikan kepada UKM juga agar hasil karya mereka mendapatkan lapak jualannya dari Pasar Tiban. Setiap bulan temanya berbeda, tiap bulan tergantung apa yang disepakti pihak mall," ucap Anne.

Tidak hanya itu saja, Pasar Tiban juga menyulap Lippo Mall Puri dari tanggal 1 sampai 6 Mei 2018 mendatang menjadi meriah. Selain aneka produk fashion dan handycraft, ada pula berbagai kuliner Nusantara, seperti rujak, kue ape,  pecel, es dawer ayu,  putu mayang dan lainnya.    

Anne Avantie Rayakan Hardiknas Lewat Pasar Tiban
Festival Budaya, Busana dan Aksara di Lippo Mall Puri. Foto : Jod

Desainer ini juga mengajak serta komunitas 'Kampoeng Hompimpa', yang mengelola Kampoeng Dolanan Anne Avantie, untuk memberikan edukasi mengenai permainan tradisional Indonesia yang sarat akan nilai-nilai filosofi kebaikan. Seperti empati, sosial, kerjasama, saling tolong menolong dan ada ikatan batin antar hubungan manusia.

"Anak-anak kita libatkan dengan permainan zaman dulu, tanpa gadget. Semua permainan anak tempo dulu itu dan ada keterlibatan dengan orang tua. Pada akhirnya, tumbuh kepekaan rasa, ada empatinya dari ragam permainan yang dihadirkan," jelasnya 

Ya, anak-anak memang menjadi elemen penting sebagai generasi penerus bangsa. Anne Avantie berharap dengan diadakannya Pasar Tiban, banyak virus positif yang ditularkan kepada masyarakat.

"Tidak hanya peringatan Hari Pendidikan Nasional, tapi ada misi dan visi lain bagi keluarga dan harapan dari Pasar Tiban ini keistimewaan merangkai bisnis yang memanfatkan," tutup Anne Avantie diakhiri senyum. (Flz/Flz)