Buka Kedai Kopi, Riza Shahab Belajar jadi Barista

celeb | 7 August, 2018 08:15 WIB , Oleh Josepus Orias Dias

Riza Shahab. Foto : Aji

WOWChannelz.com -  Dalam waktu dekat ini aktor yang kini bernaung di Headline Management, Riza Shahab akan membuka kedai kopi pertamanya yang diberi nama Kesuwon. Memakai konsep kekinian, kedai kopinya tersebut menyasar kalangan anak muda di Jember, Jawa Timur. Serius akan binis barunya, Riza pun mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus Barista (peracik kopi). Tak tanggung-tanggung selama tiga hari Riza Shahab belajar untuk meracik kopi di sekolah Barista yang paling bagus yang ada di kota Jawa Timur.

“Memang sebelum ada ide untuk membuat kedai kopi, setidaknya aku harus belajar dulu bagaimana meracik kopi yang baik. Berangkatlah aku ke daerah Lamongan. Selama tiga hari kursusnya. Itu seperti kursus meracik kopi yang paling bagus ada di sana,” ungkap bintang sinetron ‘Cerita SMA’ kepada WowChannelz dalam sambungan telepon.

Ilmu yang didapatnya dari kursus tersebut akan ia aplikasikan langsung nanti di kedai kopinya. Rizapun tak segan-segan turun langsung untuk melayani pelanggan.

“Iya dong aku yang ngeracik sendiri,” ujarnya berseloroh.

Dengan belajar kopi, kini riza pun sedikit banyak mengetahui berbagai jenis kopi terutama yang berada di Indonesia dan juga mengetahui bagaimana meracik kopi dengan enak.

Riza Shahab
Di setiap kesempatan Riza Shahab selalu menyelipkan kopi ke dalam menunya. Kopi merupakan salah satu hobbynya. Foto: Instagram

“Jadi di sana aku bukan hanya belajar menjadi barista, tapi belajar bisnisnya juga. Paling tidak otak aku jadi terisi. Setidaknya alhamdulillah sekarang udah bisa meracik kopi sendiri dan tinggal actionnya,” paparnya.

Kopi yang akan digunakan nantinya Riza akan memanfaatkan kopi lokal, terutama yang berada di Jember.

Baca juga :

“Jadi kopinya ini bj memang berasal dari biji kopi yang beragam dan rasanya enak aku pakai kopi lokal saja sekaligus memperkenalkan kopi lokal,” ujar Riza.

Jika diminta untuk memilih kopi yang baik dan enak dilidah, Riza mengatakan bahwa selera setiap orang berbeda. Namun ia juga akan mengikuti taste yang ada di pasaran. Seperti ia lebih menyukai rasa kopi Arabika yang gak terlalu pahit tapi ada rasa asamnya.

Riza Shahab
Riza Shahab. foto : Aji

“Kopi yang enak itu selera, macam kopi itu sebetulnya ada dua Robusta dan Arabika. Kalau Robusta tastenya memang pahit, kalau kopi Arabika memang tidak terlalu pahit dan ada rasa asamnya. Jujur kalau aku sukanya lebih ke Arabika. Tapi kan ini mau dijual aku liat pangsa pasarnya juga taste mereka seperti apa jadi bukan buat konsumsi pribadi aja,” papar Riza.

Menurutnya kopi yang enak itu tergantung dengan pengolahannya juga. Riza pun akan konsisten mempertahankan rasa kopinya sehingga menjadi kopi terbaik yang ada di tanah kelahirannya.

“Biji kopi itu kan asalnya mentah, setelah itu di rosting. Nah, dari rosting itu kan ada tingkatannya. Jadi setelah rostingpun ketika di grinder tingkat kehalusannya juga sangat mempengaruhi rasa. Aku di sini ketika aku racik  setidaknya dalam hal rasa nantinya bisa diterima masyarakat di sini,” ujar Riza.

Baiklah Riza, semoga dilancarkan semuanya sampai ke grand opening kedai kopinya. Sukses selalu buat kamu! /Yulia

Komentar :