Perjuangan Grup Saman SMA Muhammadiyah 3 Langganan Juara

community | 19 March, 2018 08:34 WIB , Oleh Fitriawan Ginting

Alifa Aulia Fauzi. Foto : Aji

WOWChannelz.com -  Tari saman merupakan salah satu tarian sekaligus ekstra kulikuler yang paling banyak digandrungi oleh pelajar SMP maupun SMA. Tarian dari Aceh ini memiliki gerakan yang unik dan khas, berbeda banget dari tarian yang lainnya. SMA Muhammadiyah 3 Langganan Juara 

Seiring berkembangnya tarian Suku Gayo itu, banyak pula perlombaan yang digelar. Baik itu antar sekolah, sampai antar komunitas.

Nah, SMA Muhammadiyah 3 dengan kelompoknya bernama Girl Keep Action (GKA) menjadi salah satu yang langganan meraih gelar juara. Mereka bangkit, berjuang dari bawah, sampai akhirnya harum namanya dan disegani.

Alifa Aulia Fauzi, merupakan seorang yang sangat berpengaruh untuk kesuksesan GKA . Menyukai tari saman sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia bertekad untuk memajukan salah IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) tari saman di sekolahnya.
Grup Saman SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Foto : Ist

Alifa Aulia Fauzi, merupakan seorang yang sangat berpengaruh untuk kesuksesan GKA . Menyukai tari saman sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia bertekad untuk memajukan salah IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) tari saman di sekolahnya.

Saat masuk SMA Muhammadiyah 3, Alifa langsung mengajukan seorang nama untuk melatihnya bersama teman-teman, yaitu Jufrizal atau lebih dikenal Bang Alex. Syekh tari saman yang namanya sudah dikenal luas ini, terbukti bisa memberikan motivasi.

Baca juga :

Awalnya, pihak sekolah menolak untuk mengganti pelatih. Karena bayaran yang cukup mahal. Begitu juga saat Alifa mengajukan kostum baru untuk timnya. 

Namun gadis berkaca mata ini tak patah semangat. Sebisa mungkin, Alifa meyakini gurunya dengan perjanjian yang harus ia dan timnya tepati, yaitu mengharumkan nama sekolah. 

des
Guru beserta murid sangat konsern dan slaing mendukung di setiap latihan Tari. Foto : Ist

Berawal dari juara harapan 3, nama GKA semakin meroket dan disegani. Kesuksesan mereka terus meningkat, dari juara 3 dan berujung juara 1. Berbagai piala, piagan, dan sertifikat pun berhasil diboyong. 

Bahkan, jika grup saman sekolah lain melihat GKA ikut serta dalam perlombaan, mereka merasa segan dan nyalinya menciut. Hasil yang merupakan bayaran setimpal dari perjuangan dan jerih payah mereka. 

"Kita latihan dari pulang sekolah sampai Maghrib, Sabtu aja masih latihan. Istirahat juga latihan sampai nggak makan soalnya kayak malu banget masa dari 6 sekolah aja kita enggak bisa menang. Latihan terus, ikut lomba di SMA 87 dari 15an sekolah bisa juara 6 harapan 3 sudah lumayan tuh," ujar Alifa saat berbincang dengan WOWchannelz.com.

"Terus lomba lagi sebulan setelahnya di SMA 74 Jakarta langsung juara 3 

Itu lomba hari Sabtu nah Minggunya lomba lagi di UHAMKA langsung juara 2. Semangat tuh minggu depannya juara 2 lagi di IBS," lanjutnya.

Besar dan terbiasa dengan didikan Islami, Alifa bersama GKA melakukan nazar jika mereka meraih gelar juara. "Terus kita kayak nazar gitu kalau menang kita nazar kalau juara 1 nazar misal puasa kayak gitu," ucapnya.

Tak hanya antar sekolah, perwakilan siswi SMA Muhammadiyah 3 juga terpilih turut andil pada tari massal tari ratoh jaroe. Acara tersebut diikuti oleh sejumlah kampus.

"Di TMII di Anjungan Aceh tapi kita ikutnya tari massal 10 ribu orang kita dipilih untuk ikut di situ untuk ikut Ratujaro massal itu nggak semua sekolah bisa ikut," kata Alifa. (Ray/Gig)

Komentar :