Festival Film Balinale 2018 Diisi Oleh Para Praktisi Film Hingga Sutradara dari Indonesia Hingga Hollywood

event | 26 September, 2018 19:15 WIB , Oleh Josepus Orias Dias

Balinale 2018. Foto ; Ist

WOWChannelz.com -  Festival Balinale 2018 mulai digelar sejak tanggal 24-30 September 2018. Pada festival yang ke-12 ini  diikuti oleh 105 judul film dari 34 negara yang terbagi dari film panjang, fiksi, film dokumenter dan film pendek. Dari Indonesia sendiri, sebanyak 45 film ikut serta dan terbanyak sepanjang Balinale digelar.

Balinale FF  ke 12 dibuka oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf. Bertemakan ‘Timeless’ yang memperlihatkan bagaimana film dapat menyampaikan cerita-cerita  terkecil serta momen-momen singkat yang dapat mengubah emosi.

Pada festival kali ini, Balinale Festival 2018 mengambil tempat di Cinemaxx Lippo Mall Kuta dan Plaza Renon. 

Festival yang berlangsung hingga 30 September mendatang merupakan ajang bertemunya para sineas internasional dan Indonesia, termasuk sineas Bali.

Sejumlah praktisi dunia perfilman turut hadir, seperti Mooryati Soedibyo, Sultan Agung, aktris Cinta Laura hingga sutradara ternama hollywood Roland Joffé.

Joffé membagikan pelajaran berharga yang ia dapat sepanjang karirnya sebagai sineas mengalami kegagalan dan kesuksesan. Ia memberikan pandangannya mengenai berbagi kebenaran melalui film meskipun ada kemungkinan dikritik.

Balinale 2018
Cinta Laura. Foto : Yulia

Diisi oleh workshop dan film bertemakan Pahlawan

Festival yang memasuki tahun ke-12 ini menampilkan lebih banyak film Indonesia dan film bertemakan pahlawan. Festival dibagi beberapa kategori, seperti film pendek dan dokumenter serta film terbuka untuk pelajar dan umum.

Dengan adanya beberapa film dan program menarik yang tidak berbayar, Bali Internasional Film Festival 2018 mengantisipasi kedatangan sekitar 9,000 penonton, melebihi kehadiran tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga :

Dibuka dengan film ‘Sultan Agung’ karya Hanung Bramantyo dan diproduseri Mooryati Soedibyo. Festival akan ditutup film asal Jepang ‘Shoplifters’, disutradarai Hirokazu Koreeda yang memenangkan Cannes Film Festival 2018.

Balinale 2018
Workshop hari kedua yang diikuti anak-anak SMP di sekitar Kuta, Bali. Foto : Yulia

Yang menarik pada festival kali ini adalah adanya workshop yang memperkenalkan anak-anak dari jenjang Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas mengenai sejarah dan juga beberapa film bertema kan Biopic dari tokoh-tokoh Pahlawan negeri ini.

Ada juga workshop acting dengan filmmaker Martin East. Murid-murid dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer(STIKOM), dan Universitas Udayana telah diundang untuk belajar aspek-aspek berbeda dalam dunia perfilman.

Balinale 2018

Penghargaan Kepada Dua Produser Indonesia

Dua produser perempuan Indonesia memperoleh penghargaan dari  Balinale Film Festival di Cinemaxx, Lippo Mall, Kuta, Bali, Senin (24/9). Ke dua produser tersebut adalah Mooryati Soedibyo (produser tertua) dan Krisnawati (produser termuda) yang mendapatkan penghargaan sebagai produser yang membawa kebudayaan dan berlokasi di Indonesia.

Balinale 2018
Bu Moeryati Soedibyo (kanan) dan Krisnawati (Kiri). Foto : Ist

“Ibu Krisnawati menyertakan film ‘Jelita Sejuba’ yang seluruh syutingnya di Pulau Natuna, pulau terdepan Indonesia,” ujar Direktur Festival Balinale, Groza Subhakti.

Film-film Indonesia lainnya yang diputar gratis di Cinemaxx Lippo Mall (Kuta) dan Plaza Renon antara lain Kulari Ke Pantai, Nyai, Moonrise Over Egypt, Wage, Lima, Surau dan Silek, Mobil Bekas dan Kisah-Kisah dalam Putaran, Banda – the Dark Forgotten Trail dll. /Yulia

Komentar :