Via Vallen Merasa Dilecehkan Lewat 'Pesan Mesum'

celeb | 6 June, 2018 12:45 WIB , Oleh Fildzah Adra Arifah

Via Vallen. Foto : Aji

WOWChannelz.com -  Penyanyi dangdut Via Vallen mulai populer sejak menyanyikan lagu berjudul "Sayang". Mulai menjadi sorotan publik, bukan hanya suara merdu dan lagunya saja, tapi juga aktivitasnya di media sosial. Terutama di Instagram.

Via Vallen baru-baru ini membuat para penggemarnya heboh. Bukan membuat sensasi, tetapi ia mengaku baru saja mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari seorang oknum pesepak bola nasional.

Ia mengunggah kisah tentang pengalaman tak menyenangkan berupa pelecehan seksual secara verbal di dunia maya.

Via Vallen Merasa Dilecehkan Lewat 'Pesan Mesum'
Unggahan keresahan Via Vallen. Foto: Instagram story

Penyanyi bernama asli Maulidia Octavia itu memposting screenshot pesan yang diterimanya di Instagram, Selasa malam (4/6). Pesan tersebut bertuliskan "i want u sign for me in my bedroom, wearing sexy clothes". Lalu Via menulis di bawah pesan itu dalam bahasa Inggris pula.

"Sebagai penyanyi, saya dipermalukan oleh pemain bola terkenal di negara saya sekarang".

"Saya bukan perempuan macam itu!!".

Via Vallen Merasa Dilecehkan Lewat 'Pesan Mesum'
Percakapan Via Vallen dengan 'pelaku'. Foto : Instagram story
Beberapa saat setelah itu, Via kembali mengunggah screenshot. Kali ini berisikan percakapan antara si 'pelaku' dengannya.

Keduanya tampak berbalas pesan dalam bahasa Inggris. Bahkan, pelaku tersebut tampak tidak terima dengan cara Via membeberkan percakapan mereka ke publik.

"Kamu gila, kenapa screenshot?" kata pria itu.

Tetapi Via Vallen lebih memilih untuk menutup nama dan foto profil pengirim pesan tersebut.

Meski tidak mengungkapkan nama si pelaku, netizen ramai menyebut nama Marko Simic. Netizen mengenali dari foto profil yang tak tertutup seutuhnya dalam Instagram Stories Via. 

Sejauh ini, Marko SImic belum menanggapi soal dugaan pelecehan seksual yang ia lakukan. Tapi, ia telah mematikan kolom komentar di akun Instagram-nya.

Via Vallen Merasa Dilecehkan Lewat 'Pesan Mesum'
Via Vallen dan Marko Simic. Foto : Instagram

Komisioner Komnas Perempuan, Sri Nurherwati, menjelaskan bahwa yang dialami oleh Via termasuk pelecehan seksual berbasis siber (cyber harassment).

"Terkait medianya, ini termasuk cyber harassment, bentuk kekerasan seksual. Kalau dalam RUU penghapusan kekerasan seksual, masuk dalam pelecehan seksual non fisik", jelas Sri Nurherwati kepada media.

Sri menilai bahwa tindakan Via Vallen mengungkapkan pelecehan yang menimpanya ke media sosial adalah tindakan tepat.

"Posting ini sebaiknya dibaca sebagai alarm dukungan, agar tidak ada impunitas, dan korban mendapat pemulihan", ungkap Sri.

Cyber harassment adalah kasus terbanyak kedua dari kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan ke Komnas Perempuan.

Komisioner Komnas Perempuan meminta agar para perempuan yang mengalami kasus serupa untuk tidak diam. Langkah pertama, korban dapat menegaskan ketidaksukaan atas pesan yang didapatkannya. (Flz/Flz)

Komentar :