Horor Malaysia, Munafik 2 Gentayangan di Bioskop Indonesia

event | 1 October, 2018 18:00 WIB , Oleh Yulia Dewi

Pemain Film Munafik 2 ( Fizz Fairuz, Maya Karin, Syamsul Yusof, Weni Panca, Fauzi Nawawi. Foto : YT

WOWChannelz.com -  Film horor terlaris Munafik produksi  Skop Productions bekerjasama dengan CBI  kembali hadirkan film sekuelnya berjudul “Munafik 2“.


Setelah sebulan tayang di Malaysia, Munafik 2, film terlaris sepanjang masa di negeri itu kini menyambangi Indonesia. Film arahan sutradara Syamsul Yusof ini mulai tayang di Indonesia tanggal 26 September 2018.


"Kami tayangkan di Indonesia, kami harapkan respons yang baik dari penonton Indonesia. Mudah-mudahan Munafik 2 mendapat tempat di Indonesia," kata Produser Munafik 2, Yusuf Hasan ditemui WowChannelz di hotel Pullman, Jakarta beberapa waktu lalu.

Film Munafik 2, lanjut Yusuf, berhasil meraup mendapatan hingga 43 juta ringgit dengan jumlah penonton mencapai tiga juta orang. Pendapatan itu hampir tiga kali lipat dari pendapatan film pertamanya yang tayang pada Februari 2016, yakni 19 juta ringgit.

Munafik 2
Pemain Film Munafik 2 ( Fizz Fairuz, Maya Karin, Syamsul Yusof, Weni Panca, Fauzi Nawawi. Foto : YT

"Ini suatu sejarah paling besar bagi industri film Malaysia. Di mana amat jarang film Malaysia mencetak pendapatan lebih dari 18 juta. Jadi ini merupakan kejutan yang paling besar, kami tidak sangka," kata Yusuf Munafik 2 baru tayang pada jaringan bioskop CGV. Pihaknya belum menayangkannya melalui jaringan bioskop 21 Cineplex.

Baca juga :


Munafik 2 baru tayang pada jaringan bioskop CGV. Pihaknya belum menayangkannya melalui jaringan bioskop 21 Cineplex. 

"Saya mau menembus 21, tapi ada perkara yang tak bisa ditembus, yang selanjutnya mungkin. Kami ada rencana buat Munafik 3," ujarnya. 

Munafik 2
Maya Karin. Foto : YT

Selain di Indonesia, Munafik 2 juga tayang di Singapura, Brunei Darussalam, dan sedang dalam pembicaraan untuk diputar di Thailand dan Vietnam. 


Syamsul Yusof yang bertindak sebagai sutradara sekaligus pemain dan juga penulis cerita menambahkan alasan mereka menayangkan film tersebut di Indonesia karena melihat respons positif dari penikmat film di sini. Separuh dari penonton trailer Munafik 2 berasal dari Indonesia. Selain itu, banyak YouTuber Indonesia yang membuat reaksi terhadap trailer film Munafik 2. "Munafik 2 di sini rencananya tayang di 52 bioskop, tapi sudah 100 bioskop. Permintaannya tinggi. Satu pertanda yang baik," kata Syamsul. 


Pemain utama yang diberikan pada Maya Karin aktris asal Malaysia bukanlah sembarangan, selain Maya Karin merupakan aktris yang sudah banyak berperan di film – film Malaysia ini juga karena kemampuan aktingnya yang bagus.


“Ini pertama kali saya terlibat di film Munafik 2, munafik 1 sempat di hubungi namun karena kesibukan dan lain hal, saya tidak bisa bergabung, disini karakter seseorang sebagai Sakinah yang tinggal bersama bapak dan saya sebagai single parents yang menentang ajaran sesat dari seseorang yang juga dendam dengan Sakinah, saya seneng bisa terlibat di film ini, film yang tak hanya horor tapi ada ilmunya,”kata Maya Karin.


Munafik 2 bisa dibilang merupakan film horor terbaik. Berbeda dari horor biasanya yang hanya menampilkan jalan cerita kehidupan sehari-hari dan mudah ditebak, Munafik 2 dikemas dengan cerita tak biasa ditambah unsur lokal dan juga dibumbui oleh kesan religi.


Harapan Syamsul terhadap film ‘Munafik 2’, yaitu agar karyanya tersebut bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Sebab, film ini lebih banyak berbicara soal agama. Dia juga berharap orang-orang yang telah menonton bisa mendapat pesan yang terdapat dalam film.


“Saya ga ada target penonton, mudah-mudahan film ini sukses. Sebenarnya ada pandangan yang mengatakan film ini sukses karena agama, konten, padahal film agama itu lagi susah untuk dijual. Mungkin, kelebihan saya dari sudut marketing, visual, editing, supaya orang tertarik mau (nonton film) agama,” pungkas Syamsul.


Senada dengan Syamsul, Fizz Fairuz yang didampuk memerankan kembali seorang tokoh ustadz Azman bahwa film ini memang bukan sekedar film horor, tetapi sarat dengan pesan mora dan agama dimana saat ini orang semakin kurang pemahaman tentang agama.


"Film ini dibuat memang menggambarkan kurangnya iman seseorang dalam menghadapi bisikan setan atau jin. Pengajaran ilmu sihir yang berkesinambungan pada Munafik 1 dan Munafik 2.  Supaya orang bisa mengetahui bagaimana caranya menangkal sihir. di Munafik 2 juga ada 9 ayat Al-Quran, untuk menghadapi jin. Satu cerita Islami bukan cerita hantu yang menceritakan orang luar bagaimana menceritakan persahabatan. Rasa benci, sombong, congkak yang menggunakan ilmu untuk kepentingan sendiri," papar Fizz Fairuz.


Sinopsis Munafik 2

Ustadz Adam (Syamsul Yusof) tidak pernah berhenti untuk berbuat kebaikan. Melalui narasinya ia selalu mengajak masyarakat di sekitar lingkungannya berbuat kebaikan. Tidak hanya itu, ia mengajarkan nilai-nilai dan ilmu agama serta menjadi “orang sakti” dengan mengusir jin dan setan yang jahat.


Namun, kematian seorang wanita di masa lalu masih membebani pikirannya. Ketika semuanya menyatu di kehidupan masa kini sang Ustadz, sang Ustadz mendengar kabar yang tidak menggenakkan.


Salah satu warga desa bernama Sakinan sedang gusar karena ayahnya dhinggapi penyakit yang tidak bisa diobati secara medis. Sakinah mencurigai, semuanya ini karena Abujar, seseorang tokoh yang berusaha menggoyahkan Iman masyarakat muslim dengan ajarannya.


Abujar sendiri dikenal sebagai seorang kultus utama di desa mereka. Salah satu tujuannya adalah membuat penduduk desa tidak percaya lagi dengan Tuhan dan ajaran Islam. Berkali-kali Abujar dicurigai melakukan ajaran dan memengaruhi masyarakat akan kekuatan kultusnya.


Berkali-kali pula Ustadz Adam berusaha meredamnya. Munafik 2 adalah film tentang kebaikan melawan keburukan. Ajaran religi bertarung dengan kepercayaan manusia. Bisakah Ustadz Adam menghadang Abuja?


Buat kamu yang ingin melihat sendiri film kedua dari Munafik, jangan lewatkan untuk menyaksikan cerita horor dari Malaysia ini. Film besutan Skop Productions yang didukung oleh pemain seperti Syamsul Yusof, Maya Karin, Weni Panca, Mawi, Fizz Fairuz, Fauzi Nawawi, Datuk Rahim Razali, Nasir Bilal Khan dan Ku Faridah sudah bisa disaksikan di bioskop Tanah Air sejak 26 September 2018./Yulia

Komentar :