Akhirnya Vino Bastian Wujudkan Impian Mendiang Ayahnya

celeb | 20 August, 2017 13:25 WIB , Oleh Fitriawan Ginting

Vino Bastian. Foto : Dok WowChannelz.com.

WowChannelz.com - Vino G. Bastian akan mewujudkan impian almarhum ayahnya, Bastian Tito semasa hidup. Yang memintanya untuk memerankan tokoh Wiro Sableng jika kelak sudah dewasa. Dan benar saja, ia menjalani keinginan ayahanda untuk menjadi pemeran utama pada film layar lebar Wiro Sableng. Sebelumnya, pada tahun 1995 lalu, pria kekar bernama Kenken lah yang berperan sebagai Wiro Sableng dalam serial televisi. Ketika berada di lokasi syuting, Kenken sempat bertanya kepada Bastian Tito mengapa dirinya terpilih menjadi karakter yang diangkat dari sebuah novel tersebut. "Suatu hari saya bertemu di ruangan produser dengan almarhum Bastian Tito. Saya nanya sama beliau 'om kenapa sih Wiro Sableng kalau digambar gagah ganteng lugu?' Terus dia jawab 'ya iya Wiro Sableng ya harus ganteng seperti mas Vino'," kenangnya saat jumpa pers di Senayan City, Jakarta Pusat, belum lama ini.
Akhirnya Vino Bastian Wujudkan Impian Mendiang Ayahnya

etelah menjadi Kasiono di Warkop DKI Reborn, Vino Bastian akan menjadi Wiro Sableng. Foto : Gus

"'Ya orangnya lugu, karena orang lugu baik hati akan disukai banyak orang. Terus saya nanya kan saya terpilih jadi Wiro saya cocok nggak? Terus kami saling pandang, dia bilang cocok lah Ken'," imbuhnya. Tak lama setelah berucap seperti itu, Tito dan Kenken kembali melanjutkan percakapannya. Kembali, Tito mengingat sosok sang putra yang lahir pada 24 Maret 1982 itu, di mana kala itu, saat serial Wiro Sableng, Vino masih berusia remaja. "Dia bilang 'sebetulnya hati om nulis Wiro Wableng, om kepengin kalau Wiro yang jadi ya anak om', saya merinding lho ini ceritanya. Dan ternyata pada hari ini Vino G. Bastian dapat meneruskan dan sesuai dengan keinginan alm Bastian Tito menjadi Wiro Sableng," kata Kenken disambut riuh tepuk tangan.

Awal Mula

Ternyata, suami Marsha Timothy ini juga baru pertama kali mendengar cerita tersebut pada kesempatan itu. Awalnya saat novel tersebut ingin diangkat dalam sebuah film oleh Sheila Timothy atau kerap dipanggil Lala sebagai penulis skenario, Vino memang tak ingin berperan sebagai Wiro Sableng. "Memang dari awal pas film ini mau dibuat lagi sama Lala, pihak keluarga menyerahkan semua kepada Lala. Karena legenda Wiro ini bukan hanya milik keluarga tapi, Indonesia. Mau dibuat seperti apa, orang film yang lebih tahu, karena setiap generasinya sudah dibuat nah generasi sekarang lah yang membuat seperti apa," urai Vino. Aktor yang memulai debut pada film 30 Hari Mencari Cinta ini mengapresiasi cast dan crew. Bukan kemauannya untuk menjadi pemeran utama, Vino bahkan baru mengetahui akan berperan sebagai Wiro Sableng beberapa hari menjelang pengumuman tokoh utama kepada awak media. "Dan ketika saya bergabung ini bukan kemauan saya atau keluarga. Saya dikasih tau mau bermain pas jumpa pers seminggu sebelumnya. Pas keluarga nanya ke mereka bilang belum dapat peran Wiro Sableng," tambahnya. Sheila Timothy memang awalnya sudah mendaulat Vino untuk menjadi Pendekar 212 itu, tapi dirinya selalu menolak tawaran tersebut. Serta meminta Lala mencari aktor lain yang dirasa lebih mumpuni dalam melakoni tokoh Wiro Sableng. Tapi setelah Sheila berdiskusi dengan sang sutradara, Angga Dwimas Sasongko, mereka yakin bahwa Vino lah yang dapat mengemban tugas ini dengan sangat baik. Serta menjiwai secara natural peran yang diceritakan sebagai murid Sinto Gendeng, seperti yang diinginkan. "Karena Vino anak dari almarhum yang notabene dari kecil udah diceritain sama bapaknya (Bastian Tito) langsung. Selain dia (Vino) aktor terbaik. Pasti dia akan memberikan usaha yang maksimal untuk menjadi Wiro Sableng," ucpa Sheila. Setelah melewati berbagai pertimbangan atas kepercayaan itu, Vino baru memantapkan diri menjadi Wiro Sableng. Ia menganggap kalau sedari kecil sampai dewasa, dirinya hidup dari hasil penjualan buku novel karangan sang ayah "Masa saya nggak mau balas budi untuk main di filmnya jadi kita sama tim sama-sama berjuang. Sebenarnya pengin jadi Pangeran Matahari tapi nggak dikasih. Saya salut dengan tim ini film ini digarap dengan serius," sambut Vino. Selain Vino G. Bastian, sang istri Marsha Timothy juga turut andil dan berperan sebagai Bidadari Angin Timur. Ditambah sederet nama lain, yaitu Sherina Munaf (Anggini), Marcella Zalianty (Permaisuri), Rifnu Wikana (Kalasrenggi), Yusuf Mahardika (Pangeran). Ada pula Lukman Sardi (Werku Alit), Dwi Sasono (Raja Kamandaka), Happy Salma (Suci), Aghniny Haque (Rara Murni), Andy /rif (Dewa Tuak), Marcell Siahaan (Ranaweleng), Cecep Arif Rahman (Bajak Laut Bagaspati) Dian Sidiq (Kalingundil), Yayan Ruhiyan (Mahesa Birawa), Fariz Alfarazi (Bujang Gila Tapak Sakti), Yayu Unru (Kakek Segala Tahu) dan Ruth Marini (Sinto Gendeng). (Ray)
Komentar :