Kerusuhan di Rutan Mako Brimob

viral | 11 May, 2018 20:02 WIB , Oleh Fildzah Adra Arifah

Patroli Kerusuhan di Mako Brimob. Foto : Doknet

WOWChannelz.comKasus yang terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa (8/5) malam hingga Rabu (9/5) dini hari menimbulkan kerusuhan.

Kejadian itu bermula akibat pertikaian adu mulut antara tahanan dan petugas dari personel Brimob Polri yang membuat polisi mensterilkan lingkungan di sekitar Mako Brimob.

Berikut adalah beberapa fakta terkait peristiwa kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Telah tersebar luas video dan foto-foto yang mengkaitkan dengan kejadian kerusuhan itu di dunia maya. Polri pun meminta masayarakat untuk tidak langsung memercayai informasi yang beredar tersebut.

Kejadian ini bermula pada hari Selasa malam (8/5) pukul 21.30 WIB, wartawan mulai mendapatkan informasi tentang jebolnya tahanan napi khusus terorisme di Mako Brimob.

Kerusuhan di Rutan Mako Brimob
Kerusuhan di Mako Brimob. Foto : Doknet

Upaya konfirmasi baru didapat dari Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Muhammad Iqbal sekitar pukul 23.20 WIB. Iqbal hanya membenarkan kejadian tersebut yang melibatkan tahanan dan petugas.

Saat itu polisi masih berusaha menangani kekacauan yang terjadi di Mako Brimob. Merekapun mulai melakukan pengamanan ketat di sekitar Mako TKP.

Semua pihak luar termasuk wartawan diminta untuk menjauh dari gerbang Mako Brimob hingga jarak 200 meter. Muali sejak itu, media sosial mulai bertebaran video dan foto yang menyebutkan kondisi Mako Brimob.

Baca juga :

Lewat tengah malam, polisi mulai memasang kawat berduri dan wilayah yang disterilkan pun meluas hingga gereja, rumah sakit hingga unit Satwa Kabaharkam yang berada di samping Mako Brimob.

Brigjen Pol Muhammad Iqbal langsung memberikan pernyataan kepada pers pada pukul 1 pagi, yang membenarkan adanya kerusuhan di dalam rutan dan peristiwa itu bermula dari cekcok tahanan dengan petugas.  

Kerusuhan di Rutan Mako Brimob
Kerusuhan di Mako Brimob. Foto : Doknet

Hingga pagi hari (9/5), penjagaan ketat masih dilakukan Anggota Brimob dengan laras panjang. Kendaraan pribadi maupun masyarakat pejalan kaki dilarang melintas. Jalan akses menuju UI juga tidak bisa dilalui warga.

Seperti yang diketahui, Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sedang menjalani masa hukumannya di Mako Brimob karena kasus penistaan agama. Sehingga, banyak yang menanyakan kondisi Ahok setelah kerusuhan ini ramai diperbincangkan.

Fifi Lety Indra, adik Ahok pun angkat bicara. Ia mengatakan bahwa Ahok dalam kondisi yang aman.

"Banyak telepon dan WA dari wartawan maupun kenalan tanya kondisi Bapak (Ahok), saya jawab sudah percaya, aman," ujar Fifi dalam keterangan yang ia berikan di akun Instagramnya. (Flz/Flz)  

Komentar :