Andien Rasakan Perbedaan Ramadhan Tahun Ini

celeb | 5 June, 2017 13:20 WIB , Oleh Fitriawan Ginting

Andien usai mengisi acara. Foto : Gus.

WowChannelz.com - Kesan pertama memang dirasakan bagi setiap manusia termaksud penyanyi jazz, Andien. Di Ramadan 1438 Hijriah ini, ia tak lagi hanya berdua dengan suaminya, Irfan Wahyudi alias Ippe. Melainkan, ia sudah ada si kecil buah hati tercinta Anaku Askara Biru (kawa nama panggilannya) yang lahir pada 7 Januari 2017 silam. Dikatakan Andien, Ramadan tahun ini, ia tak bisa menunaikan ibadah puasa dikarenakan anaknya yang masih berusia 5 bulan ini masih diberi Air Susu Ibu (ASI) oleh ibunnya. Demi kepentingan sang buah hati, Andien terpaksa tidak berpuasa selama satu bulan penuh. "Karena masih menyusui, saya nggak dibolehkan berpuasa Ramadan," kata Andien saat ditemui di kawasan Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.
Andien Rasakan Perbedaan Ramadhan Tahun Ini

Andien bersama anaknya. Foto : Gus.

"Ini Ramadan pertama kali kita bertiga di rumah. Rasanya luar biasa sekali karena memang ya, bayangin aja, tadinya enggak ada sekarang ada. Berkahnya luar biasa banget," sambung wanita kelahiran Jakara, 25 Agustus 1985. Meskipun tak berpuasa, ia tetap disibukan dengan aktifitas sahur dan berbuka puasa. Sebab, ia harus menyiapkan menu santap sahur dan hidangan untuk suaminya berbuka puasa di rumah. Pemilik nama lengkap Andini Aisyah Hariadi mengaku menjalani aktifitasnya itu ternyata tak menjadi beban bagi dirinya. Apalagi, ia melakukannya dengan ikhlas untuk keluarganya yang dibangun sejak mereka menikah di Bandung, Jawa Barat, tahun lalu. "Saat kita ngaji melantunkan ayat Alquran. Saat salat, dia ngerayap di sajadah gitu. Itu luar biasa banget," kata Andien yang bahagia melihat perkembangan dan pertumbuhan Kawa yang baik.

Ikut Sahur

Untuk sahur, Andien berusaha melakukan yang terbaik untuk suaminya yang berpuasa selama Ramadan. Tapi, bagaimana pun, Ramadan tahun ini memang terasa yang lain berbeda bagi pelantun Gemintang. "Yang aku ajari ke anakku bahwa kita manusia perlu berproses. Kalau pun kita order makanan, kita harus membuka dulu, kita angetin, jadi dia tahu. Pas sahur, kalau dia enggak bangun, ya enggak perlu saya bangunin. Jadi suasananya sangat berbeda." kata Andien. Untuk menu makanan berbuka puasa, pemilik album Let it Be My Way (2014) itu mengaku, berusaha kumpul dirumah. Hal seperti itulah mulai ditanamkan Andien dan Ippe untuk mendidik buah hatinya. "Jadi, pada saat buka puasa, kita bertiga biasa ke dapur,  kita buat masakan bersama. Yang aku ajarin ke anakku bahwa kita manusia perlu berproses," kata Andien. Saat ditanya ada kebiasaan ngabuburit atau menunggu waktu beduk maghrib, Andien mengaku selalu mengajak anaknya pergi ke pasar yang letaknya tak terlalu jauh dari rumahnya. "Karena ini baru beberapa hari, kita belum eksplor. Tapi baru pertama kali kita ajak ke pasar mayestik. Senang banget sih," kata pelantun Kinanti itu. Namun, saat ditanya agenda lebaran 1438 hijriah yang tepat tanggal 25 Juni 2017, Andien belum mengetahui merayakan lebaran bersama keluarga besarnya. "Itu masih ada beberapa waktu kedepan, jadi belum tahu lebaran kumpul dimana. Pastinya seperti tahun lalu, dirumah orangtua," kata pemiling album Kirana ini. (Ade/Gig)
Komentar :