Grand Final Putra dan Putri Pariwisata Nusantara 2018

event | 30 April, 2018 11:34 WIB , Oleh Fildzah Adra Arifah

Arya Purnama (Riau) dan Ni Wayan Ika Mahayani (Bali) Terpilih menjadi Putra dan Putri Pariwisata Nusantara 2018. Foto : Aji

WOWChannelz.com -  Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya akan menyematkan mahkota kepada pemenang ajang pemilihan Putra-Putri Pariwisata Nusantara (PPPN) dalam acara grand final PPPN 2018 yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman,Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementrian Pariwisata, Jumat (27/4).

Gelar Putra Pariwisata Nusantara 2018 dimenangkan oleh Arya Purnama (Riau) dan Putri Pariwisata Nusantara 2018 adalah Ni Wayan Ika Mahayani (Bali) 

Acara pemilihan PPPN 2018 yang di selenggarakan oleh Yayasan EL JHON Indonesia kali ini mengangkat tema "Explore Wonderful Indonesia's Marine Tourism". 

Tujuannya adalah sebagai ajang pemberdayaan generasi muda dalam berkontribusi bagi pemasaran serta promosi pariwisata Indonesia

Grand Final Putra dan Putri Pariwisata Nusantara 2018
Para juri, Menpar Arief Yahya dan pemenang Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018. Foto : Aji

Tahun ini mentargetkan kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 270 juta wisatawan Nusantara (wisnus) di Tanah Air. 

Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan PPPN 2018, sehingga para peserta ini bisa menjadi duta wisata atau endorses untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing. 

Baca juga :

“Endorses menjadi bagian dari strategi media promosi pariwisata yang di jalankan Kementrian Pariwisata (Kemenpar) dengan menggunakan pendekatan POSE (Paid, Owners, Sosial Media, dan Endorser)”, ungkap Arief Yahya. 

Menpar juga mengapresiasi tema PPPN 2018, “Explore Wonderful Indonesia's Marine Tourism” karena selaras dengan program pembangunan nasional yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.   

Grand Final Putra dan Putri Pariwisata Nusantara 2018
Putri Pariwisata 2017 menyematkan mahkota kepada pemenang Putri Pariwisata 2018 yang berasal dari Bali. Foto : Aji

Demi mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan juga mempresentasikan program Kementrian Pariwasata, maka ditempatkan wisata bahari sebagai salah satu produk unggulan. 

"Wisata bahari (marine tourism) menjadi salah satu produk wisata unggulan Indonesia yang di kenal sebagai negara marine destination kelas dunia. Kita mentargetkan kontribusi wisman untuk wisata bahari sebanyak 4 juta, 500 ribu di antaranya adalah wisman kapal pesiar (cruise) pada 2019," kata Menpar Arief Yahya. 

Ketua Yayasan EL JHON Indonesia, Johnnie Sugiarto mengatakan, ajang PPPN 2018 telah tersaring dan masuk sebagai finalis sebanyak 50 orang (25 putra dan 25 putri) dari 25 provinsi di Indonesia. 

"Sebelum masuk dalam acara grand final pada malam hari ini mereka masuki masa karantina di Best Western Mangga Dua Hotel Jakarta pada 18-28 April 2018", tutur Johnnie Sugiarto. (Flz/Flz)