Sam Aliano Siap Berangkatkan Umrah Korban First Travel

celeb | 2 June, 2018 13:46 WIB , Oleh Fildzah Adra Arifah

Sam Aliano. Foto : Jod

WOWChannelz.com -  Majelis Hakim Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat menjatuhkan vonis kepada pemilik First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan, masing-masing selama 20 tahun dan 18 tahun penjara. Menanggapi keputusan tersebut, Sam Aliano merasa kecewa.

Sam Aliano yang juga ingin mencalonkan diri sebagai Presiden berencana akan memberangkatkan umrah salah satu korban penipuan First Travel. Ia prihatin dengan para korban yang tak tahu apa-apa dan niat tulus untuk mengunjungi Tanah Suci, Mekkah. 

"Itulah mengapa saya ingin memberikan umrah gratis kepada masyarakat yang tak mampu, supaya mereka terhindar dari aksi jahat penipuan serupa. Saya prihatin dengan aduan masyarakat kepada saya mengenai ini dan berterima kasih bagi yang meng-update info program umrah gratis," ucap Sam saat ditemui di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018).

Sam Aliano menyayangkan keputusan majelis hakim. Karena dianggap tidak sesuai dengan tindakan kejinya kepada calon jemaah umrah sebanyak 66.000.

Sam Aliano Siap Berangkatkan Umrah Korban First Travel
Sam Aliano saat ditemui di kawasan Tanah Abang. Foto : Jod

"Mereka hanya berpenghasilan pas-pasan. Susah mereka kumpulkan uang selama bertahun-tahun," kata Sam.

Sam Aliano melanjutkan, uang yang sudah disetor kepada First Travel dari para korban yang berjumlah triliuinan tidak dipertanggungjawabkan. Sam menegaskan, Andika dan Annisa layak dihukum mati. 

Baca juga :

"Dengan mudah hakim menjatuhkan hukuman ringan, sementara uang (jemaah) tidak dikembalikan. Pelaku kejahatan massal kelas tinggi seperti ini selayaknya dapat hukuman mati atau penjara seumur hidup," ujarnya.

Hakim Soebandi yang menjatuhkan vonis, menjatuhkan pidana denda denda Rp 10 miliar subsider 8 bulan kurungan kepada Andika dan Anniesa. Dia memerintahkan supaya masa penangkapan dan penahanan para terdakwa dikurangkan dari pidana dijatuhkan, dan para terdakwa tetap dalam tahanan. 

Sam Aliano Siap Berangkatkan Umrah Korban First Travel
Sam Aliano. Foto : Jod

"Pelaku bisa saja mainkan uang yang hampir Rp 1 triliun jumlahnya yang dia curi dari rakyat. Bisa saja dia atur supaya hukuman diperpendek, apalagi ada potongan remisi. Kemudian mereka bebas dan beraksi kembali," terang Sam.

Untuk informasi, sidang pembacaan vonis yang digelar di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat hari Rabu, 30 Mei 2018 itu menjatuhkan hukuman yang lebih ringan dengan tuntutan jaksa yang dibacakan beberapa waktu sebelumnya. 

Kasus penipuan First Travel ini mengakibatkan kerugian hingga Rp905,3 miliar. Uang sebanyak itu merupakan akumulasi dari dana yang disetorkan calon jemaah sebesar Rp14,3 juta per orang. Korban penipuan yang dalam kasus ini mencapai 63.310 orang.  

Komentar :