Film 'My Generation' Singgung Kebiasaan Generasi Millennial

WOWCELEB | 11 October, 2017 12:12 WIB

Sutradara film 'My Generation', Upi. Foto: Aji

WOWchannelz.com -  Sukses dengan sederet film layar lebar yang meninggalkan kesan, sang sutradara Upi kembali menggarap sebuah film anyar berjudul "My Generation", yang menceritakan tentang kehidupan generasi millennial, anak muda yang lahir dalam rentang era 80-an hingga 2000. 

Demi plot film yang matang, sutradara, penulis cerita, dan produser film berusia 45 tahun ini melakukan riset selama dua tahun. Upi menyuguhkan bagaimana cara pandang anak kepada orang tuanya maupun sebaliknya.

"Jadi yang saya lakukan selama 2 tahun adalah saya riset semua media sosial, saya baca komen-komen mereka. Dan mereka sering banget bicara tentang orang tua, pendidikan, ngomong soal guru segala macam. Dan itu lucu banget kalau kita baca," ungkap Upi, saat jumpa pers di Qubicle Center, Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2017) kemarin. 

Film 'My Generation'
Sutradara film 'My Generation', Upi. Foto: Aji.

Bumbu Cinta

Tidak seperti film remaja pada umumnya yang cenderung dengan nuansa percintaan, Upi di sini hanya menjadikan cinta sebagai bumbu penyedap saja. Dan, bagaimana anak muda zaman sekarang menjalani kesehariannya, baik itu di dunia nyata maupun dunia maya.

"Jadi kalau nanti nonton filmnya di dalam film itu saya tidak mengarang seada-adanya saya, tapi apa yang saya dapat dari riset. Di sini ada dialog Inggris dan bahasa Indonesia karena sekarang ini memang realitanya anak sekarang ngomongnya sudah campur-campur," urai Upi melanjutkan. 

Saat menelisik ke media sosial anak kekinian, penulis cerita 'Sweet 20' ini menemukan banyak fenomena menarik. Bagi Upi, zaman sudah berubah, begitu pula dengan orang, khususnya remaja.

Film 'My Generation'
Konferensi pers film 'My Generation'. Foto : Aji

"Kehidupan berubah apalagi ada media sosial, anak sekarang lebih kritis. Anak-anak sekarang juga bisa lebih mudah menyalurkan apapun yang ingin mereka sampaikan," tambahnya.

Kolaborasi Pemain Baru dan Senior

Dalam film yang diproduksi oleh IFI Sinema ini, Upi menggandeng pemain pendatang baru sebagai pemeran utama. Mereka adalah Bryan Langelo, Arya Vasco, Alexandra Kosasie, dan Lutesha. 

Baca juga :

Upi memang sengaja mempercayakan beberapa karakter kepada pemain yang ia casting. Agar sesuai dengan peran mereka masing-masing dan fresh.

"Saya nggak mau orang sudah tua berperan jadi anak muda. Jadi memang kita castingnya lama benar-benar dicari ke beberapa daerah untuk dapat karakter mereka ini," bebernya lagi menambahkan. 

Akting natural dan tidak membawa ego seperti pemain yang sudah pernah berakting dalam beberapa film, memang yang dibutuhkan oleh Upi. Dirinya bangga bisa menemukan bibit baru dalam industri perfilman.

"Mereka jadi diri sendiri natural terus percaya dirinya dalam berakting yang saya sangat salut. Itu kenapa mereka ini yang terpilih," terangnya lagi. 

Sementara itu, terdapat beberapa nama pemain senior seperti Joko Anwar, Surya Saputra, Indah Kalalo, Ira Wibowo, Tyo Pakusadewo, Karina Suwandhi, dan Aida Nurmala. 

Menurut Upi, Joko Anwar juga menjalani proses casting. Ia pun menemukan kecocokkan antara peran dan karakter Joko. Begitu juga dengan Surya Saputra.

"Surya memang ketika pertama kali baca script-nya saya sudah mikir kalau karakter itu akan dimainin oleh Surya," tutur Upi. 

Penasaran bagaimana jadinya kolaborasi aktor dan aktris di atas? Trailer My Generation sudah dapat disaksikan di YouTube. Film bergenre drama remaja ini siap tayang perdana mulai 9 November 2017 mendatang. (Ray/ Fmy). 


Related Post