Syifa Hadju Sayangkan Fans Jonghyun yang Bunuh Diri

celeb | 23 December, 2017 10:23 WIB , Oleh Ferro Maulana

Syifa Hadju. Foto : Insatgram

  • 396

    View

WOWchannelz.com -  Kepergian untuk selamanya salah satu anggota Boy Band Korea, SHINee, Kim Jonghyun meninggalkan duka mendalam bagi seluruh penggemar. Apalagi sang idola meninggal dunia dengan cara mengakhiri hidupnya lewat bunuh diri.

Aktris cantik, Syifa Hadju yang juga merupakan penggemar Boy Band maupun Girl Band Korea pun turut bersedih. Meskipun ia bukan Shawol, sebutan untuk penggemar SHINee. Melainkan dirinya mengidolakan BTS dan EXO.

"Tapi aku bisa merasakan rasa sedih yang mereka rasakan. Dari baca artikel dan berita ngebaca personelnya ada yang pingsan dan nangis terus aku bisa ngerasain apa yang mereka rasain," ujarnya, saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

Syifa Hadju
Syifa Hadju. Foto : Instagram

Untuk diketahui, sebelum bunuh diri dengan mengisap briket batubara pada Senin (18/12/2017) sekira pukul 18.00 waktu Seoul, Korea Selatan, Jonghyun sudah lama merasakan depresi. Dan hal ini bukan masalah baru baginya.

Kabar depresi Jonghyun diketahui dari surat wasiatnya yang dimuat dalam salah satu akun Instagram sahabatnya, Nine, seorang anggota band rock Dear Cloud.

Baca juga :

"Bukannya gimana, tapi coba bayangkan kalau itu terjadi pada orang terdekat kita. Bahkan orang yang aku idolain juga kayak gitu. Bahkan sekarang yang lagi dipermasalahin adalah depresi salah satu penyebab dia bunuh diri," tutur Syifa melanjutkan. 

Keputusan Jonghyun mengakhiri hidupnya dengan cara tak wajar ini pun diikuti oleh beberapa penggemarnya. Namun, Syifa Hadju mengimbau agar tak ada lagi kejadian seperti itu. Sebab, bunuh diri bukan jalan keluar bila mengalami depresi.

"Aku pengen banget ngasih tau ke orang-orang, sebagai salah satu yang pernah ngalamin depresi juga, kalau depresi itu jalan keluarnya bukan bunuh diri. Karena ada banyak sekali hal-hal indah di dunia ini yang bisa kita rasakan. Bahkan dari hal-hal kecil yang kita nggak sadar," jelasnya lagi. 

Syifa Hadju
Jonghyun member SHINee yang meninggal dunia. Foto : Dok Net

Diakui oleh pesinetron 'Mermaid in Love 2 Dunia' ini juga pernah mengalami fase depresi. Namun dirinya mengambil cara lain yang positif untuk lepas dari bayang-bayang ketakutannya itu.

"Mungkin aku bisa keluar dengan cara mendekatkan diri ke keluarga dan berdoa. Bersyukur salah satu cara mengatasi depresi. Aku selalu ingat, disaat aku merasa di titik depresi, kalau masih banyak orang lain di luar sana yang masalahnya jauh lebih susah dari aku. Yang mungkin mereka menjalani beban yang lebih berat dan bisa mengatasi itu semua dengan ihktiar tanpa depresi atau bunuh diri," cerita Syifa panjang lebar. 

Syifa Hadju
Syifa Hadju. Foto : Instagram

Maka dari itu, wanita berusia 17 tahun ini menyayangkan langkah sejumlah Shawol yang nekat bunuh diri, salah satunya merupakan penggemar Kim Jonghyun di Indonesia. Namun niat bunuh diri itu berhasil digagalkan.

"Cuman kita kan nggak tahu beban apa yang mereka alami. Jadi nggak bisa menyalahkan keputusannya juga karena kita nggak bisa nilai orang ‘ah elah lu begitu doang’ karena itu semua dia yang rasain sendiri," tutup Syifa Hadju. (Ray/ Fmy)