Iko Uwais Mengajak Kaum Muda Untuk Mencegah Premanisme

celeb | 14 July, 2018 12:05 WIB , Oleh Josepus Orias Dias

Aksi Iko Uwais. Foto : Ist

WOWChannelz.com -  Iko Uwais yang terkenal dengan aksi laganya di beberapa film Hollywood kini membuka sekolah martial arts di kawasan Bekasi. Bintang The Raid ini  merasa prihatin melihat tingkat premanisme yang mewabah saat ini, serta kriminalitas yang tinggi membuatnya terpanggil untuk membantu memberikan pembekalan ilmu bela diri untuk semua kalangan.

"Video-video yang bertebaran di media sosial memberikan gambaran yang jelas bahwa tingkat kriminalitas semakin marak di berbagai daerah. Oleh karenanya, ini adalah momen yang tepat untuk membekali diri melalui martial arts, " ujar Iko Uwais,  Founder Thunder11 saat membuka acara peluncuran dihadapan media dan komunitas Bekasi, Kamis (12/7).

"Ragu awalnya untuk membuka sekolah martial arts. Soalnya belajar bela diri itu sering diremehkan, apalagi pencak silat yang bisa dibilang tidak terlalu populer," kata Iko

Ia mengatakan, beberapa orang berpikir bahwa belajar bela diri hanya untuk gaya-gayaan agar bisa dibilang jagoan. Padahal intinya, menurut Iko, martial arts sebenarnya untuk pertahanan diri. Mental seperti itulah yang ingin ayah satu anak ini bangun lewat sekolah bela dirinya yang diberi nama Thunder11.

Selain itu menurut suami dari penyanyi Audy ini mindset terhadap ilmu bela diri sangat diremehkan apalagi di masyarakat.  Orang tua masih menganggap bela diri itu hanya untuk bela negara dan sebagainya, oleh karena itu Ikko berusaha untuk merubah mindset tersebut agar bela diri adalah untuk diri sendiri atau paling tidak untuk olah raga. 

Iko Uwais
Launching Thunder 11 - Dedikasi Iko untuk Martial Arts. Foto : Ist

"Challenge gak mudah untuk merubah mindset orang tua mengajak anak muda sejak dini untuk melindungi diri sendiri paling tidak. Enggak mudah untuk mengubah mind set kalangan muda maupun dewasa bahwa sejak dini ayo kita dorong belajar bela diri. Minimal untuk olahraga dulu," ucap Iko.

Baca juga :

Suami penyanyi Audy Item ini menambahkan, tak sedikit pula yang beranggapan dengan menguasai bela diri, ia bisa menindas orang lain atau bahkan melakukan tindak kriminal karena pola pikir yang keliru. "Kami percaya bahwa bela diri adalah seni mengendalikan diri di mana saat mereka menguasai ilmu bela diri, mereka justru menjadi pribadi yang mengayomi. Sehingga kami percaya bahwa premanisme secara dini dalam diredam," ujar Iko.

Thunder 11 dirancang untuk semua usia sehingga selain pendidikan bela diri secara dini untuk anak-anak dari usia toddler sampai dewasa. 

Program yang siap dihadirkan oleh sekolah beladiri besutan Iko Uwais ini terdiri dari beberapa kelas yang sesuai dengan tujuan masing-masing. Antara lain,  Mastery of Material Arts bagi  mereka yang ingin menguasai lebih dalam mengenai seni bela diri.  

Iko Uwais
Iko Uwais saat Launching Thunder 11 Martial Arts. Foto : Ist

Street Smart Self-Defense yaitu kelas untuk bela diri praktis hingga Ultimate performance yang dperuntukan bagi mereka yang ingin menjadi stuntman seperti Iko Uwais. 

Disini juga dihadirkan kelas untuk koreo bela diri, bukan hanya fighting aja.  Karena menurut ayah dua anak ini dalam seni bela diri harus bisa mengontrol diri sendiri. 

"Dipertandingan dan di depan camera itu beda,  kalau di pertandingan ada fighter kalau kita kena pukul kita umpetin rasa sakit itu. Tapi kalau di film beda,  ada rasa ada reaksi, nah itu butuh latihan," papar Iko. 


Iko berharap kedepannya semakin banyak orang mencari tahu tentang ilmu bela diri.


"Mindsetnya jangan cuma pingin badan kurus,  body bagus.  Apapun niatnya untuk olah raga,  jalanin,  waktunya udah ada,  fokus pasti apa yang dimau terwujud itu pasti. Minimal bisa jaga diri sendiri dan keluarga," tandasnya. ( Yulia/Jod )

Komentar :