Kisah Anton Sudibyo Yang Nyemplung Ke Dunia Modeling

celeb | 12 September, 2018 15:40 WIB , Oleh Josepus Orias Dias

Anton Sudibyo. Foto : Instagram

WOWChannelz.com -  Beberapa waktu lalu,  kantor Headline Management di bilangan Jakarta Selatan kedatangan  cowok berperawakan tegap, Anton Sudibyo namanya.  Model dan bintang iklan asal Yogya ini mencoba peruntungannya di Jakarta.

Ramah,  itulah kesan pertama yang mewakili sosok Anton Sudibyo. Ia baru saja selesai syuting iklan salah satu pasta gigi di Vietnam. 

"Aku baru pulang dari Vietnam,  kemarin syuting iklan pasta gigi di sana. Ternyata di Vietnam sama aja dengan di Glodok ya, " celoteh Anton. 

"Nyampe di sana semua bentuknya sama,  ya orang-orangnya,  macetnya,  jalanannya penuh dengan kendaraan. Pokoknya samalah," kata cowok yang memiliki tinggi 185 cm ini. 

Jika ditarik ke belakang anak kedua dari tiga bersaudara ini adalah seorang pemain basket.  Nasiblah yang akhirnya membawa Anton menjadi seorang model. Ia mengawali dunia modeling tanpa sengaja. 

"Aku sebetulnya sama sekali gak tertarik di bidang modeling.  Aku asalnya pemain basket, cuma orang tua gak ngedukung, " ujar cowok bertinggi 185 cm ini.

Anton yang saat itu memulai kuliahnya di perguruan tinggi merasa bosan dan akhirnya coba-coba ikut tim yang membuat iklan rokok, dari situlah  ia meninggalkan kuliahnya karena merasa bisa menghasilkan uang.

"Wah enak nih,  kerja beberapa hari aku bisa dapat uang segini, " kenangnya.  

"Suatu saat aku ada even di Solo. Dari situlah aku bertemu dengan seorang agency yang mempertemukan aku dengan seorang designer, " cerita Anton. 

Mulai dari sanalah  Anton mengenal  dunia modeling,  beberapa designer dan beberapa industri pakaian pun mulai memakainya sebagai model di proyek mereka. 

"Aku dulu gak begini, penampilanku gembel banget pokoknya. Dulu sama sekali gak mikir penampilan, aku kepingin coba karena ada tantangan baru. Aku orangnya suka tantangan," tutur Anton. 

Anton Sudibyo
Anton Sudibyo. Foto : Instagram

Mempunyai postur tubuh yang proporsional cukup sebagai modal Anton terjun ke dunia modeling.  Beberapa daerah di pulau Jawa sampai Batam dia jajaki. Pengalaman sebagai model pun banyak menjadikannya pelajaran hidup, terutama dalam hal pergaulan. 

Dunia model yang kerap berhubungan dengan dunia malam, tak membuatnya ikut terpengaruh dengan pergaulan yang tidak baik.  Walaupun ia kerap mendengar dunia model sangat dekat dengan sex bebas dan hubungan sesama jenis. 

"Ya, paling kalau kita gak kuat pergaulan dalam dunia model bisa salah bergaul. Kalau orangnya gak kuat semua itu akan berpengaruh. Atau misalnya  sok gengsi itu, itu akan cepat banget nularnya. Kalau aku sih bodo amat, habis kerja pulang gak pernah bergaul dan berusaha tak pernah mau terlalu dekat, atau sok pede. Aku pokoknya udah kerja langsung pulang. Gak ada istilah nongkrong yang  kebanyakan ujung-ujungnya ke hotel, itu banyak," ujar Anton. 

Baca juga :

Banyak menurut Anton,  beberapa model yang tergoda karena diiming-imingi sesuatu. Namun prinsip dan kemampuan yang dipunyai Anton lah yang membuatnya tidak tergoda dengan pergaulam negative. 

Anton Sudibyo
Anton Sudibyo. Foto : Yulia

"Kita kadang diiming-imingi, aku bodo amat. aku  punya prinsip rezeki bukan cuma disitu aja kok, aku punya skill orang akan lihat kita mau terima inilah aku terserah. Aku juga ingat masih punya orang tua," katanya. 

Prinsip inilah yang akhirnya membuat Anton semakin dikenal sebagai model profesional di kotanya. 

Anton Sudibyo
Anton Sudibyo. Foto : Instagram

Hijrah ke Jakarta

Merasa bosan dengan karirnya sebagai model di Yogya,  Anton pun hijrah ke Jakarta.  Tahun 2017, ia pun pergi ke Jakarta dengan harapan merubah nasibnya sebagai model bisa berkembang dan makin dikenal lagi. 

"Datang ke Jakarta kayak datang ke hutan rimba,  sempat gak kerja selama 3 bulanan dan langsung terjun sebagai model iklan," cerita Anton. 

Di Jakarta ini menjadi harapan Anton mencari kehidupan yang lebih baik,  terutama dari sisi penghasilan. Menurutnya penghasilan sebagai model iklan di Yogya kecil,  hingga ia berencana jika kembali ke Yogya paling tidak Yogya bisa sama dengan Jakarta dalam hal penghasilan. 

Anton Sudibyo
Anton Sudibyo. Foto : Yulia

"Jujur di Yogya itu untuk iklan feenya kecil banget dibanding di Jakarta. Aselik jauh banget, di Yogya memang terkenalnya memang murah banget, makanya aku pingin merubah itu jika kembali ke Yogya, jangan sampai teman-teman di sana kayak harganya segitu aja, kasian. Kita juga butuh orang juga kan. Aku pingin merubah itu semua kalau bisa sama dengan di Jakarta," ungkapnya. 

Itulah sosok Anton, di usianya yang ke 29 tahun ini ia masih tetap semangat untuk berusaha menjadi model profesional.  Langkahnya semakin mantap ketika baru-baru ini ia kembali dipercaya sebagai model iklam salah satu  Ojek Online di  Jakarta. 

Ada satu lagi harapan Anton,  ia ingin jadi komedian seperti Andre Taulani ataupun Sule yang menjadi idolanya saat ini. 

"Aku mikir begini, hiburan terutama dunia model gak bisa selamanya. Aku pingin banget di dunia komedi, aku pingin banget kayak Sule atau Andre Taulani.  Aku seneng bikin oprang ketawa," harap Anton. 

Baiklah Anton,  apapun yang menjadi keinginannya kita doakan dan semoga jadi kenyataan ya!  / Yulia

Komentar :