Dancer Hamdi Fabas Lebarkan Sayap ke Kancah Internasional

WOWCELEB | 1 January, 2018 08:33 WIB

Dancer Hamdi Fabas. Foto : Dna

WOWchannelz.com -  Setelah sekian lama menekuni dunia dance, dancer Hamdi Fabas mengatakan dirinya ingin merambah ke dunia internasional. Hamdi menceritakan selama ini dance merupakan sesuatu hal yang sangat disukainya, semenjak dirinya masih kecil. 

Berawal dari melihat sang paman yang juga seorang dancer, Hamdi semakin ingin mendalami dunia dance. Hal ini diungkapkannya saat dihubungi Wowchannelz melalui sambungan telepon, belum lama ini. "Memang dari muda udah hobi dance, jadi dari kecil di Australia ikut dance," ujarnya. 

"Terus paman juga suka dance dan seorang break dancer, meski sekarang udah nggak, udah berhenti," lanjutnya. 

Hamdi Fabas
Dancer Hamdi Fabas. Foto : Dna

Saat ini, selebgram yang bekerjasama dengan Wowchannelz ini disibukkan dengan beberapa pekerjaan seperti mengurus Fabas Art, sebuah perusahaan dance dan desain yang didirikannya.

"Sekarang lagi sibuk ngurus company sama ada proyek ke Jepang dari kedutaan Jepang untuk tahun 2018 nanti," ceritanya. 

Proyek yang dimaksud yaitu project dance yang diadakan Jepang, dan akan melibatkan banyak dancer dari seluruh Asia. 

Fabas di sini akan menjadi creator dance yang akan membawahi tim dancer dari Asia Tenggara. Ia pun sudah menyiapkan beberapa ide untuk penampilan yang akan ditampilkan nanti. 

Baca juga :

"Bisa dibilang ini juga puncak pencapaian karier aku, karena di sini aku akan membawa nama Indonesia di dunia internasional," ujar Hamdi. 

Dalam penampilannya nanti ia ingin menunjukkan sedikit tentang culture Indonesia pada dunia, karena itulah dirinya akan mengkolaborasi beberapa tarian dengan unsur budaya tanah air. 

Unsur Budaya Indonesia

Ini bukan kali pertama ia mengkombinasikan sebuah dance dengan culture Indonesia, sebelumnya dalam 'Indonesian Art Festival' dirinya juga menambahkan unsur beberapa budaya tanah air ke dalam multimedia dance yang ditampilkannya. 

"Dalam multimedia dance, tarian yang aku combine dengan multimedia. Di dalam visualnya mengandung beberapa tradisi dari Papua, Jawa dan Bali," tambahnya. 

Hamdi Fabas
Dancer Hamdi Fabas. Foto : Dna

Penampilannya itu pun sukses mempesona banyak orang dan bahkan mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari 'Indonesian Art Festival'.  

Selain itu penampilan di Jepang nanti akan menjadi penampilannya yang kesekian kali di depan warga dunia, di mana sudah berulang kali dirinya bekerja sama dengan banyak institusi dunia. 

"Udah pernah kerjasama dengan Kedutaan Jerman, Prancis, Jepang," tuturnya. 

Baca juga :

Tidak hanya itu, ia juga mengungkapkan dirinya ingin melebarkan sayap ke kancah internasional. "Pengen lebarin kayak ke dunia internasional," tuturnya lagi. 

"Penghargaan dan value dance semakin dihargai di luar," lanjutnya. 

Duka Jadi Seorang Dancer 

Ketika ditanya apakah di Indonesia penghargaan terhadap dance kurang atau tidak? Hamdi tidak bisa menjawab secara pasti. 

Hamdi Fabas
Dancer Hamdi Fabas. Foto : Dna

"Bukan berarti di Indonesia tidak dihargai tapi penghargaan dari seni tari selaras dengan tingkat ekonomi, dan ini tidak hanya berlaku untuk tari saja tapi untuk berbagai hal lainnya," jelas Hamdi. 

"Banyak orang yang sudah expert dalam berbagai bidang memilih untuk bekerja di luar negeri," tutupnya. (Dna/ Fmy)


Related Post